in

Jadi Ikan Koi Termahal di Dunia, Ini Lho Ikan Koi Seharga 27 Miliar

Ikan koi termahal harga miliaran

Memelihara ikan hias menjadi hobi yang banyak dilakukan orang-orang di seluruh penjuru dunia. Salah satunya adalah memelihara ikan koi. Meski perawatan yang tak mudah dan tak murah, namun banyak yang tertarik dengan ikan jenis satu ini. Terlebih, ikan hias ini dipercaya membawa keberuntungan bagi yang memeliharanya.

Salah satu cerita keberuntungan pemilik ikan koi terjadi pada seorang pembudidaya ikan koi yang bisa melelang peliharaannya dengan harga fantastis hingga miliaran. Ikan miliknya memang dirawat dengan sangat baik dan kerap ikut kompetisi hingga menang. Ikan koi apa sih yang bisa dijual sampai miliaran rupiah?

Jenis ikan koi yang dibudidayakan sejak dulu

Ikan ini ditemukan pada tahun 1804 hingga 1829 dan terus mengalami perkembangan yang cukup masif di Niigata, Jepang. Ikan jenis Kohaku memiliki ciri sisik yang dominan berwarna putih dan bercak merah, juga memiliki garis tepi berwarna merah tegas.

Ikan koi termahal harga miliaran
Ikan jenis Kohaku [sumber gambar]
Jenis Kohaku yang paling populer adalah yang berasal dari keturunan Hachi Hi, yaitu ikan koi betina yang kepalanya memiliki warna merah dan disilangkan dengan pejantan Sokura Kana. Setelah mengalami persilangan, terdapat dua corak warna yaitu merah keunguan dan merah oranye serta memiliki garis tepi yang tegas di antara kedua warna tersebut.

Terjual seharga miliaran jadi termahal di dunia

Koi jenis Kohaku pernah terjual dengan harga fantastis di pelelangan koi (Koi Auction) yang diadakan oleh Sakai Fish Farm Jepang, ikan koi jenis ini berhasil terjual dengan penawaran tertinggi dengan total 203 juta Yen atau sekitar Rp27 miliar (kurs saat itu) dan memecahkan rekor. Dikutip dari Tribunnews.com, ikan istimewa tersebut memiliki panjang lebih dari 100 sentimeter. Uniknya, ikan ini berumur 9 tahun serta sering ikut kompetisi dan menjadi Grand Champion di beberapa event Koi Show Jepang.

Ikan koi termahal harga miliaran
Lelang koi di Sakai Fish Farm [sumber gambar]

Koi tersebut merupakan hasil penangkaran dari Sakai Fish Farm yang memiliki koi-koi dengan kualitas terbaik. Koi-koi tersebut memiliki ukuran di atas 100 sentimeter. Penangkaran tersebut sudah berdiri sejak 120 tahun yang lalu dan kini telah dikelola olah generasi ke-4 keluarga Sakai bernama Kentaro Sakai.

Perawatan koi yang tak mudah

Ketika ikan koinya mendapatkan penawaran tertinggi pada lelang, sang pemilik mengaku sangat bangga karena berhasil memelihara ikan koi tersebut dengan sangat baik. Walaupun terlihat sepele, perawatan ikan koi sungguh harus ekstra hati-hati. Terlebih lagi untuk temperatur air dan kualitas pakan harus benar-benar diperhatikan.

Ikan koi termahal harga miliaran
Ilustrasi kolam koi [sumber gambar]
Hal lain yang perlu dipersiapkan pula adalah menyiapakan habitat yang baik, memberikan filter air, memberikan tanaman pada air, serta terus memperhatikan ksehatan ikan koi. Terlebih ikan ini rentan terinfeksi oleh bakteri, parasit, dan cacing bila kondisi air yang buruk.

BACA JUGA: Cerita Bang Juned yang Merpati Peliharaannya Laku 1,5 Miliar, Ternyata Sering Menang Lomba

Siapa yang bakal menyangka ikan koi bisa terjual sampai miliaran? Berkat perawatan yang baik dengan perhatian tinggi, nilai jual ikan koi bisa sangat tinggi.

Written by Terry

Renovasi rumah temukan harta karun

Niat Renovasi Rumah, Pasangan Ini Temukan Tumpukan Harta Karun Koin Emas Bernilai Miliaran

4 Fakta Rishi Sunak, PM Inggris yang Jauh Lebih Kaya dari King Charles