Siapa yang nggak kenal komedian Komeng? Nama pria kelahiran Jakarta, 25 September 1969 mulai melejit sejak ia membawakan acara Spontan yang tayang di salah satu stasiun televisi di tahun 1995. Komeng selama ini dikenal sebagai pelawak yang suka nyablak alias ceplas-ceplos. Meski demikian, ucapan pria bernama asli Alfiansyah ini selalu mengundang gelak tawa orang di sekelilingnya.

Meski dikenal jail, hingga saat ini, Komeng senantiasa menjadi panutan bagi para artis lain. Pasalnya, selain dikenal sebagai penghibur, selama ini Komeng memang memiliki kepribadian yang baik. Pantas saja jika tak sedikit pelawak yang menganggap Komeng adalah guru. Lantas, apa saja kebaikan Komeng yang patut ditiru?

Menjadi relawan di Lombok

Komeng jadi relawan, para warga Lombok merasa terhibur [Sumber Gambar]
Duka yang menyelimuti warga Lombok rupanya mengetuk hati Komeng untuk menjadi salah satu relawan yang terjun ke lapangan. Melalui akun Instragram pribadinya, Komeng mengunggah video singkat tentang kondisi masyarakat Lombok yang tertimpa musibah. Komeng yang saat itu mengenakan rompi palang merah Indonesia juga menjelaskan keadaan porak poranda di Lombok paska bencana gempa bumi yang terjadi tempo hari. Para warganet yang melihat itu pun tersentuh dengan kebaikan Komeng. Meski dikenal sebagai pria yang jail dan kocak, namun kepedulian Komeng sangat patut dijadikan panutan.

Memutuskan Break dari dunia hiburan demi fokus kuliah

Komeng kuliah [Sumber Gambar]
Beberapa tahun terakhir, nama Komeng memang sempat menghilang dari dunia hiburan. Ternyata, tenggelamnya nama Komeng bukan tanpa alasan. Ayah dari si kembar Bagus dan Ganteng ini ternyata tengah sibuk menyelesaikan kuliahnya. Meski usia tak lagi muda, ternyata tak menghalangi niat Komeng untuk menyelesaikan pendidikan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tribuana, Bekasi. Sebelumnya, pria kocak satu ini memang pernah berkuliah di tiga Iniversitas yang berbeda, namun tidak pernah tamat. Namun, di usia yang tak muda lagi, Komeng bertekad untuk menyelesaikan studinya hingga selesai. Niat tersebut pun akhirnya tercapai, Komeng dinyatakan lulus di sidang 17 Maret 2018 lalu.

Nilai skripsi A, Komeng banyak tuai pujian

Komeng lulus dengan nilai A [Sumber Gambar]
Diam-diam, ternyata Komeng memiliki prestasi pendidikan yang mengagumkan. Hal itu pertama diketahui oleh cuaitan salah satu wartawan senior, Maman Suherman. Melalui akun Twitter pribadinya, Maman mengucapkan puji syukur karena Komeng dinyatakan lulus dengan nilai A. Menyertai unggahan tersebut, terlihat pula foto Komeng yang mengenakan kemeja warna putih sedang berhadapan dengan pengujinya. Menanggapi postingan tersebut, banyak warganet yang memuji bahkan membanggakan Komeng sebagai panutan.

Komeng pelawak santun di mata komedian lain

Komeng pribadi santun di mata rekan [Sumber Gambar]
Maraknya pelawak pendatang baru di Indonesia juga jadi sorotan bagi Kiwil. Pasalnya, tak sedikit komedian yang ngelawak dengan cara ‘ngawur’. Baik bicara langsung di televisi atau cuitan di Twitter. Sebagai senior, Kiwil sempat membandingkan para pendatang baru dengan Komeng. Meski suka asal ceplos, namun Kiwil mengakui jika Komeng merupakan komedian yang sangat santun, apalagi pada yang lebih tua. Selain menjadi rekan sesame pelawak, Kiwil mengakui dengan terang-terangan jika ia banyak belajar, bahkan menganggap dirinya sebagai murid dari Komeng untuk urusan sopan santun.

Tidak pernah merasa tersaingi dengan kemunculan para komedian muda

Komeng [Sumber Gambar]
Banyaknya acara pencarian bakat komedi di tv memang berhasil melahirkan para komedian muda. Meski demikian, Komeng mengaku sama sekali tidak merasa tersaingi. Komen bahkan ikut merasa bergembira dengan kemunculan para bintang komedi baru. Menurut penggemar Benyamin ini, kemunculan para pelawak muda tidak akan mematikan para seniornya. Justru akan membuat variasi lawakan semakin berkembang. Banyaknya komedian muda yang kreatif justru menjadi tantangan tersendiri bagi para senior.

BACA JUGA: 6 Kelompok Lawak Legendaris Indonesia Ini Lucunya Sepanjang Masa

Meski jarang disadari, ternyata sisi lain komedian Komeng sangat patut jadi inspirasi bagi para pendatang baru. Dari kisah Komeng juga kita belajar, menuntut ilmu itu bukan sesuatu yang mengenal usia. Semoga sisi baik Komeng senantiasa menjadi inpirasi para netizen.