Categories: Trending

Miris, 4 Guru Ini Harus Meringkuk di Jeruji Besi Hanya Karena “Cubitan” Kepada Siswa

Zaman dulu, namanya di hukuman oleh guru adalah hal yang  biasa. Mulai dari dicubit hingga dipukul dengan sebuah kayu kecil pun pernah dilakukan. Namun uniknya, anak dulu tidak ada yang melawan. Bukannya apa sih, memang mereka sudah sadar diri kalau namanya salah, wajar kalau dapat hukuman.

Namun siapa sangka zaman sekarang justru yang terjadi berkebalikan. Ya, saat guru memberikan hukuman harus berakhir di pengadilan. Padahal mungkin hukuman yang diberikan hanya sebuah cubitan. Terlepas apakah benar para oknum guru ini yang benar atau malah justru memang melakukan tindak kekerasan, berikut para pengajar yang harus mendekam karena cubitan.

Menegur siswa yang main hape, guru ini malah dipolisikan

Nasib malang harus terjadi pada seorang guru di daerah Wajo Sulawesi Selatan. Pasalnya pengajar yang satu ini beberapa waktu yang lalu harus dipolisikan oleh salah satu murid dan walinya lantaran diduga melakukan aksi “kekerasan”. Ternyata “kekerasan fisik” yang dimaksud adalah sebuah cubitan kecil yang dilakukan pada muridnya karena dari terus-terusan memainkan smartphone saat pelajaran berlangsung.

Tegur main hape [image source]
Alhasil beberapa ormas setempat melayangkan protes terhadap kejadian tersebut, mengingat apa yang dilakukan guru itu bukanlah sesuatu hal yang kelewatan, bahkan mereka menganggap memang begitulah tugas seorang pendidik. Beruntung permasalahan ini tidak sampai ke meja hijau, karena kedua pihak sudah menyelesaikannya secara damai.

Cubit anak tentara, pahlawan tanpa tanda jasa ini dicyduk polisi

Sebelumnya, ada sebuah kasus yang lebih heboh terjadi di Sidoarjo. Pasalnya seorang guru bernama Samhudin ( Pak Sam) harus berurusan dengan polisi lantaran aksi tegurannya saat di kelas. Ya, sempat mencubit salah salah satu murid karena tidak ikut sholat berjamaah, bahkan  anak itu mengganggu siswa lain yang sedang ibadah.

Cubit anak tentara [image source]
Beruntung atas bantuan solidaritas dari para guru yang ada, lumayan bisa menolong sang pendidik ini dari jeratan hukum yang ada. Di sisi lain, siswa yang melaporkan sang gurunya ini sempat ditolak oleh seluruh sekolah yang ada di sana karena dianggap kebablasan menganggap gurunya melakukan penganiayaan, padahal hanya cubitan untuk mengingatkan.

Teguran pada anak polisi berujung hukuman di hotel prodeo

Nasib serupa juga dialami oleh Nurmayani Salam, seorang guru di SMPN 1 Bantaeng, Sulawesi Selatan. Masih serupa dengan kasus sebelumnya, alasan mengapa guru yang satu ini, masuk di jeruji besi adalah karena sebuah “cubitan” yang dilakukan pada murid. Dilansir dari IDN, peristiwa terjadi saat ada dua orang murid yang melakukan kejar-kejaran waktu sholat Duha.

Karena cubitan dipenjara [image source]
Melihat hal tersebut, bu Maya, sapa Nurmayani Salam, datang dan mengingatkan mereka dengan cubitan. Alih-alih didengarkan, beliau malah dilaporkan ke kepolisian. Alhasil dirinya harus mempertanggung jawabkan aksi “cubitan” yang seharusnya bisa diselesaikan secara kekeluargaan. Banyak dukungan dari banyak pihak terutama ikatan guru saat kasus ini viral, namun kembali lagi, semua terserah keputusan sang hakim.

Sama dengan yang lain, namun jarang terekspos media

Sebelum adanya kasus-kasus viral  itu, ternyata tahun 2015 sudah ada kejadian serupa namun jarang diekspos oleh media. Tepatnya di sebuah sekolah  di Kecamatan Samarinda Ilir, seorang oknum guru juga dilaporkan karena cubitan. Ya, orang tua siswa bernama M Rully Nata Atmaja merasa tidak terima perlakuan tersebut apalagi sang guru menambahkan kata-kata yang dianggap tidak pantas.

jarang didengar kasusnya [image source]
Akhirnya kasus ini harus dibawa ke meja hijau lantaran pihak orang tua tetap tidak terima meskipun sang guru sudah minta maaf. Alhasil polisi pun melakukan penyelidikan lebih dalam atas kasus ini untuk membuktikan siapa yang benar-benar bersalah.

Memang benar kekerasan pada murid sangat tidak dibenarkan. Namun bukan berarti jika teguran kecil berupa cubitan itu tidak boleh dilakukan. Bukan kah itu memang cara mereka memberikan hukuman sebagai ganjaran atas kesalahan yang dilakukan oleh siswa.  Tapi kalau sampai kelewatan memberikan cubitan hingga berdarah atau mengakibatkan kerusakan fatal, itu lain lagi ceritanya.

Share
Published by
Arief

Recent Posts

Dubai Dihantam Hujan Badai Sebabkan Banjir, Puluhan Nyawa Melayang

Jakarta banjir, sudah menjadi “acara” tahunan yang membuat banyak warga menjadi lebih “santuy” saat menghadapinya.…

15 hours ago

Seorang Ibu Harus Kehilangan Bayinya karena Dipijat Nenek Buyut Sejak Baru Lahir

Siapa sangka sebuah pijatan yang bisa merelaksasi dan menyembuhkan penyakit pada orang dewasa, bisa berujung…

2 days ago

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap Usai Pesta Ganja Pakai Modus Baru Rokok Elektrik

Nama selebgram Chandrika Chika terseret pada kasus penyalahgunaan narkoba yang baru-baru ini terungkap. Tidak sendirian,…

4 days ago

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

6 days ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

2 weeks ago

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek Sebabkan 12 Orang Meninggal Dunia Seketika

Kecelakaan maut terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, tepatnya pada Km 58, pada hari…

3 weeks ago