Categories: Trending

5 Fosil Manusia Rawa Mengerikan ini Bukti Tumbal Manusia di Masa Lalu

Yang kita tahu, fosil manusia biasanya ditemukan dalam bentuk tulang belulang saja, atau dalam bentuk mumi yang tertutup oleh lilitan kain. Selebihnya fosil manusia jarang sekali ditemukan dalam bentuk yang lumayan utuh. Hingga bog body ditemukan di rawa-rawa yang memiliki kadar oksigen sangat rendah.

LIHAT JUGA: Inilah 7 Hewan Purba yang Pernah Tinggal dan Punah di Indonesia

Bog body adalah fosil tubuh manusia yang ditemukan di rawa-rawa dalam bentuk yang masih utuh. Lingkungan yang tidak memiliki oksigen membuat tubuh menjadi awet dan tidak membusuk. Akhirnya tubuh ini mengalami reaksi kimia hingga wujudnya menjadi hitam mengerikan. Inilah fosil manusia rawa yang konon juga merupakan tumbal di masa lalu.

1. Tollund Man – Denmark

Tollund Man adalah bog body yang ditemukan di daerah Bjaeldskovdal Denmark. Fosil ini ditemukan pada tahun 1950 oleh Viggo dan Emil Hojgaard. Tubuh dari fosil ini ditemukan di dalam rawa yang sangat pekat dengan kedalaman sekitar 2 meter. Tubuh dari Tollund Man masih utuh lengkap dengan bajunya yang ikut menjadi hitam pekat.

Tollund Man [image source]
Berdasarkan analisis karbon yang dilakukan oleh peneliti, Tollund Man berasal dari abad ke-4 sebelum masehi. Artinya lebih dari 2.000 tahun terpendam di dalam lumpur. Kematian dari Tollund Man adalah dengan digantung hingga kehabisan napas. Ia lalu dipendam di dalam lumpur hingga akhirnya ditemukan. Kematian dari Tollund Man masih penuh misteri namun ada spekulasi yang mengatakan jika ia digunakan untuk ritual.

2. Grauballe Man – Denmark

Bog body yang dijuluki sebagai Grauballe Man ditemukan di kawasan rawa dekat desa Grauballe, Jutlan, Denmark. Grauballe Man ditemukan pertama kali pada tahun 1952. Tubuh dari Grauballe Man juga menghitam dengan pekat seperti Tollund Man. Hal ini terjadi karena proses kimiawi dalam tubuh yang berlangsung selama 2 milenium.

Grauballe Man [image source]
Ilmuwan yang menemukan Grauballe Man mengatakan jika tubuh ini sengat dipendam di dalam rawa. Ia adalah korban tumbal yang dilakukan oleh suku-suku di era Zaman Besi Jerman. Kala itu kepercayaan seperti Paganisme masih sangat kuat. Mereka banyak sekali melakukan eksekusi mati untuk tujuan ritual. Grauballe Man diperkirakan berusia 30 tahun saat digunakan sebagai tumbal.

3. Yde Girl – Belanda

Yde Girl adalah bog body yang ditemukan di desa Yde, Belanda pada tahun 1897. Menurut uji karbon yang dilakukan oleh peneliti, usia Yde Girl memiliki usia lebih dari 2.000 tahun. Atau tepatnya berasal dari dari tahun 54 sebelum masehi. Fosil ini terpendam di kedalaman 137 centimeter sebelum akhirnya diangkat dan diteliti hingga sekarang.

Yde Girl [image source]
Yde Girl meninggal dunia saat berusia 16 tahun. Di leher Yde Girl terdapat tali yang terbuat dari kain wol. Terdapat juga bekas tusukan di tulang selangka sebelah kiri. Hal inilah yang menyebabkan kematian dari Yde Girl. Setelah mati ia dikubur di dalam lumpur hingga ditemukan lagi 2 milenium kemudian.

4. Elling Woman – Denmark

Elling Woman adalah tubuh lain yang ditemukan di Bjaeldskovdal, Denmark. Ia mati dengan digantung menggunakan tali saat eksekusi lalu dikubur di dalam rawa dengan kedalaman sekitar 7 meter. Peneliti yang menemukan Elling Women mengatakan jika ia mati saat berusia 25 tahun. Kemungkinan Elling Women dibunuh untuk keperluan ritual persembahan yang dilakukan kaum paganisme.

Elling Woman [image source]
Elling Women pertama kali ditemukan pada tahun 1938 dan berasal dari zaman besi kuno kuno. Tubuh dari Elling Women dalam keadaan menghitam. Rambut dari Elling Women ditemukan dalam keadaan utuh. Bahkan masih kelihatan polanya yang mirip sekali dengan untaian ekor kuda.

5. Lindow Man – Inggris

Lindow Man adalah bog body lain yang ditemukan di temukan di Inggris pada tahun 1984. Lindow Man mati karena pukulan di kepala sebanyak dua kali. Lalu terdapat juga beberapa retakan di dekat tulang leher. Ia meninggal karena gegar otak yang cukup parah sebelum akhirnya dimasukkan di dalam lumpur hingga bertahan dan tidak membusuk.

Lindow Man [image source]
Tubuh dari Lindow Man diperkirakan telah berusia sekitar 2.000 tahun. Selama di dalam lumpur tubuh manusia ini tidak membusuk. Ia ditemukan dalam keadaan tidak memakai pakaian dan terdapat tali pada tangan sebelah kiri.

LIHAT JUGA: 5 Negara Tanpa Samudra ini Masih Punya Angkatan Laut yang Hebat

Inilah lima fosil manusia rawa yang menjadi bukti adanya tumbal manusia. Di masa lalu mereka dibunuh untuk dikorbankan lalu dimasukkan ke dalam rawa hingga tubuhnya tak bisa membusuk. Keberadaan mereka menjadi bukti jika di masa lalu kepercayaan yang dianut oleh banyak orang sangat mengerikan.

Share
Published by
Adi Nugroho

Recent Posts

Caleg Ini Hentikan Aliran Air dari Sumur Miliknya Setelah Gagal, Ternyata Ini Alasannya

Masih banyak daerah di Indonesia yang tidak mendapatkan akses air bersih dengan mudah. Seperti para…

1 month ago

Punya Senyum Manis, Perempuan Asal Solo Ini Disebut Mirip Banget dengan Pevita Pearce

Pernah dengar kalau setiap orang di dunia ini punya 7 kembaran, alias orang yang sangat…

1 month ago

Putra Raja Thailand Kembali Setelah 27 Tahun Diasingkan, Jadi Penerus Takhta Selanjutnya?

Kembalinya Vacharaesorn Vivacharawongse, putra tertua kedua Raja Thailand Maha Vajiralongkorn, ke Thailand pada awal bulan…

2 months ago

Terungkap Situs Jual Beli Sertifikat Gelar Habib, Penipu Raup 18 Juta

Belakangan ramai perihal terungkapnya kasus penipuan lisensi gelar “habib”, di mana seorang pemuda memperjualbelikannya dengan…

2 months ago

Waduh! Anggaran Baju Dinas DPRD DKI Mencapai 3 Miliar, Ternyata Ada Pin Emas 24 Karat

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuat heboh publik lantaran anggaran dana pembelanjaan untuk pakaian dinas dan…

2 months ago

Gus Samsudin dan 2 Saksi Ditetapkan Jadi Tersangka Setelah Pembuatan Video Kontroversial

Nama Samsudin Jadab, atau lebih dikenal sebagai Gus Samsudin, kembali mencuat ke permukaan. Bukan lagi…

2 months ago