Categories: Tips

Hannah Arendt, Merayakan Ultah ke 108

Apakah Anda tahu siapakah sosok yang muncul sebagai logo Google hari ini? Google doodle hari ini menampilkan gambar seorang perempuan yang memegang alat tulis dan menghadap sebuah buku. Kemunculan sosok tersebut di google guna memperingati ultahnya ke 108.

Sosok itu adalah Hannah Arendt yang merupakan seorang ilmuwan politik asal Jerman yang juga dikenal sebagai seorang filsuf. Namun, dirinya menolak dijuluki filsuf dan lebih memilih menjadi teoretikus karena karyanya berpusat pada kenyataan bahwa “manusia pada umumnya, bukan manusia saja, hidup di muka bumi dan menghuni dunia”.

Google Doodle Hannah Arendt

Hannah lahir di Hannover, Jerman pada tanggal 14 Oktober 1906 dari sebuah keluarga Yahudi sekular di kota Linden yang waktu itu merupakan kota independen (kini bagian dari Hanover). Hannah kecil tumbuh besar di Konigsberg serta Berlin.

Karya Hannah Arendt membahas topik kekuasaan, politik, wewenang, dan totalitarianisme. Banyak dari tulisannya terpusat pada pengukuhan konsepsi tentang kebebasan yang sinonim dengan aksi politik kolektif. Dalam argumentasinya melawan asumsi libertarian bahwa “kemerdekaan dimulai ketika politik berakhir”.

Arendt menyusun teorinya tentang kemerdekaan yang bersifat publik dan asosiatif, dengan mengambil contoh-contoh antara lain dari polis Yunani, kota-kota Amerika, komun Paris, dan gerakan hak-hak sipil pada tahun 1960-an untuk menggambarkan konsepsi tentang kemerdekaan.

Beliau juga menulis The Origins of Totalitarianism, yang menelusuri akar-akar komunisme dan nazisme dan kaitan mereka dengan anti-semitisme. Buku ini kontroversial karena membandingkan dua pokok yang sebagian orang percaya tidak dapat dipertemukan.

Namun, pada 4 Desember 1975 Hannah Arendt meninggal dunia di usia 69 tahun akibat serangan jantung. Beliau dimakamkan di Bard College, Annandale-on-Hudson, New York, bersebelahan dengan almarhum suaminya.

Perempuan yang lahir pada 14 Oktober 1906 ini dalam karya tulisnya selalu membahas tentang hakikat kuasa, topik-topik politik, wewenang hingga totalitarianisme. Hannah juga berpusat pada pengukuhan konsepsi tentang kebebasan sinonim dengan aksi yang kolektif.

activate javascript

Share
Published by
Admin

Recent Posts

Buat Video Penistaan Agama, Tiktoker Galih Loss Ditangkap

Media sosial kini menjadi tempat berbagi cerita dan mencari hiburan, tak heran banyak orang yang…

1 day ago

Dubai Dihantam Hujan Badai Sebabkan Banjir, Puluhan Nyawa Melayang

Jakarta banjir, sudah menjadi “acara” tahunan yang membuat banyak warga menjadi lebih “santuy” saat menghadapinya.…

2 days ago

Seorang Ibu Harus Kehilangan Bayinya karena Dipijat Nenek Buyut Sejak Baru Lahir

Siapa sangka sebuah pijatan yang bisa merelaksasi dan menyembuhkan penyakit pada orang dewasa, bisa berujung…

3 days ago

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap Usai Pesta Ganja Pakai Modus Baru Rokok Elektrik

Nama selebgram Chandrika Chika terseret pada kasus penyalahgunaan narkoba yang baru-baru ini terungkap. Tidak sendirian,…

5 days ago

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

1 week ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

2 weeks ago