Leonard DiCaprio bisa dibilang sebagai sosok pria paling terkenal di Hollywood. Ia sudah sering wara-wiri di televisi dan film layar lebar sejak masih kecil. Seiring berjalannya waktu, ia menjadi sosok aktor yang paling disukai di antara aktor dan aktris lainnya.

BACA JUGA: 5 Fakta Sangar Jenghis Khan, si Penguasa Dunia Paling Jumawa Sepanjang Sejarah

Leo memang selalu menjadi sorotan di hampir setiap saat. Tapi ternyata ada berbagai sisi dari dirinya yang tidak banyak diketahui orang. Berikut ini adalah beberapa fakta tentang Leonardo DiCaprio yang membuatnya makin dikagumi.

Artikel Lainnya
Ryuji Utomo Sudah Move On dari Ariel Tatum, Ini 10 Potret Pacar Barunya yang Tak Kalah Cantik
Balada Freeport, Gunung Emas Nusantara yang Malah Membuat Rakyatnya Semakin Miskin

1. Tidak Pernah Menggunakan Obat-obatan Terlarang

Jika biasanya artis Hollywood dikaitkan dengan obat-obatan terlarang atau setidaknya pernah kedapatan mengonsumsinya, lain halnya dengan Leonardo DiCaprio. Ia tidak pernah menyentuh obat-obatan terlarang sama sekali dalam hidupnya. Menurut Leo, ia dulu miskin dan hal ini membantunya menjauh dari kebiasaan buruk tersebut meski rekan-rekannya di Hollywood banyak yang memakai.

Leonardo Dicaprio minum Wine [Image Source]
Leonardo Dicaprio minum Wine [Image Source]
Sejak usia 3 atau 4 tahun, ia juga sudah sering melihat atau ada di sekitar obat-obatan terlarang tersebut. Karena itulah keinginan untuk mencoba juga tidak ada begitu ia mulai dewasa. Bahkan untuk perannya di film “The Wolf of Wall Street” sebagai karakter yang menggunakan obat-obatan terlarang, ia dan rekannya Jonah Hill harus berkonsultasi dengan ahli obat-obatan.

2. Punya Seorang Anak Perempuan

Saat sedang syuting film “Blood Diamond”, Leo bekerja dengan 24 anak yatim piatu dari panti asuhan SOS Children di desa Maputo, Mozambique. Panti asuhan tersebut adalah rumah bagi anak-anak tanpa orang tua akibat perang, kemiskinan, dan penyakit. Masalah-masalah tersebut telah menggerogoti negara tersebut selama bertahun-tahun.

Leonardo di Film Blood Diamond [Image Source]
Leonardo di Film Blood Diamond [Image Source]
Leo sangat menyukai waktu yang ia habiskan bersama mereka. Kemudian ada satu gadis kecil yang begitu dekat dengannya dan akhirnya Leo memutuskan untuk mengadopsinya. Leo memang tidak secara langsung membawa gadis tersebut untuk hidup dengannya, tapi ia mengiriminya uang tiap bulan untuk memenuhi kebutuhan gadis kecil tersebut dan selalu menghubunginya setiap waktu agar selalu bisa tahu kondisinya.

3. Orang yang Irit

Saat masih muda dan suka minum, Leonardo sering berkunjung ke bar, tapi ia terkenal pelit karena tidak pernah memberi tip ke bar atau klub manapun yang sering ia kunjungi. Meski begitu, menurut standard saat ini ia lebih bersifat hemat daripada pelit. Ia menggunakan uangnya dengan cara yang bisa dibilang baik.

