5 Fakta Tentang Toilet Ini Bisa Menghindarkanmu Melakukan Hal yang Sia-sia

oleh Rizal
10:48 AM on Nov 17, 2015

Kamar tidur atau ruang kerja mungkin adalah tempat paling produktif kita. Namun jangan pernah sangkal jika toilet menyumbang inspirasi terbesar yang bisa kita dapatkan. Ya, tempat satu itu memang identik dengan hal-hal kotor namun keberadaannya begitu penting dan tak tergantikan.

Kalau ditanya tentang fakta toilet, mungkin rata-rata jawabannya adalah tempat paling kotor di dunia. Kalau tidak begitu, tempat yang dihuni banyak makhluk halusnya. Ya, fakta tersebut memang tak salah, namun toilet tidak hanya tentang dua hal tersebut saja. Ada begitu banyak hal mengejutkan yang mungkin belum kita ketahui dari ruangan satu ini. Nah, seperti apa sih? Berikut ulasannya.

Baca Juga
Hati-Hati! 4 Modus Penipuan ‘Pencarian Harta Karun’ Ini Sedang Marak Terjadi di Indonesia
4 Fakta Abu Dis, Kota Tua yang Digadang-gadang Bakal Jadi Ibukota Baru Palestina

1. Toilet Jadi Tempat Paling Kotor di Dunia? Yakin?

Toilet selalu erat dengan konotasi negatif, terutama yang berhubungan dengan hal-hal yang jorok dan menjijikkan. Pada dasarnya memang benar sih, mengingat toilet adalah tempat yang fungsinya untuk membuang hajat harian kita. Namun, mengatakan toilet adalah tempat paling kotor di dunia sepertinya harus direvisi.

Toilet ternyata jauh lebih bersih dari yang kamu kira [Image Source]
Toilet ternyata jauh lebih bersih dari yang kamu kira [Image Source]
Yap, percaya atau tidak meskipun jadi tempat membuang kotoran, toilet sama sekali tidak kotor. Apalagi jika dibandingkan dengan benda-benda umum yang ada di kamar. Mulai dari handle pintu, keyboard komputer, sampai layar smartphone.

Faktanya, benda-benda familiar yang ada di tempat ‘bersih’ itu malah mengandung lebih banyak bakteri. Bahkan perbandingannya sangat ekstrem. Satu bakteri toilet berbanding 200 kali dari benda-benda tersebut. Ya, saat ini kemungkinan kamu sedang memegang benda yang lebih jorok dari dudukan toilet.

2. Krisis Air Bisa Disebabkan Toilet

Musim kemarau berkepanjangan seperti sekarang memang menyusahkan. Yup, apalagi masalahnya kalau bukan kekeringan dan minim air. Nah, percaya atau tidak krisis air seperti sekarang bukan hanya disebabkan oleh iklim atau musim saja. Toilet juga patut kita salahkan karena faktanya mereka bisa menyebabkan manusia kekurangan banyak persediaan air.

Manage timing ketika menggunakan flush. Bisa saja ahl tersebut akan membuat dunia jadi kering dan gersang [Image Source]
Manage timing ketika menggunakan flush. Bisa saja ahl tersebut akan membuat dunia jadi kering dan gersang [Image Source]
Diketahui, sekali kita memencet tombol flush atau siram setidaknya air yang keluar bisa sebanyak 6 liter. Tentunya ketika kita berdiam diri di sana mungkin bisa 5-6 bahkan sepuluh kali siram. Tinggal kalikan berapa banyak air yang terbuang. Lalu bagaimana jika kita ke toilet sampai 2-3 kali sehari? Lalu kalikan seminggu, kalikan lagi sebulan, lalu dikalikan lagi dengan banyak orang yang memakai toilet. Makanya, wacana penghematan air toilet itu sangat penting. Karena dari fakta ini bukan lagi hal mustahil jika toilet memang bisa bikin kita krisis air.

3. Jangan Menghina Toilet, Tempat ini Ada Dewanya!

Hal-hal yang identik dengan sesuatu yang suci seperti dewa dewi pastinya sangat tidak etis untuk dikaitkan dengan toilet yang kotor ini. Namun kenyataannya, orang-orang dulu percaya jika tempat ini dijaga oleh para dewa dewi.

Jepang dan Roma kuno punya dewa sendiri khusus untuk toilet [Image Source]
Jepang dan Roma kuno punya dewa sendiri khusus untuk toilet [Image Source]
Orang-orang Roma kuno percaya jika toilet bukan hanya tempat buang air saja, tapi juga menghubungkan kesehatan dan juga kesuburan pertanian. Nah, mereka pun kemudian melakukan penghormatan dengan melakukan persembahan atau juga ritual-ritual keagamaan lain yang khusus ditujukan kepada si dewa toilet ini.

