Bunuh diri memang jadi masalah untuk beberapa negara karena jumlahnya yang lumayan meningkat. Semisal di Jepang dan Korea di mana bunuh diri cukup sering ditemui karena kerasnya hidup di sana. Standar tinggi, masalah ekonomi, percintaan dan hal-hal lainnya yang membuat mereka memilih jalan pintas tersebut.

Bicara soal bunuh diri, ada sebuah cara tak biasa yang berlaku di beberapa negara. Ya, menggunakan gas Helium yang beberapa waktu lalu sempat jadi obrolan banyak orang. Lalu bagaimana cerita lengkapnya? Simak ulasan berikut.

Bunuh diri pakai Helium yang sedang ramai dibicarakan

Selama ini mungkin kita mengenal helium sebagai salah satu gas yang bikin suara seseorang nampak cempreng atau mengisi balon. Oleh sebab itu gas yang satu ini sering dipakai untuk guyonan dan ulah jahil. Akan tetapi siapa sangka kalau akhir-akhir ini banyak yang menyalahgunakan gas tersebut.

Ilustrasi hirup gas [sumber gambar]
Bagaimana tidak, pasalnya banyak orang memakainya untuk melakukan aksi bunuh diri. Suicide Bag adalah istilah yang sering dipakai oleh banyak orang untuk menyebut bunuh diri ini. Dan ternyata upaya menghilangkan nyawa sendiri ini sering ditemui kasusnya di banyak negara, tidak terkecuali di Indonesia pasalnya beberapa kejadian punya kemungkinan sama.

Jadi ramai diikuti karena diajarkan di dunia maya

Salah satu hal yang membuat teknik bunuh diri ini ramai adalah banyaknya situs-situs yang seolah mengajarkan mereka cara paling efektif untuk mempraktekkannya. Umumnya mereka yang sudah merasa putus asa dengan hidup, maka akan mencari di beberapa situs mengenai cara bunuh diri yang paling cepat dan tidak merasakan rasa sakit yang terlalu.

Pakai selang [sumber gambar]
Nah di beberapa situs inilah yang menyebarkan info kalau mati menggunakan Suicide Bag dianggap paling minim rasa sakit dan cepat sehingga banyak orang yang putus asa ingin melakukannya. Namun sayangnya bagaimana pun caranya, usaha bunuh diri pastinya melewati rasa sakit.

Banyak yang malah menderita dengan cara ini

Namun sayangnya ternyata justru cara ini juga melukai diri sendiri karena beberapa kasus mereka yang selamat menderita lumayan parah. Dilansur dari Kumparan, salah satunya adalah kasus seorang anak muda di Australia yang ditemukan tak sadarkan diri dengan keadaan lumayan parah.

Bikin menderita [sumber gambar]
Dan di tempat dirinya ditemukan didapat sebuah masker Helium yang sering dipakai untuk usaha bunuh diri. Beruntung pria tersebut masih bisa selamat meskipun mengalami kerusakan lumayan parah. Sejatinya Helium bukan gas yang beracun, namun ketika kita menghirupnya dengan jumlah yang besar maka akan berakibat fatal. Pasalnya oksigen yang berperan  penting dalam tubuh akan digantikan oleh gas tersebut.

Penyalahgunaan helium dan gampangnya ditemui

Sayangnya Helium sendiri adalah gas yang memang dengan mudah ditemui dan diperjualbelikan. Hal ini tentunya jadi polemik tersendiri pasalnya setiap orang tidak tahu niatan dari orang lain. Bisa saja membeli helium murni karena untuk mengisi balon atau hal berguna lainnya atau malah dipakai untuk bunuh diri.

Ilustrasi upaya bunuh diri [sumber gambar]
Dilansir dari Intisari, mengenai kasus penyalahgunaan ini bahkan sempat ditemukan mereka yang menjualbelikan peralatan bunuh diri helium secara online di Amerika. Beruntung FBI segera mengetahuinya sehingga praktek seperti ini segera dihentikan. Mau bagaimana lagi karena banyak korban ditemui.

BACA JUGA: Nggak Cuma Momo Challenge, 5 Tantangan yang Viral Ini juga Membahayakan Nyawa

Apapun alasannya, yang namanya bunuh diri memang harus dihindari. Ya memang cobaan hidup memang berat namun satu hal yang pasti bunuh diri bukalah jalan keluar. Jika memang mengalami masalah luar biasa cobalah membagi perasaan dengan orang yang dipercaya supaya membantu mental atau mencari hiburan untuk meringankan stres.