Leo dan mobilnya [Image Source]
Leo dan mobilnya [Image Source]
Sebagai contoh, meski ia termasuk aktor yang kaya dan banyak harta, ia tidak menggunakan uangnya untuk membeli mobil-mobil mahal. Mobilnya hanya satu yaitu Toyota Prius. Jika kebanyakan bintang dengan kepopuleran dan kekayaan yang sama dengannya memilih membeli jet prbadi, Leo lebih suka naik pesawat komersil dengan alasan agar hemat dan untuk melindungi bumi dari emisi yang tidak perlu. Ia juga merupakan salah satu sosok yang paling sering memberikan donasi untuk mendukung kepentingan lingkungan dan beberapa hal lain yang menurutnya penting.

4. Punya Merek Kopi Kelas Atas Sendiri

Karena kepeduliannya terhadap lingkungan, Leo memilih untuk berkolaborasi dengan pemanggang kopi nasional, La Colombre Torrefaction, untuk kerjasama donasi. Bersama, mereka menciptakan kopi kelas atas yang disebut LYON. Dengan kerjasama ini, 100 persen keuntungan dari kopi ini kemudian disumbangkan untuk kepentingan membantu lingkungan yang ia dukung bersama yayasan miliknya, Leonardo DiCaprio Foundation.

Merek kopi Leo [Image Source]
Merek kopi Leo [Image Source]
Menurut La Colombre Torrefaction, kopi tersebut dijelaskan sebagai kopi yang lembut dan manis seperti madu. Kopi ini dibuat dari kopi yang ditanam di pegunungan Haiti, Peru, Ethiopia dan Brazil. Leo menyebutkan pentingnya meningkatkan kesadaran masyarakat tentang isu lingkungan yang saat ini terjadi.

5. Sangat Murah Hati

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Leo suka memberi. Ia juga sangat mempedulikan banyak hal dan suka memberikan dana bantuan. Di tahun 2013 saja, Leo telah memberikan dan mengumpulkan jutaan dollar untuk banyak kepentingan. Ia mengadakan lelang untuk menjual karya seni penting dan menggalang dana 31,7 juta dollar untuk sumbangan. Ia juga mengumpulkan 3 juta untuk menyelamatkan harimau di Nepal.

Leonardo dan yayasannya [Image Source]
Leonardo dan yayasannya [Image Source]
Itu cuma yang terlihat saja. Ia terus memberikan donasi untuk penyelamatan harimau, memberikan 3 juta dollar untuk melindungi satwa dan kehidupan laut, dan bersama Kate Winslet mendonasikan dana untuk korban Titanic yang masih hidup, dan masih banyak lagi.

6. Dua Kali Hampir Mati

Pada tahun 2006, Leo mengikuti ekspedisi menyelam di Cape Town, Afrika Selatan. Saat itulah ia diserang oleh hiu putih. Hiu tersebut sebenarnya mengejar tuna dan ternyata ia tersangkut di sangkar tempat Leo berada di bawah air. Reaksi pertamanya adalah pindah ke posisi paling bawah sangkar tersebut untuk menghindarinya.

Leonardo liburan di laut [Image Source]
Leonardo liburan di laut [Image Source]
Meski hiu tersebut berusaha menggigitnya, untunglah ia berhasil menjaga jarak dan selamat tanpa luka. Sejak saat itu, ia selalu merasa takut dengan hiu. Tidak hanya itu saja, Leo juga pernah hampir tewas saat sedang skydiving. Parasutnya saat itu gagal terbuka, untungnya instruktur berada cukup dekat dengannya dan berhasil menyelamatkan Leo.

BACA JUGA: 8 Fakta Soal Jackie Chan yang Akan Bikin Kamu Makin Ngefans

Kebanyakan orang memang suka lupa daratan saat sudah menjadi sukses dan kaya. Tapi rupanya hal ini tidak berlaku bagi Leo, ia masih tetap menjadi sosok yang ramah serta peduli dengan orang lain dan lingkungan. Lama tidak memenangkan Piala Oscar juga tidak membuatnya putus asa, ia tetap berjuang keras dan bermain film dengan baik hingga akhirnya ia berhasil mendapatkan penghargaan tertinggi dunia perfilman tersebut.