Jam kosong memang merupakan sebuah rezeki dari Tuhan untuk para murid yang sudah kelewat lelah dalam menerima pelajaran. Dari sini, biasanya para murid akan bebas melakukan apapun tanpa takut dimarahi oleh guru atau petugas tata tertib. Tapi sayangnya mereka enggak bisa pulang ke rumah karena belum waktunya.

Tentunya Sahabat Boombastis juga merasakan senang bukan saat jam pelajaran sedang kosong? Emhhh.. kalau jam kosong itu kalian melakukan aktivitas apa saja nih? Sama seperti di bawah ini atau tidak?

Kantin adalah tongkrongan utama saat tak ada pelajaran

Apabila jam kosong sedang berlangsung, tempat satu-satunya yang ada di pikiran para murid adalah kantin. Yup, siswa-siswa yang sedang tak ada guru ini kemungkinan besar akan menyambangi ‘surga’ tersebut untuk menghabiskan uang jajan.

Pergi ke kantin [Sumber Gambar]
Entah hanya sekedar beli cemilan atau makanan dengan porsi besar. Tapi, ada juga yang ke kantin hanya untuk numpang mengobrol. Ini dilakukan supaya obrolan mereka tak terdengar oleh teman-teman lainnya. Jadi kalian tim makan atau bergosip nih?

Ke toilet bersamaan tanpa ada tujuan yang pasti

Kegiatan kedua yang pasti dilakukan adalah pergi ke toilet. Eits, tapi untuk pergi ke kamar mandi ini hanya berlaku bagi siswi lho. Pasalnya, untuk jam-jam kosong seperti ini para siswi akan memanfaatkan kesempatan untuk pergi ke toilet bersamaan.

Nongkrong di toilet sekolah [Sumber Gambar]
Padahal mereka enggak ingin buang air, tapi cuma sekedar berdiri dan ngobrol tak penting di depan toilet. Sampai saat ini masih belum terpecahkan mengapa siswi-siswi ini suka sekali nongkrong di toilet hingga waktu yang tidak bisa ditentukan.

Tidur adalah cara yang paling jadi favorit para murid

Tak mau ke mana-mana saat jam kosong bukan berarti ia jadi anak yang cupu. Melainkan ia ingin memanjakan diri sendiri dengan cara tidur. Yup, tidur di jam kosong ini adalah kesempatan emas yang tak boleh disia-siakan.

Tidur di kelas [Sumber Gambar]
Banyak siswa melakukan ini lantaran dirinya sudah lelah menerima pelajaran. Atau bisa juga berusaha menyegarkan diri karena setelah ini ada pelajaran yang gurunya super killer.

Mengerjakan PR yang belum terselesaikan

Bukan anak sekolah namanya kalau belum pernah mengerjakan PR di kelas. Nah, jam kosong ini kerap kali dimanfaatkan oleh siswa untuk melanjutkan PR yang belum selesai. Biasanya mereka akan menyontek pekerjaan dari anak yang paling pintar di kelas.

Kerjakan PR di kelas [Sumber Gambar]
Lalu semuanya berbondong-bondong untuk menconteknya tanpa memikirkan perasaan si anak pintar tersebut. Tapi ini berlaku untuk anak pintar yang tulus hatinya ya. Lain lagi kalau anak pintarnya super pelit, mereka tidak bisa dengan mudah untuk mencontek pekerjaannya.

Coret-coret papan tulis yang tidak ada faedahnya

Aktivitas terakhir yang sering dilakukan siswa saat jam kosong adalah coret-coret papan tulis. Para siswa akan melakukan ini jika sudah bingung mau melakukan apa. Alhasil, papan tulis yang awalnya suci seperti bayi baru lahir menjadi ternodai oleh tangan jahilnya.

Coret-coret papan tulis [Sumber Gambar]
Pada umumnya, coretan tersebut tak mengandung makna apapun. Mereka hanya menulis atau menggambar apa yang mereka mau. Dan kadang-kadang mereka tidak menghapusnya jika jam kosong sudah selesai. Ckckck… kerjaan siapa ini hayo?

BACA JUGA : 4 Tren Anak Sekolah Zaman 90-an yang Bikin Kangen, Kalian Pernah?

Kenangan di jam kosong memang tak pernah hilang di ingatan kita. Pasalnya, di saat-saat itulah kita bisa dengan bebas melakukan aktivitas apapun tanpa takut dimarahi oleh guru. Nah, di antara lima poin di atas, mana nih yang pernah Sahabat Boombastis lakukan? Ceritakan di kolom komentar ya..