Categories: Trending

5 Aksi Ijab Kabul yang Bikin Ngakak Luar Biasa

Pastinya hampir semua orang mengetahuinya jika dalam pernikahan itu ada satu prosesi yang paling penting. Yup, apalagi kalau bukan ijab kabul. Tanpa melewati yang satu ini, maka tidak akan pernah ada pesta dengan hidangan yang enak itu. Lebih lagi, tak ada yang namanya malam pertama. Namun, pada kenyataannya, orang-orang lebih mementingkan hal-hal yang sebenarnya tak terlalu penting dari pada prosesi satu ini. Alhasil, cukup sering ditemui kesalahan pada prosesi ijab kabul ini.

Di Indonesia sendiri hal tersebut juga sering kejadian. Namun, alih-alih mengacaukan semuanya, yang ada malah jadi lucu dan sangat menghibur. Walaupun si pelakunya sendiri pasti malunya luar biasa. Nah, berikut adalah kumpulan aksi lucu ijab kabul yang bakal bikin kamu tertawa lebar.

1. Menggenggam Tangan Penghulu dan Bilang ‘Sah!’

Prosesi akad nikah memang sangat mendebarkan. Kalau tak percaya silahkan tanya sendiri kepada orangtua atau teman yang sudah menikah. Namanya juga nervous, lafal ikrar ijab kabul yang dihafal semalaman itu kadang juga lupa. Seperti kejadian satu ini. Alih-alih menjawab pernyataan sang penghulu, sang mempelai pria malah melakukan hal yang bikin ngakak.

Ya, si mempelai pria ini sudah keduluan mengikuti ucapan sang penghulu. Namun yang bikin perut mulas adalah ketika si pengantin ini malah menggenggam tangan pak penghulu dengan gaya gaul sambil mengucapkan “Sah”. Alhasil, para saksi pun dibikin tertawa dengan aksi kocak ini. Sampai ada yang menyeletuk, “Tenang, jawab saya terima nikahnya”. Ya, sepertinya si mempelai pria ini butuh gladi bersih sekali lagi biar tak terjadi hal lucu tersebut.

2. Langsung Dijawab, Padahal Penghulu Belum Bilang Akadnya

Siapa sih yang mau berlama-lama dalam kondisi yang bikin hati deg-degan luar biasa itu? Semua orang pasti ingin cepat-cepat mengakhiri hal tersebut. Ungkapan tersebut pas sekali dengan prosesi ijab kabul berikut ini. Biasanya dalam prosesi pernikahan, penghulu akan membacakan akad terlebih dahulu baru kemudian disambut oleh si pengantin pria. Namun pada prosesi ijab kabul satu ini, hal tersebut tidak terjadi.

Alih-alih sabar menunggu penghulu menghabiskan kalimat akadnya, si mempelai pria langsung saja tembak dengan kalimat penerimaan, “Saya terima nikahnya…” Sontak hadirin pun dibikin tertawa lebar dengan aksi si pengantin pria. Bahkan pak penghulu sendiri tak henti-hentinya tersenyum sambil berujar, “Sabar mas ya”.

3. “Ora Umum Saya Terima!”

Di Indonesia, rata-rata lafal ijab kabul menggunakan bahasa Arab dan Indonesia. Namun, meskipun berbeda, masing-masing bahasa ini sudah punya pattern atau bentuk yang telah ditetapkan, khususnya saat ijab kabul. Jadi, tidak boleh ditambahi apalagi dikurangi. Namun, hal tersebut justru dilakukan mempelai pria satu ini. Entah apa motivasinya, namun ia malah menambahkan kalimat aneh dan bikin ngakak.

“Ora umum saya terima” hadirin pun senyum-senyum sendiri melihat aksi ngawur sang pengantin pria ini. Kenapa harus ditambahi kata-kata “Ora umum”? Ya, mungkin saja si calon istinya berdandan tidak umum seperti biasanya atau pun faktor yang lain. Sang penghulu pun tidak lupa memberikan saran agar si mempelai pria ini tak menambahkan kata-kata yang tidak perlu tersebut.

4. Mempelai Pria Langsung Menjawab “Sah”

Semua orang tahu bagaimana deg-degannya acara penting seperti ini. Namun, hal tersebut tak lantas bikin si pelakunya hilang konsentrasi. Tujuannya biar tidak salah menjawab seperti mempelai pria satu ini. Ketika penghulu sudah menyelesaikan kalimatnya, si pria ini malah menjawab dengan penyataan lain yang menggelitik.

Mungkin karena hilang konsentrasi, si pengantin pria ini langsung tembak dengan kata “Sah” ketika penghulu baru saja selesai membacakan akadnya. Inilah alasan kenapa sebelum ijab kabul harus latihan dulu. Untungnya gara-gara kejadian ini suasana yang tadinya tegang jadi lebih rileks dan menyenangkan.

5. Ijab Kabul Paling Cepat Sepanjang Sejarah

Selain lantang dan melafalkan kalimat dengan jelas, aturan ijab kabul yang baik adalah melantukan kalimat penerimaannya dengan satu tarikan nafas saja. Nah, jika seperti ini maka tak ada cara lain selain mengatakannya dengan super cepat. Contohnya seperti mempelai pria satu ini. Tanpa basa-basi ia menjawab kalimat si penghulu dengan kecepatan yang sangat tinggi.

Memang terdengar lucu sih, namun tak masalah asalkan sukses dan istri sudah halal. Lagipula ijab kabul hanya dilakukan sekali seumur hidup kecuali karena sebab lain. Cara si mempelai pria ini menjawab juga bisa jadi contoh. Namun bisa seperti ini tentu tidak mudah. Minimal seminggu sebelum ijab kabul sudah harus menghafal kalimat yang diucapkan.

Ijab kabul adalah prosesi penting dan tidak boleh dipandang sebelah mata saja. Pasalnya, kehidupan pernikahan berangkat dari lafal sederhana ini. Makin lancar ijab kabul, maka begitu pula kehidupan rumah tangga. Meskipun tidak bisa disimpulkan begitu saja sih. Namun lewat hal ini bisa dilihat kesungguhan si mempelai pria dalam mempersiapkan dirinya. Nah, buat kamu pria sejati. Kapan nih bisa melafalkan kalimat magis ini?

Share
Published by
Rizal

Recent Posts

Punya Senyum Manis, Perempuan Asal Solo Ini Disebut Mirip Banget dengan Pevita Pearce

Pernah dengar kalau setiap orang di dunia ini punya 7 kembaran, alias orang yang sangat…

1 month ago

Putra Raja Thailand Kembali Setelah 27 Tahun Diasingkan, Jadi Penerus Takhta Selanjutnya?

Kembalinya Vacharaesorn Vivacharawongse, putra tertua kedua Raja Thailand Maha Vajiralongkorn, ke Thailand pada awal bulan…

1 month ago

Terungkap Situs Jual Beli Sertifikat Gelar Habib, Penipu Raup 18 Juta

Belakangan ramai perihal terungkapnya kasus penipuan lisensi gelar “habib”, di mana seorang pemuda memperjualbelikannya dengan…

2 months ago

Waduh! Anggaran Baju Dinas DPRD DKI Mencapai 3 Miliar, Ternyata Ada Pin Emas 24 Karat

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuat heboh publik lantaran anggaran dana pembelanjaan untuk pakaian dinas dan…

2 months ago

Gus Samsudin dan 2 Saksi Ditetapkan Jadi Tersangka Setelah Pembuatan Video Kontroversial

Nama Samsudin Jadab, atau lebih dikenal sebagai Gus Samsudin, kembali mencuat ke permukaan. Bukan lagi…

2 months ago

Alice Norin Bagikan Kisah Lawan Kanker Sarkoma hingga Operasi Laparoskopi

Kabar tak mengenakkan datang dari artis Alice Norin. Artis 36 tahun ini mengungkapkan bahwa dirinya…

2 months ago