in

Greget Abis! 5 Film Ini Miliki Kisah yang Sama dengan ‘Papa’ Setnov Ketika Dicyduk KPK

Drama besar yang dilakukan oleh tersangka kasus korupsi E-KTP Setya Novanto makin beringas. Kala itu, ia dipanggil KPK untuk diperiksa, namun beralasan sedang tidak sehat hingga harus dirawat di rumah sakit. Setelah dinyatakan bebas, ia pun mengaku sudah sembuh dan diizinkan keluar.

Anehnya, baru beberapa hari tidak menjadi tersangka, Setnov kembali mengaku dirinya tak sehat ketika kemarin dipanggil lagi oleh KPK. Bahkan rumahnya pun dikepung dan dijaga ketat karena sekarang dirinya menghilang. Plot ini sudah persis di film-film saja, ya nggak sih boombers? Sehingga penulis berpikir mungkin drama besar Setnov ini terinspirasi dari beberapa film berikut.

1. Catch Me If You Can (2002), Penipu Ulung yang Beruntung

Film yang dibintangi oleh aktor Titanic, Leonardo DiCaprio, ini masih terkenal hingga sekarang. Pasalnya, film ini memiliki cerita yang cukup unik dan menarik. Ajaibnya lagi, ternyata film ini diangkat dari kisah nyata!

Bernama Frank Abagnale Jr, pria yang jadi karakter utama di sini belum mencapai usianya yang ke 20 tahun, namun sudah berani melakukan hal-hal gila, seperti memalsukan cek atau dokumen negara lainnya. Meski sudah melakukan penipuan berkali-kali, pihak interpol kesusahan menangkapnya karena cara-caranya yang brilian untuk kabur setiap akan ditangkap. Mirip dengan drama Setya Novanto bukan?

2. VIPs (2011), Catch Me If You Can Versi Brazil

Bukan berasal dari Brazil, film ini merupakan karya asli Netflix stasiun televisi Amerika, hanya saja setting tempatnya berada di Brazil. Karakter Frank Abagnale Jr di sini berganti menjadi Marcelo Nascimento da Roch yang diperankan oleh aktor Brazil, Wagner Moura. Sama seperti karakter Frank yang pandai mengarang cerita alias menipu, Marcelo pun begitu.

Namun, di film ini penipuan yang tampak bukanlah pemalsuan dokumen, tapi pembajakan pesawat. Ia mempengaruhi sang pilot untuk mengajarinya menerbangkan pesawat dengan cerita-cerita yang dikarangnya. Alhasil, dirinya menjadi orang yang paling diburu oleh polisi kala itu.

3. Public Enemies (2009), Paling Mirip dengan Keadaan Setnov Sekarang

Film yang dibintangi oleh Johny Depp ini merupakan sebuah karya adaptasi dari novel yang berjudul sama dari penulis Bryan Burrough. Menceritakan tentang seorang buronan FBI nomor satu yang telah merampok banyak bank. Ia pun membuat geram masyarakat sehingga dijuluki Public Enemies atau musuh bersama.

Dilihat dari judul saja sudah terlihat bagaimana hal tersebut mendeskripsikan Setya Novanto. Karakter John Dillinger yang diperankan oleh Johny Depp ini pun susah banget loh dicari ketika mau akan diperiksa. Persis banget deh dengan apa yang sedang dihadapi KPK sekarang.

4. The Wolf of Wall Street (2013), Kisahnya Patut Dijadikan Pelajaran

Wall Street, salah satu sudut di New York, Amerika, merupakan tempat kerja impian semua orang. Bagaimana tidak? Perputaran uang yang cepat dan bahkan dengan sekejap bisa membuatmu kaya raya. Hal tersebut dialami oleh Jordan Belfort, seorang broker kaya raya yang kisahnya lalu diangkat menjadi sebuah film.

The Wolf of Wall Street mendapuk, lagi-lagi, Leonardo DiCaprio menjadi karakter utamanya, yaitu broker Jordan Belfort. Ia sangat kaya raya, namun jatuh atas keserakahannya akibat korupsi yang akhirnya membuat ia diburu pemerintah. Nggak asing ya kisahnya dengan kasus korupsi di Indonesia? Bedanya kali ini yang dikorupsi adalah uang E-KTP dan bukannya saham.

5. Minority Report (2002), Keteguhan Seorang Polisi

Bukan penjahat yang banyak disoroti dalam karya satu ini, namun sang polisi yang pantang menyerah. Kejahatan yang dilakukan pun lebih menyeramkan dari sekedar kasus korupsi, hal tersebut adalah penemuan yang akan menghancurkan dunia. Polisi yang diperankan oleh Tom Cruise di sini merupakan karakter jempolan.

Hal tersebut dikarenakan ia pantang menyerah dan dengan sigap banyak menemukan bukti-bukti tentang adanya kejahatan tersebut. Karakter John Anderton yang diperankan Tom Cruise ini sedikit banyak mengingatkan kita pada KPK. Bagaimana mereka pantang menyerah hingga bertahan selama 5 jam dalam menggeledah rumah Setnov dan meminta agar dirinya segera muncul.

Itulah kelima film yang sedikit banyak memiliki alur cerita yang sama dengan kasus kejahatan yang sedang kita hadapi bersama. Meski pada akhirnya semua penjahat di film tersebut ditangkap, kita masih belum tahu nasib tersangka buruan KPK yang sedang menghilang ini nantinya bagaimana. Baiknya berdoa sajalah, agar kasus korupsi E-KTP yang bikin geregetan ini segera mendapat titik temu. Setuju?

Written by Harsadakara

English Literature Graduate. A part time writer and full time cancerian dreamer who love to read. Joining Boombastis.com in August 2017. I cook words of socio-culture, people, and entertainment world for making a delicious writing, not only serving but worth reading. Mind to share your thoughts with a cup of asian dolce latte?

Leave a Reply

Kerja Cuma Satu Jam Sambil Ongkang-ongkang, PNS di Negara Ini Bisa Beli Mobil Tiap Bulan

5 Aksesoris ‘Printilan’ Milik Syahrini Ini Harganya Jauh Lebih Tinggi dari Gajimu Selama Sebulan