Categories: Trending

5 Hewan Mengerikan Penghisap Darah ini Tak Banyak Diketahui Orang

Barangkali anda hanya mengetahui jika di dunia ini hanya memiliki dua tiga hewan penghisap darah. Pertama adalah nyamuk yang kadang suka mengganggu tidur. Kedua dan ketiga adalah kutu dan lintah yang bisa menyedot darah hingga tubuhnya menggembung. Selain tiga hewan di atas, sebenarnya makhluk penghisap darah masih banyak berkeliaran di alam bebas.

BACA JUGA: 6 Ritual Gila yang Masih Dilakukan Oleh Suku-Suku di Afrika Hingga Hari ini

Mereka suka sekali menyerap darah dari makhluk hidup lain seperti hewan atau manusia. Di beberapa daerah bahkan dianggap seperti monster mengerikan. Inilah hewan mengerikan yang hobinya menghisap darah dari makhluk hidup yang ditemuinya.

1. Lamprey (Lampreta fluviatilis)

Lamprey adalah makhluk yang mirip sekali dengan belut. Hanya saja pada bagian mulut terdapat semacam gigi tajam yang digunakan untuk mencari mangsa. Biasanya lamprey akan berenang lalu hinggap pada inangnya yang berupa ikan atau makhluk air lain. Ia akan menyerap darah hingga membuat tubuh inangnya jadi berlubang.

Lamprey [image source]
Lamprey dewasa memiliki panjang hingga 100 cm. Mereka termasuk hewan purba yang masih bisa bertahan hingga sekarang. Lamprey memiliki 38 jenis dan 18 jenis di antaranya adalah parasit bagi hewan lainnya. Lamprey juga kerap menghisap hewan yang masuk ke dalam air. Bahkan manusia yang masuk ke dalam air pun akan ditempeli dan mulai dihisap darahnya banyak-banyak.

2. Oxpecker (Buphagus sp.)

Oxpecker adalah nama dari dua spesies burung dari family Buphagidae. Burung ini banyak sekali tinggal di kawasan sub-Sahara di Afrika. Mereka akan berkumpul di dekat mamalia besar seperti kerbau, zebra, dan jerapah lalu hinggap di atas tubuhnya. Awalnya ilmuwan yang meneliti mengatakan jika hubungan dua hewan ini saling menguntungkan. Burung memakan kutu lalu kerbau tidak merasa gatal.

Oxpecker [image source]
Namun baru-baru ini ditemukan sebuah fakta yang sangat mencengangkan. Hewan ini ternyata menghisap darah dari tubuh inangnya. Ia akan membuat luka baru pada tubuh hewan lalu menghisap darahnya perlahan-lahan. Burung ini secara eksklusif hanya meminum darah mamalia dan tidak memakan daging atau biji-bijian.

3. Vampire Finch (Geospiza difficilis septentrionalis)

Vampire Finch adalah burung kecil yang habitatnya berada di Kepulauan Galapagos. Burung jenis Finch kebanyakan mengonsumsi biji-bijian atau madu dari bunga-bungaan. Namun jenis ini justru mengonsumsi darah dari burung lain yang ukurannya sama atau sedikit lebih besar. Burung ini biasanya akan terbang lalu bermanuver dan mematuk tubuh dari burung yang menjadi sasaran mangsanya. Setelah burung itu tak berdaya, ia akan terus membuat lubang pada tubuh hingga darah yang mengucur bisa dihisap dengan cepat.

Vampire Finch [image source]
Vampire Finch juga bisa membedakan rasa dari darah mangsanya. Jika darah dari mangsa tidak merasa enak, maka ia akan berganti ke mangsa lain. Ia hanya menginginkan darah yang memiliki rasa nikmat untuk dihabiskan. Korban dari Vampire Finch biasanya akan mengalami pendarahan hingga kadang bisa menyebabkan kematian.

