Jika di Tempat Lain Tikus Harus Sembunyi, di Sini Tikus Adalah Raja

oleh Tetalogi
11:29 AM on Nov 13, 2015

Pada umumnya reaksi seseorang saat melihat seekor tikus besar adalah bergidik karena jijik kemudian dengan segera lari atau mengusir binatang pengerat tersebut. Karena dianggap kotor dan membawa penyakit, maka tidak heran jika binatang tersebut selalu diusir dan dibasmi. Kecuali di tempat khusus ini.

Di India, ada sebuah kuil Hindu yang merupakan surga bagi para Tikus. Di kuil Karni Mata ini, terdapat setidaknya 20 ribu tikus hitam besar yang hidup makmur. Bagaimana tidak, di kuil ini mereka dibiarkan hidup dan berkeliaran, bahkan diberi sajian makanan dan minuman.

Baca Juga
15 Status Resolusi Suka-suka ala Netizen Indonesia, dari Realistis Hingga Bikin Ngakak
Inilah 5 Fakta Makam Keramat di Purwokerto yang Tak Dipindah Meski Ganggu Lalu Lintas

Dari luar, kuil yang dibangun pada tahun 1900an ini tampak seperti kuil Hindu pada umumnya dengan hiasan marmer dan perak. Tidak terlihat tanda-tanda adanya ribuan tikus yang tinggal di dalamnya. Bahkan di dalam ada beberapa patung tikus yang terbuat dari emas. Patung ini adalah hukuman yang harus dibayarkan jika ada yang membunuh tikus yang tinggal di Karni Mata. Hal ini dilakukan sebagai cara untuk mengingatkan orang bahwa menyakiti makhluk apapun itu sama dengan menyakiti diri sendiri.

Tikus berpesta menikmati susu [Image Source]
Tikus berpesta menikmati susu [Image Source]
Memasuki kuil ini, pengunjung tidak diijinkan memakai alas kaki. Jika kebanyakan orang akan menjerit ketakutan jika ada tikus melewati kaki atau ikut memakan makanan mereka, di sini hal tersebut justru dianggap sebagai berkah dan pertanda baik! Beberapa orang bahkan ikut memakan sisa makanan yang sudah digigiti tikus tersebut.

Di Kuil ini, tikus-tikus begitu dihormati. Menurut legenda, anak tiri Karni Mata tenggelam di sebuah kolam dan Karni Mata terlambat menyelamatkannya. Yama, dewa kematian, kemudian menghidupkannya kembali dengan mereinkarnasikan anak Karni Mata tersebut sebagai tikus.

Kuil Karni Mata dan Tikus yang bebas berkeliaran di dalamnya
Kuil Karni Mata dan Tikus yang bebas berkeliaran di dalamnya

Menurut legenda lainnya, ada 20 ribu orang pasukan yang kuat. Namun mereka meninggalkan perang dan kabur, suatu hal yang dianggap sebagai dosa besar dan pelakunya bisa dihukum mati. Karni Mata mengampuni mereka, namun mengubah para pasukan tersebut menjadi tikus dan menawarkan kuil Karni Mata sebagai tempat tinggal.

Bagaimana, mau mencoba berkunjung dan menyapa tikus-tikus di Karni Mata?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Inilah 13 Potret Marion Jola, Finalis Indonesian Idol yang Viral Berkat Video Hotnya 8 Ilustrasi Tentang Kebiasaan Cewek-Cewek Ini Bakal Bikin Kaum Lelaki Gagal Paham 5 Hal Gila yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Thailand 5 Fakta Ngeri Sentinel, Suku Primitif Paling Sadis yang Pernah Ada 4 Anak Raja yang Lebih Memilih Tetap Jadi Atlet Ketimbang ‘Ongkang-Ongkang’ Saja 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya 7 Fenomena ‘Salah Kostum’ Jokowi Ini Sukses Bikin Netizen Bertanya-tanya 10 Ucapan Iseng Saat Foto Nikahan Ini Bikin Ngakak Maksimal, Jangan Ditiru Ya! Miris, Orang-Orang Ini Tewas Saat Ulang Tahun Akibat Dikerjain Temannya Sendiri 10 Meme “Terperangkap Razia”, Jauh Lebih Pahit Ketimbang Ketemu Mantan di Jalan 6 Musisi Indonesia Ini Punya Permintaan Aneh Sebelum Manggung, Ada yang Minta Aqua Galon Buat Mandi Loh Inilah 5 Kisah Pengawetan Pemimpin Bangsa yang Tidak Banyak Diketahui 9 Artis Ini Sok-sokan Update Status Bahasa Inggris, Alhasil Panen Hujatan dari Netizen 5 Ramalan Menakutkan Nostradamus Tentang Tahun 2018, Siap-siap Dibikin Merinding! Menguak Misteri Uang Logam 500 Rupiah Tahun 1991 yang Disebut-Sebut Mengandung Emas Pakai Narkoba Hingga Selingkuh, Ini 4 Kelakuan Istri Pejabat yang Bikin Ngelus Dada Miris! 7 Wanita Cantik Ini Ditemukan Tewas Tanpa Busana, No. 2 Masih Jadi Misteri Pulang Nggak Bawa Piala, 7 Runner Up Indonesian Idol Ini Lebih Tenar daripada Sang Juara 7 Bangunan Paling Membingungkan, Tapi Keren! 5 Penemuan Harta Karun di Indonesia yang Jumlahnya Sanggup Melunasi Semua Hutang Negara
BACA JUGA