in

Global Warming Mulai Menghancurkan 6 Negara Ini

3. Kiribati

Sama dengan Tuvalu, Kiribati juga negara kepulauan yang terletak di Samudera Pasifik. Kiribati terdiri dari 33 pulau yang saling terhubung di tengah Pasifik. Jika apa yang diperkirakan para ilmuwan benar, Samudera Pasifik akan menelan Kiribati sebelum akhir abad 21, atau bahkan lebih cepat.

Kiribati [Image Source]
Kiribati [Image Source]
Kepulauan Kiribati hanya memiliki ketinggian 2 meter di atas permukaan laut. Bisa dibayangkan apa yang terjadi jika global warming dibiarkan terjadi dan air laut semakin naik. Kiribati beresiko tenggelam akibat naiknya permukaan laut karena es di Greenland dan Antartika yang terus meleleh. Perubahan iklim ini terjadi karena emisi karbon dari pembangkit listrik, mobil, dan kegiatan lainnya.

Sayangnya, Kiribati termasuk salah satu negara yang berada di posisi paling tidak menguntungkan akibat global warning meskipun negara ini termasuk yang paling sedikit menyumbangkan gas emisi. Emisi Kiribati bahkan kurang dari 2% yang dihasilkan oleh Amerika.

Penduduk Abaiang, Kiribati berdiri di laut tempat rumah mereka dulunya berada [Image Source]
Penduduk Abaiang, Kiribati berdiri di laut tempat rumah mereka dulunya berada [Image Source]
Beberapa desa sudah mengalami banjir karena air pasang yang lebih tinggi dari sebelumnya. Bahkan beberapa pulau kecil yang sering dikunjungi di daerah laguna kini telah tenggelam. Penduduk harus membangun dinding sebagai usaha untuk melindungi pohon-pohon kelapa dan lahan mereka. Penduduk Tarawa, salah satu pulau di Kiribati juga sudah tidak bisa lagi minum air tanah karena terlalu asin akibat tercampur air laut yang meresap ke tanah. Untuk mengantisipasi jika Kiribati benar-benar hilang, presiden Kiribati, Anote Tong harus membeli lahan di Kepulauan Fiji.

Written by Tetalogi

Leave a Reply

modus bikin ilfeel

5 Modus Kaum Adam yang Keseringan Bikin Cewek Ilfeel

Jika di Tempat Lain Tikus Harus Sembunyi, di Sini Tikus Adalah Raja