in

Football Leaks, ‘James Bond’ Sepak Bola yang Kerap Mengungkap Borok Memalukan

Bila kalian diberikan klu berupa musik dengan tempo cepat ditambah alunan nada dramatis dan kode 007, kira apa-apa yang terlintas dalam pikiranmu? Yaa betul sekali, merupakan sebuah ciri khas penggambaran agen rahasia asal Inggris bernama James Bond. Dalam karakternya di film, pria jenius itu, terlihat hadir dalam misi-misi sulit membongkar sebuah kemungkaran. Dari mulai senjata rahasia sampai penyeludupan barang-barang haram seperti narkotika.

Seperti menjadi perwujudan dari narasi tadi, Football Leaks juga kerap disebut penggambaran agen 007 di jagad sepak bola. Hal ini tentu bukan tanpa sebab, pasalnya, kanal berita satu ini kerap diam-diam memaparkan sebuah ‘kebobrokan’ dalam sepak bola khsususnya di Eropa. Meski investigasinya kerap megejutkan, namun apa yang mereka ungkapkan membuat para insan bola tahun hal-hal tak kasat mata di olahraga termasyur di dunia tersebut.

Berawal dari sebuah blog

Ilustrasi aksi Football talks [Sumber Gambar]
Meski namanya kini mulai banyak diperbincangkan, tapi Football Leaks mulai dikenal dengan sesuatu yang sederhana. Mereka yang diketahui keberadaannya pada tahun 2005, memulai mencuat lewat sebuah blog bernama footballleaks2015.wordpress.com. Sebelum hal tersebut Live Jurnal menjadi tempat mereka melakukan aksi. Di awal kemunculannya, banyak data-data tentang dokumen resmi sepak bola banyak dihadirkan. Dari penelusuran penulis, kanal satu itu acap kali melempar data mulai dari kontrak pemain sampai surat resmi yang memang jarang diketahui khalayak.

Mempunyai pekerjaan yang tidaklah mudah

Kejahatan mengintai [Sumber Gambar]
Walaupun bukan memulai dengan hal-hal besar, namun saat ini bisa dibilang pekerjaan mereka menyimpan sebuah resiko. Seperti yang diketahui mengungkap sebuah kebenaran dan hal yang sangat mungkin memicu kontroversi harga yang harus tentu sangat tinggi. Contohnya adalah gangguan dari pihak yang tidak suka dengan apa yang dilakukan mereka. Tapi, hingga tulisan dituliskan belum terdengar kabar gangguan kepada mereka. Salah satu, kiprah besar Football Leaks ketika mengungkap skandal pajak yang sempat menimpa beberapa bintang Liga Spanyol. Beberapa perdagangan manusia dengan dalil sepak bola dari Afrika ke Eropa juga sempat mereka usut.

Memiliki tujuan mulia untuk pencinta sepak bola

Pemain Tweente [Sumber Gambar]
Sebagai sebuah situs yang mempunyai kerja menyebarkan data-data rahasia, Football Leaks ternyata bergerak dengan sesuatu harapan yang mulia. Dilansir Boombastis.com dari PanditFootball, mengajak semua pihak untuk mengetahui kecurangan-kecurangan yang ada di sepakbola. Masih terkait mereka, dikabarkan kalau situs satu ini mempunyai sekitar 18,6 juta dokumen (termasuk kontrak, isi surel terkait, dan data-data lain) untuk diteliti. Selain itu juga dilengkapi oleh anggota EIC yang konon merupakan 60 jurnalis dari 12 media di Eropa.

Pada tahun ini Ronaldo terkena investigasinya

Cristiano Ronaldo [Sumber Gambar]
Selain kasus pajak tadi, beberapa waktu lalu tempatnya di tahun 2018 Bintang Portugal yakni Cristiano Ronaldo terkena investigasinya. Pemain Juventus itu dikabarkan oleh mereka sempat melakukan tindakan asusila terhadap seorang wanita di Amerika Serikat. Beberapa kasus yang di balik tirai pemain dan klub sepak bola juga sempat dibongkarnya. Seperti salah satu contohnya kasus melanggar aturan yang dilakukan klub FC Twente.

BACA JUGA: Disebut Bandar Pengaturan Skor di Sepak Bola Indonesia, Siapa Sebenarnya Vigit Waluyo?

Hebat agaknya bukanlah hal berlebihan untuk menggambarkan kinerja dari Football Leaks. Pasalnya apa yang dilakukannya bukanlah hal sepele, ditumbuhkan 1000 kali keberanian untuk melakukannya. Berkaca dari mereka, mungkin induk organisasi kita bisa menggunakan mereka untuk mengungkap kasus mafia bola.

Written by Galih

Galih R Prasetyo,Lahir di Kediri, Anak pertama dari dua bersaudara. Bergabung dengan Boombastis.com pada tahun 2017,Merupakan salah satu Penulis Konten di sana. Lulusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang. Awalnya ingin menjadi pemain Sepak Bola tapi waktu dan ruang justru mengantarkan Ke Profesinya sekarang. Mencintai sepak
bola dan semua isinya. Tukang analisis Receh dari pergolakan masyarakat Indonesia.

Leave a Reply

Aksi 812, Gerakan Rakyat Malaysia yang Menentang Konvensi anti-diskriminasi Buatan PBB

Sering Menunggak Membayar Tagihan Listrik, Begini Sanksi yang Bakal Kamu Dapat