Tol atau jalan bebas hambatan adalah jalur alternatif yang sangat membantu para pengguna jalan. Dengan lewat melalui tol, waktu berkendara akan lebih hemat dan cepat sampai tujuan tanpa harus terjebak macetnya jalanan. Namun, faktanya tol tidak selamanya aman loh Sahabat, beberapa jalur malah dianggap mistis dan dihubungkan dengan hal gaib.

Anggapan-anggapan ini juga diperkuat dengan banyaknya kecelakaan yang terjadi. Cerita mengenai angkernya jalanan tersebut membuat para pengendara harus ekstra hati-hati saat melewatinya. Nah, untuk Sahabat Boombastis.com semua, inilah tol yang paling sering menelan korban di Indonesia.

Tol Cipularang, penghubung Bandung-Jakarta

Pembangunan tol Cipularang pada tahun 2005 tentu disambut dengan sangat baik oleh para pengguna jalan, apalagi mereka yang sering mondar-mandir Jakarta-Bandung dan sebaliknya. Ternyata, di balik pemandangan indah, tol ini dianggap sebagai jalur paling menakutkan di Indonesia, khususnya dari km 70 sampai km 100 (poros gaib). Bahkan km 97 disebut sebagai jalur tengkorak –di mana banyak pengendara sering merasa mengantuk dan hilang kesadaran secara tiba-tiba.

Kecelakaan Tol Cipularang [Sumber gambar]
Ada banyak sekali kisah tragis mereka yang mengalami kecelakaan, luka-luka hingga meninggal dunia di poros gaib ini. Salah satunya adalah kematian istri pedangdut Saipul Jamil pada 2011 lalu. Mengenai banyaknya kejadian yang tak bisa dijelaskan ini, orang lokal bahwa itu datang dari Gunung Hejo yang memang sudah angker sebelum tol ini dibangun.

Tol Cipali, penghubung Cikopo-Paliman

Dibanding Cipularang, Cipali terbilang baru karena dibangun pada 2015 lalu. Jalan sepanjang sepanjang 116,75 km ini juga sering dianggap angker dan banyak menelan korban jiwa. Bahkan, setelah 10 hari diresmikan oleh Presiden Jokowi, sudah terjadi 30 kecelakaan yang menewaskan sejumlah orang. Mengenai semua yang terjadi di jalan tol ini, warga percaya bahwa hal tersebut disebabkan oleh Batu Bleneng yang berada di pinggir jalan tepatnya Km 181.

Kecelakaan Tol Cipali [Sumber gambar]
Batu tersebut tak bisa dipindahkan meski sudah menggunakan berbagai alat berat, tak bisa pula dihancurkan. Di salah satu jalur juga ditulis peringatan ‘NGEBUT= MAUT’ dengan tujuan agar warga tidak menyetir ugal-ugalan. Dilansir Brilio.net, seorang Sophie truk bernama Soerbaktie juga pernah mengisahkan bahwa ia pernah dengan  sengaja mengambil foto batu tersebut, namun setelah dilihat di restu area, dalam foto tak ada objek apa-apa alias kosong melompong. Adakah teman-teman yang pernah lewat jalur ini dan mengalami hal serupa?

Tol Jagorawi, penghubung Jakarta-Bogor-Ciawi

Tol Jagorawi adalah jalan tol pertama Indonesia yang dibangun pada tahun 1973, menghubungkan Jakarta-Bogor-Ciawi. Walaupun panjangnya hanya 59 Km, dari segi kuantitas korban, tol ini terbilang cukup banyak menelan nyawa manusia. Kecelakaan paling dikenang adalah peristiwa nahas yang menyeret nama anak musisi Ahmad Dhani, Dul Jaelani yang menyebabkan 6 orang tewas. Selain itu, anak Hatta Rajasa, M Rasyid Amrullah juga pernah mengalami kecelakaan di jalur ini, dan lagi-lagi menelan korban tewas dua orang.

Kecelakaan Tol Jagorawi [Sumber gambar]
Mengenai kemistisannya, masyarakat percaya bahwa sering ada sebuah mobil tua melaju tanpa ada pengemudinya. Selain itu, jalur bertambah angker saat pengemudi lalai dan tak memperhatikan rambu. Mereka akan melihat adanya hewan melintas tiba-tiba, padahal sebenarnya tidak ada siapa-siapa. Kewaspadaan harus ditingkatkan terutama pada kilometer 13, km 26, km 39 dan km 52.

Tol Pantura, penghubung  Jawa Barat-Jawa Tengah-Jawa Timur

Salah satu jalur yang tak kalah ramai adalah penghubung tiga provinsi di Pulau Jawa ini. Tol Pantura akan sangat penuh sesak, terutama ketika musim mudik lebaran. Tak heran, setiap tahun hampir selalu ada kecelakaan yang merenggut nyawa di jalur ini, hingga ia disebut sebagai jalur tengkorak. Salah satu jalur paling angker di Pantura adalah Subang hingga Ciasem.

Kecelakaan beruntun jalur Pantura [Sumber gambar]
Sepanjang jalan ini beberapa saksi mengatakan sering ada perempuan yang mengganggu pada sopir dengan sengaja menyeberang jalan. Pada malam hari sang makhluk juga suka iseng sehingga pengendara akan mengerem secara mendadak, yang pastinya hal tersebut membahayakan nyawa.

Bonus: Terowongan Casablanca

Kalau yang satu ini tak perlu diragukan lagi keseramannya. Terowongan Casablanca yang berada di kuningan ini pernah dibuatkan filmnya. Terletak di daerah Kuningan, Casablanca merupakan salah satu jalan yang tersibuk di Jakarta. Ada banyak sekali kecelakaan –terutama roda dua- yang sering terjadi di sini. Konon dulunya, Casablanca adalah bekas kuburan massal sehingga saat melewatinya, para pengendara akan merasakan nuansa yang berbeda.

Kecelakaan Terowongan Casablanca [Sumber gambar]
Ada juga yang mengatakan sering ada penampakan nenek, anak kecil, serta korban gantung diri yang sering menjadi pengganggu pemakai jalan. Tapi, seiring dengan ramainya para pengguna terowongan ini, kecelakaan juga mulai berkurang.

Tapi, di balik kepercayaan akan hal-hal gaib, ada banyak alasan yang logis untuk menyikapi kecelakaan demi kecelakaan yang terjadi di tol-tol tersebut. Mungkin karena memang minimnya rambu yang dipasang di sepanjang jalan, sehingga pengguna kurang waspada. Atau medan jalan yang memang curam dan menanjak, sehingga kecelakaan bisa menghampiri kapan saja, atau mungkin kesalahan yang datang dari kendaraan si pengendara sendiri.