6 Sosok Tersembunyi di Balik Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

oleh Rahma Muliani
12:00 PM on Aug 18, 2015

17 Agustus 1945 adalah hari yang sangat berharga bagi bangsa Indonesia. Karena pada hari itulah, Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya. Dua tokoh yang sangat berjasa berkaitan dengan hari tersebut adalah Ir. Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta yang saat ini kita kenal dengan sebutan ‘Sang Proklamator’.

Tapi ternyata, tidak hanya dua nama tersebut yang turut andil dalam proklamasi Indonesia. Masih ada tokoh-tokoh lain yang juga mempunyai peran tak kalah penting pada tanggal 17 Agustus tersebut. Siapa sajakah mereka? Kita simak dibawah ini yuk.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

1. Frans Mendur dan Alex Mendur

Kita tentu sudah sering melihat foto-foto saat detik-detik kemerdekaan Indonesia di buku sejarah, koran-koran, majalah, bahkan internet. Foto momen berharga tersebut adalah hasil karya dua orang fotografer, Frans Mendur dan Alex Mendur. Hanya dua orang kakak beradik inilah yang mengambil momen detik-detik Kemerdekaan Indonesia.

Frans Mendur dan Alex Mendur
Frans Mendur dan Alex Mendur [ImageSource]
Namun sayang, Alex Mendur tertangkap oleh tentara Jepang dan kamera miliknya telah dirampas. Beruntung Frans Mendur dapat meloloskan diri dan mengubur negatif film nya di bawah pohon. Negatif film itu sendiri berisi foto-foto seperti saat Presiden Soekarno membacakan teks proklamasi dan saat pengibaran Bendera Pusaka.

2. Abdul Latief Hendraningrat

Setelah Presiden Soekarno membacakan teks Proklamasi, bendera yang dijahit oleh Ibu Fatmawati pun segera dikibarkan. Bendera Pusaka tersebut kemudian dinaikkan untuk pertama kalinya, hanya pada sebuah tiang bambu.

Suasana Saat Bendera Pusaka Dikibarkan Untuk Pertama Kalinya
Suasana Saat Bendera Pusaka Dikibarkan Untuk Pertama Kalinya [ImageSource]
Orang yang menggerek Bendera Pusaka tersebut adalah Abdul Latief Hendraningrat, seorang prajurit PETA. Awalnya Trimurti lah yang diminta sang presiden untuk menaikkan bendera, akan tetapi beliau menolak. Akhirnya dengan inisiatifnya, Latief pun menaikkan bendera tersebut dan dibantu oleh seseorang bernama Suhud Sastro Kusumo

3. Moewardi

Moewardi adalah seorang dokter yang turut memberikan sambutan sebelum Sang Proklamator membacakan naskah Proklamasi pada tanggal 17 Agustus 1945. Beliau membacakan sebuah teks yang kini kita kenal dengan nama ‘Undang-Undang Dasar 1945’.

Moewardi, Orang Yang Membacakan UUD 1945 Saat Hari Proklamasi
Moewardi, Orang Yang Membacakan UUD 1945 Saat Hari Proklamasi [ImageSource]
Undang-Undang Dasar 1945 itu sendiri disusun oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia. Sayangnya, tidak banyak yang mengenali sosok ini. Karena memang peristiwa pembacaan UUD 1945 ini tidak banyak dipublikasikan.

4. Sayuti Melik

Naskah Proklamasi yang dirumuskan oleh Soekarno, Mohammad Hatta dan Achmad Soebardjo ditulis oleh tulisan tangan Soekarno. Naskah itulah yang disebut-sebut dengan naskah ‘Proklamasi Klad’. Setelah itu, Sayuti Melik diminta Soekarno untuk mengetiknya.

Sayuti Melik, Orang Yang Mengetik Naskah Proklamasi
Sayuti Melik, Orang Yang Mengetik Naskah Proklamasi [ImageSource]
Sayuti Melik mengetik naskah Proklamasi tersebut dengan mesin ketik yang ia ambil dari kantor perwakilan AL Jerman, milik Mayor (Laut) DR. Hermann Kandeler. Naskah yang diketik oleh Sayuti Melik dsebut naskah ‘Proklamasi Otentik’.

5. B.M Diah

Setelah naskah Proklamasi Otentik selesai, kertas tempat Soekarno menulis naskah Proklamasi Klad ditinggal begitu saja di rumah Lasamana Muda Maeda. Mungkin karena seluruh hadirin begitu terburu-buru untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

B. M Diah, Menemukan Naskah Proklamasi Klad Di Tempat Sampah
B. M Diah, Menemukan Naskah Proklamasi Klad di Tempat Sampah [ImageSource]
Beruntung seorang wartawan bernama Burhanuddin Mohammad Diah menemukan naskah bersejarah tersebut di dalam tempat sampah. Ia pun kemudian menyimpannya selama 46 tahun 9 bulan 19 hari, hingga akhirnya diserahkan kepada Presiden Soeharto pada 29 Mei 1992.

6. Jusuf Ronodipuro

Suatu negara bisa dikatakan merdeka jika kemerdekaan tersebut sudah diakui oleh negara lain. Maka dari itulah, dunia harus tau bahwa Indonesia telah merdeka. Orang yang paling berjasa dalam hal ini adalah Jusuf Ronodipuro.

Jusuf Ronodipoero, Penyiar Yang Menyebarkan Kemerdekaan Indonesia Lewat Radio Jepang - (c)wikimedia
Penyiar Yang Menyebarkan Kemerdekaan Indonesia Lewat Radio Jepang [ImageSource]
Beliau adalah seorang penyiar Radio Hoso Kyoku. Dialah yang membacakan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia lewat radio dalam siaran mancanegara. Dia melakukan itu secara diam-diam dan untuk mengelabuhi pihak Jepang, siaran dalam negri tetap berjalan seperti biasa.

Itulah tadi beberapa pihak yang turut andil dalam Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Sudah sepantasnya kita menghargai keberanian dan perjuangan mereka. Tanpa mereka, entah bagaimana nasib tanah air kita yang tercinta ini, Indonesia.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA