Categories: Tips

4 Fakta Tentang Gerhana Matahari Jumat, Benarkah Tanda Kiamat?

Gerhana Jumat pekan ini memang menjadi salah satu gerhana matahari yang cukup disoroti. Ada berbagai isu dan pemberitaan mengenai gejala alam yang satu ini, mulai dari kemungkinan kiamat, dilarang foto dan sebagainya.

Baca Juga :5 Fenomena Alam Eksotis Yang Terjadi di Langit Selain Gerhana Matahari

Gerhana matahari memang merupakan salah satu fenomena alam yang terjadi setiap beberapa tahun sekali. Namun mengingat bumi dan alam yang kita tinggali makin menua, maka ada beberapa hal yang perlu kita ketahui tentang gerhana matahari Jumat ini. Simak ulasan Boombastis kali ini.

1. Gerhana Matahari Jumat Ini Total Dan Langka

Gerhana matahari yang terjadi pada Jumat tanggal 20 Maret ini adalah gerhana matahari total dan disebut sebagai fenomena yang langka. Sebelum ini, gerhana matahari seperti hari ini terjadi pada tahun 1999. Kali ini, gerhana matahari tersebut diliputi oleh munculnya supermoon di mana bulan terlihat sedang dekat dengan bumi.

Gerhana Matahari (cybersulutdaily)

Meski begitu, efek gerhana matahari ini paling terasa hanya di beberapa negara bagian Eropa dan Afrika Utara. Siklus fenomena alam yang disebut vernal equinox ini terjadi 19 tahun sekali. Jadi, peristiwa ini akan terulang lagi pada sekitar 2053-2054.

Selanjutnya : 2. Gerhana Matahari Kali Ini Pertanda Kiamat?

2. Gerhana Matahari Kali Ini Pertanda Kiamat?

Setiap adanya peristiwa alam, para agamawan dan petinggi agama biasanya akan memberikan beberapa himbauan pada umatnya sesuai dengan keyakinan masing-masing. Ada juga yang menyebutkan bahwa ini merupakan tanda-tanda kiamat.

Pertanda Kiamat (ytimg)

Prediksi kiamat juga merupakan akumulasi dari hasil penelitian para ilmuwan yang melihat adanya potensi pecahan komet atau bintang yang bisa menghancurkan kehidupan di bumi. Meski banyak prediksi mengenai fenomena alam yang bisa menghancurkan bumi, namun sesungguhnya hal yang disebut kiamat itu ialah rahasia Sang Pencipta. Beberapa petinggi agama, dari kalangan muslim misalnya, lebih menyarankan untuk mendekatkan diri pada Tuhan supaya tidak termakan rasa paranoid yang belum tentu benar.

3. Larangan Selfie di Saat Gerhana Matahari Jumat

Ada himbauan untuk tidak melakukan selfie ketika gerhana matahari di Jumat ini. Himbauan ini disebutkan oleh beberapa dokter mata melalui media Inggris. Kebiasaan selfie bisa membuat kita tidak sadar melihat matahari secara langsung dan hal ini membahayakan mata seseorang, terutama pada bagian retina.

Selfie (bbci)

Misalnya ketika sedang mengatur settingan kamera ponsel atau menengadah ke langit sehingga tidak sadar melihat ke arah matahari. Resiko mengintai mata Anda bila ini terjadi. “Gerhana matahari merupakan proses yang berlangsung pelan-pelan, bisa saja secara tak sadar orang melihat matahari selama beberapa menit,” kata Daniel McCartney.

4. Indonesia Bisa Melihat Gerhana Matahari Total Tahun 2016

Gerhana matahari Jumat ini memang tidak bisa disaksikan oleh warga Indonesia. Namun kabarnya pada bulan Maret 2016 nanti, beberapa daerah di Indonesia bisa menyaksikan sebuah gerhana matahari total.

Melihat Gerhana (alfido)

Siap-siap saja dengan kacamata khusus untuk bisa melihat gerhana matahari ini. Menurut informasi yang ada, bila nanti ketinggalan momen gerhana di bulan Maret tahun depan, kita harus menunggu hingga tahun 2023.

Baca Juga :5 Penyebab Manusia Akan Punah Menurut Ilmuan Serta Waktu Kepunahan

Itulah beberapa fakta yang perlu Anda ketahui dari gerhana matahari yang terjadi Jumat ini. Perihal tanda kiamat atau tidak, memang pada dasarnya bumi akan menua. Namun kiamat hanya bisa diprediksi tanpa bisa diketahui pasti kapan terjadinya. Berdoa dan hidup sebaik-baiknya, hanya itu yang bisa dilakukan manusia hingga datangnya hal tersebut.

Share
Published by
Orchid

Recent Posts

Seorang Ibu Harus Kehilangan Bayinya karena Dipijat Nenek Buyut Sejak Baru Lahir

Siapa sangka sebuah pijatan yang bisa merelaksasi dan menyembuhkan penyakit pada orang dewasa, bisa berujung…

13 hours ago

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap Usai Pesta Ganja Pakai Modus Baru Rokok Elektrik

Nama selebgram Chandrika Chika terseret pada kasus penyalahgunaan narkoba yang baru-baru ini terungkap. Tidak sendirian,…

3 days ago

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

5 days ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

2 weeks ago

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek Sebabkan 12 Orang Meninggal Dunia Seketika

Kecelakaan maut terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, tepatnya pada Km 58, pada hari…

2 weeks ago

Misteri Kematian Ibu Muda di Gresik, Uang Raib hingga Saksi Ditemukan Meninggal

Misteri masih menyelimuti kematian seorang ibu muda di Gresik bernama Wardatun Toyyibah. Perempuan berusia 28…

4 weeks ago