4. Candiru (Vandellia cirrhosa)

Candiru adalah ikan yang ukurannya sangat kecil, pertumbuhan maksimalnya hanya mencapai 40 cm. Ikan ini sejenis dengan lele dan hidup di sungai-sungai Bolivia, Brasil, Kolombia, dan Peru. Ikan ini dikabarkan suka sekali menghisap darah manusia yang kebetulan mandi di sungai. bentuknya yang kecil membuat manusia tidak sadar jika mereka mulai masuk ke dalam baju dan menghisap darahnya banyak-banyak.

Candiru [image source]
Kasus paling mengerikan dari kasus ikan mengerikan ini terjadi pada tahun 1997. Hewan kecil ini masuk ke dalam baju dan menyusup ke dalam organ vital seorang pria. Ia akhirnya menghisap darah di dalam tubuh dan mengakibatkan pria yang saat itu berusia 23 tahun mengalami sakit yang cukup parah pada organ reproduksinya. Saat dilakukan pemeriksaan, terdapat Candiru di dalam tubuhnya hingga butuh dikeluarkan agar gangguan hilang.

5. Kelelawar Vampire (Desmodus rotundus)

Mungkin ide dari drakula yang berubah menjadi kelelawar terinspirasi dari makhluk ini. Pasalnya kelelawar yang banyak sekali hidup di Amerika, Meksiko, Brasil, Chile, dan Argentina ini mencukupi kebutuhan nutrisinya dengan menghisap darah. Biasanya hewan yang diburu adalah hewan ternak seperti sapi, kambing, babi, hingga jenis-jenis unggas yang akan mati karena kehabisan darah.

kelelawar vampire [image source]
Untuk beberapa kasus, kelelawar ini juga menyerang manusia. Mereka akan menghisap darah manusia yang ditemuinya di jalanan. Setelah mendapatkan gigitan dan darahnya diisap, korban akan mengalami sakit pada bagian yang tertusuk gigi. Kebanyakan korban yang mendapatkan serangan juga mengaku terkena rabies yang menyebar dari air liur kelelawar.

BACA JUGA: 5 Eksperimen Nuklir Paling Edan yang Bikin Kamu Geleng-geleng Kepala

Inilah lima hewan penghisap darah yang jarang sekali diketahui banyak orang. Mereka hidup di alam liar dan siap menerkam semua mangsanya, termasuk manusia. Oh ya, kalau hewan seperti ini ada di Indonesia, apa yang akan sobat Boombatis lakukan?

Share
Published by
Adi Nugroho

Recent Posts

Misteri Kematian Ibu Muda di Gresik, Uang Raib hingga Saksi Ditemukan Meninggal

Misteri masih menyelimuti kematian seorang ibu muda di Gresik bernama Wardatun Toyyibah. Perempuan berusia 28…

4 weeks ago

Suami Sandra Dewi Jadi Tersangka Kasus Korupsi Penambangan Liar Timah di Bangka Belitung

Pernikahan artis Sandra Dewi dan Harvey Moeis sempat menjadi perbincangan publik karena mewah dan bak…

4 weeks ago

Buka Galangan Dana untuk Ibu, Singgih Sahara Salah Gunakan hingga 200 Juta untuk Pribadi

Nama Singgih Sahara, komika asal Semarang, belakangan menjadi sorotan publik lantaran hal yang dilakukannya membuat…

1 month ago

Donny Kesuma Meninggal Dunia karena Penyakit Jantung

Berita duka menyelimuti dunia entertainment Indonesia saat Donny Kesuma meninggal dunia. Mantan aktor ini meninggal…

1 month ago

Selingkuh Berkali-Kali sampai KDRT, Ini Alasan Kurnia Meiga Dicerai Istri

Belakangan, nama mantan pesepakbola Kurnia Meiga tengah diperbincangkan publik. Awalnya ia viral lantaran video yang…

1 month ago

Caleg Ini Hentikan Aliran Air dari Sumur Miliknya Setelah Gagal, Ternyata Ini Alasannya

Masih banyak daerah di Indonesia yang tidak mendapatkan akses air bersih dengan mudah. Seperti para…

1 month ago