Era Roma kuno berakhir bukan berarti kepercayaan seperti ini juga menghilang. Di era kekinian, Jepang juga mempraktikkan hal yang sama. Ya, mereka mempunyai dewa toilet bernama Kawaya no Kami. Secara keseluruhan tujuan penghormatan ini sama seperti dewa toiletnya Roma. Yakni berharap agar kesehatan tetap dijaga dan hasil pertanian yang subur. Ini mungkin juga jadi alasan kenapa toilet di Jepang itu bersih berkilau.

4. Lama Waktu di Toilet Berbanding Lurus Dengan Fitur Smartphone

Tak perlu dibahas lagi bagaimana gilanya orang-orang terhadap smartphone mereka. Benda ini selalu dibawa kemana pun pergi, termasuk ke toilet. Padahal mungkin di smartphone tersebut sudah ada aplikasi Al Qur’an atau Bible yang tidak boleh didekatkan dengan tempat-tempat semacam ini.

Awalnya cuma 15 menit ke toilet, jadi molor sampai sejam. Makin lama lagi kalau sudah war game online-nya [Image Source]
Awalnya cuma 15 menit ke toilet, jadi molor sampai sejam. Makin lama lagi kalau sudah war game online-nya [Image Source]
Ya, smartphone jadi teman andalan ketika buang air. Tidak hanya untuk bermain game atau browsing saja, tapi juga mencatat ide-ide penting yang memang seringnya muncul di tempat-tempat seperti ini. Nah, mengenai hubungan antara smartphone dan toilet, ada survey unik yang mengatakan jika makin keren fitur di smartphone maka makin lama waktu yang bakal dihabiskan di toilet. Tak butuh persetujuan, karena pernyataan ini memang valid dan berdasar.

Sekarang coba bandingkan dengan menukar smartphone canggihmu dengan ponsel jadul yang monokrom itu lalu hitung waktunya. Yup, dipastikan kamu akan keluar toilet lebih cepat karena sudah bosan dengan ponsel jadul yang bisanya ya cuma itu-itu saja. Nah, agar tidak menyita waktu produktif, usahakan tidak usah bawa smartphone ketika ke toilet. Atau kalau sudah terbiasa menggenggam sesuatu coba ganti dengan batu atau gayung dan mainkan sebisanya.

5. Berapa Lama Seseorang Menghabiskan Waktu di Toilet Sepanjang Hidupnya?

Pertanyaan ini memang seperti lelucon saja, namun bisakah kamu menjawabnya? Ada sebuah penelitian yang sepertinya tidak terlalu berguna namun berhasil menguak satu fakta paling mengejutkan tentang toilet. Yup, ini adalah tentang berapa lama seseorang menghabiskan waktunya di toilet sepanjang hidupnya.

3 bulan adalah waktu minimal seseorang menghabiskan waktu sepanjang hidupnya di toilet [Image Source]
3 bulan adalah waktu minimal seseorang menghabiskan waktu sepanjang hidupnya di toilet [Image Source]
3 bulan ternyata adalah waktu minimal yang dihabiskan seseorang di toilet. Namun ini hanya sebatas duduk, buang air dan selesai. Durasi ini bisa lebih panjang bagi para wanita. Mengingat ketika ke toilet mereka tidak hanya buang air, namun juga membetulkan make up dan juga mungkin selfie. Tapi, pria jangan berbangga diri dengan menyebut wanita lelet kalau di toilet. Para pria bisa lebih lama menghabiskan waktu di tempat ini gara-gara smartphone tadi. Kita sepakat kalau kebanyakan online gamer smartphone adalah pria. Ya, jika wanita bisa 4-5 bulan pria mungkin setahun durasi yang dihabiskannya untuk ke toilet seumur hidup.

Jadi, apa yang harus dilakukan setelah mengetahui fakta penting tentang toilet ini? Tentu saja tetap melakukan rutinitas harian kita di tempat ini. Namun kali ini dengan melakukan hal-hal yang lebih berguna dan bermanfaat. Seperti tidak buang-buang air atau waktu dengan bermain smartphone. Masih berdalih ini untuk mencari ide? Sekarang apa bisa seseorang mengedan sambil mengetik kalimat? Hmm, rasanya sangat susah kan. Jadi simpan dulu smartphone sebelum pergi ke toilet.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot? Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh
BACA JUGA