in

4 Fakta Rishi Sunak, PM Inggris yang Jauh Lebih Kaya dari King Charles

Belum lama, nama Rishi Sunak santer dibicarakan oleh para warganet. Pasalnya, pria berdarah Inggris-India ini terpilih sebagai Perdana Menteri baru Britania Raya. Ia mengenatikan Liz Truss yang mengundurkan diri setelah 44 hari menjabat. Tak hanya itu saja, nama Rishi juga masuk dalam salah satu list Crazy Rich yang punya kekayaan berlimpah luar biasa. Bahkan, kekayaannya disebut melebihi harta King Charles, apakah benar? Inilah fakta Rishi Sunak yang berhasil Boombastis.com kumpulkan, simak sampai habis ya!

Menjadi Menteri Keuangan Inggris era Covid-19

Rishi Sunak merupakan salah satu politisi Inggris sekaligus pemimpin dari Partai Konservatif. Sebelum menggantikan Liz, ia terlebih dahulu telah memegang jabatan sebagai menteri keuangan dalam kabinet PM Boris Johnson, pada tahun 2020-2022. Pengangkatan ini terjadi usai Sajid Javid mengundurkan diri saat perombakan kabinet pada 2020 lalu.

Rishi Sunak [sumber gambar]
Saat menjadi menteri keuangan, Rishi telah berhasil mengamankan ekonomi Inggris di tengah-tengah krisis pendemi. Adapun yang ia kembangkan saat itu adalah skema cuti, dan kebijakan tersebut berhasil.

Lulusan kampus terbaik dunia dan PM termuda

Rishi Sunak merupakan pria keturunan Asia, yaitu India. Keluarga Rushi bermigrasi ke Inggris pada tahun 1960-an –dari Afrika Timur—dan menetap di sana, hingga Rishi dilahirkan di Inggris. Rishi merupakan orang yang sangat mementingkan pendidikan.

Rich Sunak selama masa kuliah [sumber gambar]

Tak heran kalau kemudian ia tercatat sebagai lulusan dua kampus terbaik di dunia, yaitu Oxford University (Philosophy, Politic, and Economic Studies) dan Stanford University  (Magister Bussiness Administration). Saat ini, salah satu pencapaian Rishi adalah tercatat sebagai salah satu perdana menteri yang pernah menjabat di usia yang masih muda, yaitu 42 tahun.

Merupakan Crazy Rich yang lebih kaya dari King Charles

Rishi Sunak bukan datang dari kalangan orang sembarangan, ia tercatat sebagai salah satu orang terkaya di Britania Raya. Namanya tercatat berada di urutan terkaya ke-222, dengan jumlah harta 730 juta poundsterling atau setara dengan Rp12,9 triliun pada tahun 2022. Menurut Sunday Times Rich List, nama Rishi Sunak bahkan mengalahkan kekayaan yang dimiliki oleh King Charles yang punya kekayaan senilai Rp8,88 Triliun.

Rishi bersama King Charles [sumber gambar]
Jumlah uang yang fantastic tersebut tak lain karena Rishi punya sederet bisnis, mulai dari bidang teknologi sampai investasi. Istri Rishi, Akshata Murty juga merupakan anak seorang milyarder India, Narayana Murty –yang punya kekayaan senilai Rp702 Triliun.

Sederet Skandal dan kontroversi yang pernah menyeret Rishi Sunak

Meskipun namanya bersinar karena kekayaan dan kesuksesan sebagai seorang politisi, Rishi tak lepas dari skandal-skandal yang menjeratnya. Rishi pernah didera beberapa skandal besar. Melansir National World, Rishi pernah menyembunyikan kekayaan yang ia miliki, hal tersebut disebut untuk menghindari konflik kepentingan.

Rishi Sunak dan Akshata Murty [sumber gambar]
Bersama sang istri, Akshata, ia juga pernah terkena skandal pajak dengan status ‘non-dom’, di mana penghasilan luar negeri mereka tidak dibayarkan pajaknya. Masalah ini kemudian selesai selesai sang istri melepas status non-domisilinya dan membayar pajak berdasarkan penghasilan luar negerinya. Pada saat menjabat, Rishi juga pernah terseret dalam skandal Partygate, di mana para pejabat Inggris berpesta besar-besaran saat kebijakan lockdown masih berlaku.

BACA JUGA: Ratu Elizabeth II Meninggal di Usia 96 Tahun, Ini Fakta Pemakaman hingga Penerus Takhta

Meski dengan segala kasus yang pernah menjerat dirinya, Rishi tetap mendapatkan simpati dan suara dari masyarakat. Pasalnya, keberhasilannya saat menjabat sebagai menteri keuangan saat pandemi memberikan dampak yang besar dan membuat masyarakat Inggris menaruh kepercayaan padanya.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Ikan koi termahal harga miliaran

Jadi Ikan Koi Termahal di Dunia, Ini Lho Ikan Koi Seharga 27 Miliar

Arsjad Rasjid berperan sebagai Direktur Utama Indika Energy. [Sumber Gambar]

Profil Arsjad Rasjid, Direktur Utama Indika Energy yang Terjun ke Dunia Politik