25 Kota di Dunia yang Dipenuhi Gelandangan, Jakarta Masuk 10 Besar!

oleh Admin
07:00 AM on Dec 8, 2014

Pernahkah Anda membayangkan kota-kota besar yang menjadi tujuan traveling favorit para traveler dari seluruh penjuru dunia tidak lepas dari masalah gelandangan? Seberapapun majunya suatu negara ternyata belum menjamin semua warganya hidup enak. Bahkan kota-kota maju seperti Los Angeles, New York, dan Moscow masuk ke dalam jajaran 5 besar kota paling banyak gelandangannya. Wow, tentu hal ini menjadi sangat mengagetkan.

Baca Juga :15 Hal Gila yang Hanya Dapat Ditemukan di Jepang

Menurut Komisi Perserikatan Bangsa-Bangsa yang menangani Hak Asasi Manusia, ada sekitar 100 juta orang kehilangan tempat tinggal di seluruh dunia. Tentu ini adalah statistik yang mengejutkan mengingat sebagian besar kota yang masuk dalam daftar kota dengan jumlah gelandangan paling ekstrim di dunia ini adalah kota-kota besar yang terkenal sangat makmur. Berikut 25 daftar kota-kota di dunia dengan populasi gelandangan terbesar.

Baca Juga
Inilah 10 Meme, “Yang, di Rumah Lagi Sepi” Dijamin Bikin Kamu Ngakak Sekaligus Gagal Fokus
Inilah Kabar 5 Personel Westlife, Boyband Berkualitas yang Pernah Digilai Kids Zaman Old

1. Manila, Filipina – Negara Peringkat 1 dengan Jumlah Populasi Gelandangan di Dunia

Menurut data dari Tunawisma Internasional, ada sekitar 22,8 juta gelandangan yang tinggal di daerah kumuh. Dan menurut sebuah laporan pemerintah Filipina, di negaranya terdapat 1,2 juta gelandangan yang tersebar diseluruh bagian negara itu. Para gelandangan ini mayoritas terdiri dari anak-anak yang hidup mengemis dan menjajakan dagangan di perempatan jalan. Dari data tersebut ada lebih dari 70.000 tunawisma berasal dari Metro Manila saja.

Sekumpulan anak gelandangan di Manila (c) angryarabscommentsection.blogspot.com
Sekumpulan anak gelandangan di Manila (c) angryarabscommentsection.blogspot.com

Sebenarnya tidak semua gelandangan di Filipina ini disebabkan karena kemiskinan namun ada hal lain yang menjadi faktor penyebab banyaknya warga yang kehilangan tempat tinggal. Misalnya saja bencana alam yang sering terjadi di negara itu juga berkontribusi besar terhadap meningkatnya jumlah tunawisma di sana.

2. Kota New York, Amerika – Ibu Kota Dunia Yang Penuh Gelandangan

Berdasarkan data yang diambil pada tahun 2013, jumlah gelandangan yang setiap malam tidur di tempat penampungan yang berada di kota New York sudah lebih dari 60 ribu orang. Dari sekian itu 22 ribu diantaranya adalah anak-anak. Krisis tunawisma di kota itu ditengarai akibat kurangnya inisiatif bantuan perumahan yang disediakan pemerintah daerah kepada keluarga yang kurang mampu.

Seorang gelandangan tidur di pinggir jalan kota New York (c) thenewyorkcityminute.com
Seorang gelandangan tidur di pinggir jalan kota New York (c) thenewyorkcityminute.com

Fakta ini cukup mencengangkan jika dilihat bagaimana majunya kota itu bahkan kota ini menjadi panutan kota-kota lain di dunia hingga diberi gelar sebagai Ibu Kota Dunia atau Kota yang Tak Pernah Tidur. Gelandangan yang single menduduki jumlah tertinggi di New York dibanding yang sudah berkeluarga. Mereka dapat ditemui di tangga-tangga subway, hingga di dalam gerbong kereta api. Pernah melihat mereka selama di New York?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Inilah 13 Potret Marion Jola, Finalis Indonesian Idol yang Viral Berkat Video Hotnya 8 Ilustrasi Tentang Kebiasaan Cewek-Cewek Ini Bakal Bikin Kaum Lelaki Gagal Paham 4 Anak Raja yang Lebih Memilih Tetap Jadi Atlet Ketimbang ‘Ongkang-Ongkang’ Saja 10 Meme “Terperangkap Razia”, Jauh Lebih Pahit Ketimbang Ketemu Mantan di Jalan 5 Fakta Ngeri Sentinel, Suku Primitif Paling Sadis yang Pernah Ada 10 Ucapan Iseng Saat Foto Nikahan Ini Bikin Ngakak Maksimal, Jangan Ditiru Ya! Miris, Orang-Orang Ini Tewas Saat Ulang Tahun Akibat Dikerjain Temannya Sendiri 5 Hal Gila yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Thailand Lama Tak Terdengar, Beginilah Kabar Gayus Tambunan, ‘Sang Koruptor’ Kelas Kakap Inilah 5 Kisah Pengawetan Pemimpin Bangsa yang Tidak Banyak Diketahui 7 Fenomena ‘Salah Kostum’ Jokowi Ini Sukses Bikin Netizen Bertanya-tanya 5 Penemuan Harta Karun di Indonesia yang Jumlahnya Sanggup Melunasi Semua Hutang Negara Uang Bukan Incaran, Inilah 4 Fakta Begal Payudara yang Ternyata Gak Kalah Berbahaya 9 Artis Ini Sok-sokan Update Status Bahasa Inggris, Alhasil Panen Hujatan dari Netizen Pulang Nggak Bawa Piala, 7 Runner Up Indonesian Idol Ini Lebih Tenar daripada Sang Juara 6 Musisi Indonesia Ini Punya Permintaan Aneh Sebelum Manggung, Ada yang Minta Aqua Galon Buat Mandi Loh Menguak Misteri Uang Logam 500 Rupiah Tahun 1991 yang Disebut-Sebut Mengandung Emas 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya Pakai Narkoba Hingga Selingkuh, Ini 4 Kelakuan Istri Pejabat yang Bikin Ngelus Dada Mengenal Phu Quoc, Penjara Super Sadis yang Terapkan ‘Siksa Neraka’ di Vietnam
BACA JUGA