Tangga berjalan alias eskalator yang ada di mall memang terlihat tidak membahayakan. Namun, kalau kita salah sedikit ketika menaiki tangga tersebut, bisa fatal lho akibatnya. Seperti beberapa peristiwa yang pernah terjadi, ada orang yang jarinya terjepit hingga tubuhnya tergilas oleh eskalator tersebut. Hii.. ngeri banget kan?

Dari kejadian di atas, sebenarnya tidak sepenuhnya salah dari tangga berjalan. Ada beberapa kecelakaan yang terjadi karena kesalahan si penggunanya. Maka dari itu, Boombastis.com bakal membahas lebih lanjut apa yang tidak boleh dilakukan di eskalator. Untuk lebih terangnya, simak ulasan di bawah ini ya.

Menggunakan pakaian yang panjang

Sebenarnya, untuk hal yang satu ini sih boleh-boleh saja. Melihat kini banyaknya perempuan yang berjilbab sehingga harus mengenakan pakaian tertutup dari ujung kepala hingga kaki. Namun, yang tidak diperbolehkan di sini yaitu membiarkan baju tergerai begitu saja gengs.

Pakaian terjepit [Sumber Gambar]
Dikarenakan ujung baju bisa tertarik oleh mesin eskalator yang bersifat menyedot apapun di atasnya. Sehingga bisa berakibat terjatuh atau baju mengalami sobek. Oleh karena itu, ada baiknya untuk menarik sedikit baju ke atas sebelum naik ke tangga berjalan.

Memakai sandal atau sepatu karet

Hal selanjutnya yang dilarang saat naik ke eskalator yakni menggunakan sandal atau alas kaki berbahan karet. Memang, hal ini membuat si penggunanya nyaman, tapi bahaya jika dipakai di tangga berjalan.

Sandal terjepit di eskalator [Sumber Gambar]
Sebab, alas kaki yang terbuat dari karet ini ujung-ujungnya rawan terjepit di mesin eskalator dan bisa membuat penggunanya jatuh. Parahnya, hal ini juga bisa membuat kaki ikut tertarik ke dalam mesin tangga berjalan.

Memakai sepatu dengan hak tinggi

Masih di area kaki, sepatu hak tinggi juga tidak disarankan untuk dipakai ketika naik eskalator. Ditakutkan hak dari sepatu bisa masuk ke dalam rongga tangga berjalan. Dan hal tersebut dapat menyebabkan kalian terjatuh dari posisi semula.

Sepatu hak tinggi terjepit [Sumber Gambar]
Selain itu, akibat lainnya bisa membuat kalian malu gengs. Ya tentu saja, sudah cantik-cantik pakai sepatu hak tinggi, eh malah terjatuh dengan gaya sompral di eskalator. Ditambah lagi hak sepatu yang kemungkinan besar akan rusak setelah terjepit, pastinya bakal membuat kalian bingung harus menggunakan alas kaki apa setelah ini.

Bersandar di pegangan eskalator

Siapa di sini yang suka bersandar di handrail atau pegangan eskalator? Nah, mulai sekarang, kalian jangan pernah melakukannya lagi ya. Pasalnya, pegangan tersebut bisa membuat tubuh menjadi terseret atau terjungkal lalu jatuh ke bawah eskalator.

Bersandar di handrail [Sumber Gambar]
Jadi, handrail hanya berfungsi sebagai pegangan bagi orang-orang yang naik ke tangga berjalan. Cara memegangnya pun tidak boleh sembarangan. Dengan mencengkeram kuat dan pandangan yang lurus ke depan.

Mengusahakan tidak membawa benda yang mudah mencair

Aturan terakhir yang perlu diperhatikan adalah dengan tidak membawa benda yang sangat mudah mencair. Misalnya es krim atau minuman yang tidak tertutup rapat. Alasannya karena jika benda-benda tersebut tumpah, bisa masuk ke celah-celah eskalator.

Bisa sebabkan eskalator rusak [Sumber Gambar]
Jika itu sudah terjadi, maka dapat mengganggu kestabilan mesin yang ada pada tangga berjalan. Bisa-bisa eskalator mengalami gangguan ketika kalian menaikinya. Kalau hanya berhenti sih tidak masalah, tapi jika terjadi gangguan berbahaya lainnya bagaimana?

BACA JUGA : Hati-Hati, Eskalator Bisa ‘Membunuhmu’!

Itulah hal-hal yang dilarang dilakukan ketika menaiki eskalator. Mungkin peringatan di atas terlihat sepele, tapi akan ada bahaya mengancam jika berani untuk melanggarnya. Jadi, mulai sekarang, berhati-hatilah ketika naik ke tangga berjalan. Turuti aturan dan jangan coba untuk melanggarnya.