Hati-Hati, Eskalator Bisa ‘Membunuhmu’!

oleh Adi Nugroho
07:10 AM on May 23, 2015

Salah satu fungsi utama dari eskalator adalah memudahkan kita untuk berpindah dari lantai bawah ke atas, atau sebaliknya. Kita tidak perlu susah-susah menaiki tangga dan berakhir dengan kaki sakit sampai kehabisan napas. Terlebih untuk orang-orang dengan badan yang berukuran besar. Tangga sudah seperti hal yang menakutkan dan melelahkan, meski kenyataannya tangga biasa lebih menyehatkan..

Eskalator akhirnya dipakai hampir di seluruh pusat perbelanjaan. Tidak hanya dunia namun juga kota-kota kecil di Indonesia. Tapi kita harus tahu jika eskalator seperti pisau bermata dua, benda ini bermanfaat, namun di sisi lain juga sangat berbahaya. Bahkan bisa membunuh kita dengan tragis. Berikut adalah hal-hal penting yang harus kita perhatikan ketika menaiki eskalator.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

1. Perhatikan Kaki Anda Saat Melangkah

Saat mulai melangkah ke eskalator perhatikan kaki anda. Tidak usah terburu-buru dan lebih baik menunggu hingga sepi. Satu langkah di eskalator menentukan nasib anda seumur hidup. Kenapa bisa begini? Coba perhatikan video ini.

Eksperimen selipar Crocs dengan Escalator. Awasilah anak2 anda. Jangan pijak garisan kuning.

Posted by Siakap Keli on Tuesday, 19 May 2015

Terlihat sebuah percobaan menggunakan sandal plastik yang merupakan salah satu sandal terlaris di dunia. Banyak orang yang menggunakan sandal itu saat ini, tak hanya dewasa, namun juga kanak-kanak. Saat kaki kita melangkah dan menginjak garis kuning pada eskalator, maka ada kemungkinan kaki akan terselip. Jika kaki terselip maka besar kemungkinan kaki akan terjepit, sobek, atau bahkan kita terjatuh dan membuat nyawa kita melayang.

2. Jangan Main-Main Dengan Tangan Anda

Seorang anak berumur dua tahun ditemukan dengan tangan terjepit eskalator hingga putus. Peristiwa ini terjadi di Washington Square Mall. Anak berumur 2 tahun ini lepas dari pengawasan orang tuanya hingga berjalan sendiri ke eskalator.

Perhatikan Tangan Saat di Eskalator [image source]
Perhatikan Tangan Saat di Eskalator [image source]
Diduga anak ini bermain-main dan meletakkan tangannya pada eskalator. Setelah itu tangannya terdorong dan terjepit. Saat ditolong, jari anak malang ini sudah terputus. Orang tua dan pihak keamanan segera memanggil tim medis dan membawa anak malang ini ke rumah sakit.

3. Saat Naik Eskalator Perhatikan Pakaian Anda

Seorang wanita bernama Naima Rharouity berumur 47 tahun ditemukan meninggal karena tercekik dari eskalator. Wanita ini menggunakan syal panjang yang dikalungkan pada leher. Kejadian ini membuat syal masuk ke dalam eskalator dan membuat wanita ini tertarik dan tercekik hingga meninggal dunia.

Meninggal Tercekik di Eskalator [image source]
Meninggal Tercekik di Eskalator [image source]
Saat naik eskalator, perhatikan pakaian yang terlalu panjang. Jika memakai rok atau celana usahakan jangan terlalu dekat dengan garis kuning atau tepian tangga. Agar kejadian seperti kain terjepit tidak terjadi pada anda.

4. Pinggiran Eskalator Bisa Membuatmu Terlempar

Kejadian ini menimpa Nurhayada Sofia. Gadis asal Malaysia ini bermain-main dengan pinggiran eskalator yang bergerak. Menempelkan tangannya dan membiarkan tubuhnya ikut berjalan. Saat nasib sial datang, tubuh gadis malang itu tertarik. Dan terlempar hingga beberapa lantai ke bawah.

Keluarga Nurhayada [image source]
Keluarga Nurhayada [image source]
Nurhayada akhirnya meninggal akibat luka yang sangat serius di kepala. Ayah dan kakak Nurhayada cuma bisa pasrah melihat kejadian ini. Sebelumnya ayah gadis malang ini sudah memperingatkan anaknya untuk tidak bermain-main. Namun anak itu tidak mengindahkan hingga akhirnya dia meninggal dengan cepat.

Eskalator memang sangat membantu kita. Namun ada risiko yang tidak nampak di sana. Tugas kita adalah selalu berhati-hati. Tidak bercanda saat naik, dan jika punya anak lebih baik digendong. Kejadian buruk memang bisa datang kapan saja, namun jika kita waspada, kejadian semacam ini bisa dicegah.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Inilah Perbandingan Kekuatan Militer Palestina dan Israel, Ibarat Semut Lawan Gajah Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri Mulai dari Tikus hingga Lumpur, Inilah 4 Negara Miskin yang Konsumsi Makanan Seadanya Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA