Setiap brand tentu rela melakukan segala cara untuk bisa menarik konsumen sebanyak-banyaknya. Mulai dari slogan yang unik, harga yang murah, atau memberikan diskon besar-besaran di setiap event atau hari raya besar seperti Idulfitri atau Hari Natal. Selain itu, marketingnya juga menggunakan media sosial, yang tentunya bisa dijangkau oleh berbagai kalangan di berbagai penjuru Indonesia.

Ramayana adalah salah satu dept store (supermarket) yang cukup unik dalam menarik pelanggan. Mereka menggunakan iklan yang berupa klip video pendek yang bercerita tentang kelebihan berbelanja di Ramayana. Menariknya, dari tahun ke tahun konsep yang mereka pakai semakin unik saja, yuk kita lihat bersama dalam ulasan berikut.

Iklan Ramadan 2017: Bahagianya adalah bahagiaku

iklan ini bisa dikatakan punya storyline yang bagus dan plot twist yang enggak bisa ditebak. Dibuka dengan adegan sahur bareng satu keluarga yang tinggal bersama ibunya. Di sini pasti Sahabat akan menyangka kalau kepala keluarga mereka mungkin bukan orang yang taat ibadah, karena mengatakan tidak ingin berpuasa dulu. Dilanjutkan dengan adegan si nenek yang meminta agar cucunya berpuasa –karena usianya sudah mencukupi untuk berpuasa, plus adegan tarawih yang minta terus diingatkan.

Simplenya, si nenek adalah orang yang paling rajin ibadah di rumah itu. Tetapi seiring mengikuti ceritanya, kamu akan tau jika sebenarnya si nenek ini ingatannya sudah terganggu setelah suaminya meninggal di Ramadan sebelumnya. Sejak saat itu, setiap hari baginya adalah Ramadan. Untung, anak dan menantunya bisa bersabar dan terus mau diajak bangun sahur, puasa, tarawih, atau beli baju lebaran di Ramayana –yang di akhir cerita diperlihatkan kalau koleksi baju di nenek sangat banyak. Di sisi lain, yang ingin disampaikan adalah harga terjangkau, sehingga sebanyak apapun beli baju tetap tak menjadikan keluarga ini bangkrut atau miskin.

Iklan Ramayana 2018: Ibu magicom yang viral

Kalau iklan satu ini Sahabat semua pasti tau bukan? Yap, menceritakan tentang anak yang lembur kerja bagai quda sampai lupa pulang dan menjenguk orangtuanya. Ketika sudah punya uang dan siap membeli hadiah, eh malah dipalak preman di tengah jalan. Alhasil dengan uang seadanya ia tetap nekat membeli baju lebaran untuk keluarga di kampung. Dan benar saja, uang sisa tersebut cukup untuk membeli baju.

Ya, kalau kata Sales Promotionnya Ramayana, itu karena diksonnya yang 80%. Iklan ini mendadak diperbincangkan karena ada ibu-ibu qosidah yang bernyanyi dengan logat medok, ada pula kepala yang sempat masuk ke dalam rice cooker. Saking viralnya, para ibu-ibu ini sempat diundang oleh beberapa stasiun televisi dan namanya melejit ketika itu. Tak mau kalah, netizen pun berlomba memecahkan trik kepala masuk magicom seperti yang dilakukan oleh si ibu di dalam iklan.

Iklan Ramayana 2018: Nyalakan harapan

Ini iklan versi lain, selain khusus promo Ramadan tahun lalu. Bercerita tentang satu keluarga di mana ada sepasang suami istri yang punya dua anak perempuan. Anak bungsu mereka sakit parah dan tak punya banyak waktu, tetapi memilih merahasiakan itu dari ayah-ibunya. Sejak adiknya sakit, hubungan sang kakak dengan orangtuanya tak terlalu baik. Sang adik yang hanya memberi tahu kakaknya ini hanya punya satu permintaan, yaitu ingin foto keluarga dengan baju baru.

Sudah bisa ditebak lah ya ke mana si kakak akan pergi? Yap, ke Ramayana. Sesuai judul, meski terbaring sakit keras, saat melihat baju barunya datang, si adik senang bukan main, seolah ia langsung sehat. Setelah si adik meninggal, orangtuanya baru sadar kalau sikap dingin anak perempuannya hanyalah cara agar orangtua mereka tidak tau kondisi adiknya yang sebenarnya. Ada yang menangis saat menonton klip ini?

Iklan Ramayana 2019: kehidupan di Planet Udique

Sukses dengan ibu-ibu magicom tahun lalu, kini Ramayana mengeluarkan iklan yang enggak kalah lucu, yaitu kehidupan raja dengan rakyatnya di luar angkasa bernama Planet Udique. Menyambut lebaran sang raja nampaknya bosan dengan baju yang itu-itu saja. Untung, salah seorang warga mereka mengatakan bahwa ada signal dari bumi, di mana di sana ada sebuah tempat keren yang punya banyak gaya busana.

Jika dilihat, konsep iklan ini dikemas dengan memadukan berbagai konsep yang sedang viral. Cincin baginda raja yang mirip Infinity Stones milik Thanos misalnya. Atau si ibu magicom yang muncul di antara banyak barang belanjaan yang mereka bawa. Satu lagi, logat yang digunakan juga masih mantul bak qolqolah kubro seperti iklan tahun lalu, gais.

BACA JUGA: Mengenal Dimas Djayadiningrat, Sutradara di Balik Iklan Ramayana yang Sedang Viral

Nah, begitulah revolusi iklan Ramayana dari tahun ke tahun. Konsep iklan unik seperti ini membuat netizen terus terngiang-ngiang, ya walaupun enggak beli produknya. Tetapi, dengan adanya iklan ini jelas terbukti mendongkrak penjualan. Ya, siapapun pasti terhipnotis kalau sudah lihat diskon 80% kan?