in

Niat Renovasi Rumah, Pasangan Ini Temukan Tumpukan Harta Karun Koin Emas Bernilai Miliaran

Renovasi rumah temukan harta karun

Harta karun biasanya tak mudah ditemukan. Banyak orang rela pergi ke tempat yang jauh dan menempuh medan sulit seperti di dalam lautan, gua, atau pegunungan tinggi. Namun, apa jadinya jika harta karun itu ternyata ada di rumah kita sendiri.

Inilah yang terjadi pada pasangan suami istri asal Inggris. Mereka tak sengaja menemukan harta karun di rumah mereka sendiri. Berikut kisah selengkapnya.

Niat renovasi rumah justru temukan tumpukan harta karun

Cangkir emas yang juga ditemukan di rumah [sumber gambar]
Suatu hari pasangan suami istri di Inggris Utara sedang merenovasi rumah mereka. Namun, mereka justru menemukan harta karun berupa tumpukan koin emas. Ternyata, bukan kali ini saja mereka menemukan harta karun. Pada Juli 2019, mereka pernah menemukan cangkir gerabah berlapis garam yang terpendam di bawah papan lantai dan beton di rumah mereka yang berlokasi di Ellerby, North Yorkshire.

Koin emas bernilai miliaran

Juru lelang menyebut cangkir yang ukurannya hampir sama dengan kaleng minuman itu berisi lebih dari 260 koin emas dan diperkirakan bernilai 100 ribu poundsterling atau setara dengan Rp1,7 miliar. Sementara itu, badan lelang Spink & Son memperkirakan tumpukan koin emas yang baru ditemukan tahun ini bernilai 250 ribu poundsterling atau Rp4,2 miliar.

Renovasi rumah temukan harta karun
Koin emas ditemukan di bawah rumah [sumber gambar]

Dalam siaran pers, juru lelang Spink & Son Gregory Edmund mengatakan ini adalah salah satu penemuan koin emas abad ke-18 terbesar di Inggris. Penemuan tersebut sangat tak terduga dan berada di lokasi yang sederhana.

Asal usul harta karun koin emas

Badan lelang memastikan bahwa koin emas tersebut adalah milik Fernley-Maisters, Joseph dan Sarah yang menikah di tahun 1694. Maisters memang merupakan keluarga pedagang yang cukup berpengaruh dari abad ke-16 hingga ke-18. Mereka menjual batu bara, kayu, dan bijih besi dari negara-negara Baltik.

Renovasi rumah temukan harta karun
Lantai rumah tempat penemuan koin emas [sumber gambar]
Anggota keluarga mereka juga berada di parlemen pada awal 1700-an. Namun setelah pasangan ini meninggal, keluarga mereka berkurang dan itulah yang menyebabkan koin emas tersebut tidak pernah diambil. Keluarga Maisters diduga tak mempercayai Bank of England yang baru dibangun sehingga mereka lebih memilih mengubur koin emas di dalam rumah.

Pemerintah hanya mengambil satu koin untuk dimuseumkan

Koin yang ditemukan terdiri dari koin 50 poundsterling dan 100 poundsterling. Koin yang paling langka adalah George I yang salah cetak di tahun 1720 dengan dua sisi ekor. Koin tersebut diperkirakan bernilai sekitar 4 ribu poundsterling. Koin lainnya yang juga salah cetak adalah Charles II yang salah dieja nama latinnya. Koin tersebut bernilai 1.500 poundsterling.

Renovasi rumah temukan harta karun
Koin emas [sumber gambar]
Setelah dilakukan pemeriksaan, ternyata koin tersebut tidak memenuhi spesifikasi secara hukum untuk diambil pemerintah Inggris. Artinya pasangan tersebut bisa memiliki sebagian besar koin emas itu. Pemerintah pun memutuskan hanya mengambil satu artefak, yakni koin emas langka Brasil yang beredar di Inggris pada tahun 1720-an untuk disimpan di museum.

BACA JUGA: 6 Orang Penggali Tanah Menemukan 27 Kg Emas di Klaten, Terbesar dalam Sejarah Indonesia

Nasib pasangan suami istri asal Inggris tersebut bisa dibilang beruntung. Mereka tak perlu bersusah payah mendapatkan harta karun. Siapa sangka tumpukan koin emas yang berharga justru ditemukan tanpa sengaja di lantai rumah mereka sendiri.

 

 

Written by F A Agustina

Jadi TKI di AS jaga kucing digaji jutaan

Jadi Perawat Kucing dan Jaga Rumah Kosong, TKI di Amerika Ini Digaji Rp 1,5 Juta per Hari

Ikan koi termahal harga miliaran

Jadi Ikan Koi Termahal di Dunia, Ini Lho Ikan Koi Seharga 27 Miliar