in

Global Warming Mulai Menghancurkan 6 Negara Ini

6. Siberia

Di salah satu alam liar terakhir di dunia, global warming telah mengakibatkan perubahan besar dalam kehidupan dan manusianya. Musim dingin di Siberia kini suhunya telah turun dari -50 derajat menjadi -30 derajat dan mengakibatkan permafrost menjadi meleleh.

Permafrost yang meleleh di Siberia [Image Source]
Permafrost yang meleleh di Siberia [Image Source]
Permafrost adalah tanah yang selalu terlapisi salju sepanjang tahun, dan global warming telah membuat lahan ini meleleh dan menyisakan rawa-rawa dan lahan berlumpur. Rumah-rumah di arktik berkurang, dan para masyarakat nomaden yang tinggal di tundra mendapati migrasi tahunan mereka terganggu karena cuaca yang tidak terduga. Suhu yang hangat di musim yang tidak seharusnya, serta salju turun di waktu yang tidak seharusnya.

Tidak hanya 6 negara tersebut yang sudah merasakan dampak dari global warming, tapi juga beberapa negara lainnya. Jika kita tidak bertindak dari sekarang, maka masalah besar akan menimpa kita semua yang tinggal di bumi. Tidak perlu menunggu pemerintah atau perusahaan besar untuk bertindak lebih dulu.

Baca Juga : 5 Dosa Malaysia yang Ternyata Bikin Geram Negara Lain Selain Indonesia

Kita bisa memulai dari diri sendiri dengan menanam pohon, menghemat penggunaan air serta mengurangi penggunaan alat-alat yang mengeluarkan emisi karbon. Mungkin memang tidak terlihat signifikan jika kita melakukannya sendiri, tapi jika banyak orang meniru apa yang kita lakukan dan akhirnya seluruh masyarakat melakukan hal yang sama, maka bayangkan perubahan besar apa yang bisa terjadi untuk bumi tempat tinggal kita.

Written by Tetalogi

Leave a Reply

modus bikin ilfeel

5 Modus Kaum Adam yang Keseringan Bikin Cewek Ilfeel

Jika di Tempat Lain Tikus Harus Sembunyi, di Sini Tikus Adalah Raja