Jibo, Robot Keluarga Pertama di Dunia.

oleh ihsan
08:47 AM on Jul 17, 2014

Dr Cynthia Breazeal telah memikirkan selama 20 tahun tentang bagaimana cara membuat sebuah robot keluarga yang sifat dasarnya adalah mendekati intuisi manusia yaitu bersosial.

Begitu banyak robot didunia ini, namun tidak banyak yang ditujukan untuk berdampingan dengan manusia sebagai keluarga. Karena pada hakekatnya manusia adalah mahluk sosial. Jadi, walaupun sedang sendiri dirumah pun tetap ingin bersosial, maka Jibo ada solusinya karena bisa diajak ngobrol.

Baca Juga
4 Harta Karun Indonesia di Luar Negeri, Konon Bisa Bikin Bumi Pertiwi Langsung Kaya
Mengenal Cempedak, Buah Asli Indonesia Super Lezat yang Kini Mulai Terlupakan

Lihat Videonya:

Jibo, adalah robot keluarga pertama di dunia. Jibo dirancang sebagai teman manusia untuk berbagai hal bahkan bisa menjadi asisten pribadi karena kemampuannya untuk mengenali momen-momen penting yang dilakukan manusia disekitarnya.Jibo-robot-sosial

Jibo adalah robot desktop yang tidak mempunyai kaki dan tangan.  Jibo tampak seperti lampu hias disamping ranjang. Jibo memiliki desain standar berbentuk bulat yang dihubungkan ke stopkontak listrik, bagian tengah tubuhnya sedikit berbentuk kerucut dan kepala bulat dengan bagian depan atau tampak seperti muka berbentuk datar. Layar 5,7 inci. Desain menarik dan dijamin anak-anak akan menyukainya.

Jibo-robot-sosial

Robot Jibo yang diperkenalkan ini adalah prototipe tentunya belum memiliki semua fungsi yang telah direncanakan. Pengembangan terus berlanjut dan diharapkan akan segera untuk selesai, namun demikian dalam bentuk protype saja kemampuannya sudah sangat luar biasa.

Jibo bukanlah sebuah alat, Jibo adalah pendamping manusia, yang dapat berinteraksi dan bereaksi dengan pemiliknya dengan cara yang menyenangkan, bukan mengganggu. Jibo “mendukung pengalaman manusia, tetapi tidak mencoba untuk menjadi manusia.”

Untuk menggunakan Jibo Anda harus memperkenalkan anggota keluarga terlebih dahulu agar robot cerdas ini mengenalinya. Karena Jibo dilengkapi dengan kecerdasan buatan, jadi dia akan mempelajari semua kegiatan rutin Anda dan akan memberikan rekomendasi jika suatu saat Anda lupa melakukannya.

Jibo-robot-sosial

Cukup menyenangkan memiliki robot cerdas seperti ini karena membantu menghangatkan suasana kekeluargaan terutama bagi anak-anak. Jibo bisa menceritakan kisah-kisah menarik, bercanda dan banyak hal lainnya.

Cerdas bukan si Jibo? Ingin memilikinya? sabar dulu karena Jibo belum diproduksi secara masal.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot? Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak
BACA JUGA