Ternyata 6 Kasus Super Besar ini Juga Melibatkan Setya Novanto di Dalamnya

oleh Adi Nugroho
11:15 AM on Dec 17, 2015

Kasus “papa minta saham” yang dalam beberapa minggu membuat seluruh masyarakat geram (bahkan Presiden Jokowi) akhirnya menemui titik terang. Sidang MKD yang penuh dengan intrik dan rahasia akhirnya memutuskan jika Setya Novanto sang pimpinan DPR bersalah dan wajib menerima sangsi dari sedang sampai berat.

Sesaat setelah Setya Novanto bersalah, ia menyatakan secara resmi mengundurkan diri dari Ketua DPR. Lantas apakah masalah sudah selesai? Jawabannya adalah tidak, kasus ini mungkin akan kembali diusut karena nama Presiden ikut-ikutan dicatut.

Baca Juga
6 Bencana Terbesar di Indonesia Ini Menjadi Penanda Pergantian Tahun yang Kelam
Dulu Dikenal Gembong Teroris Sadis, Begini Nasib Umar Patek Sekarang Yang Cinta NKRI

Anyway, selain kasus saham PT Freeport, sebenarnya Setya Novanto juga terjerat beberapa kasus besar lain dan rata-rata kasus korupsi. Ajaibnya, ia selalu selamat dari segala tuduhan. Baiklah, langsung saja kita bahas kasus-kasus yang melibatkan Setya Novanto di dalamnya.

1. Kasus Bank Bali (1999-2000)

Kasus Bank Bali yang terjadi sekitar 15 tahun lalu membuat negara rugi sekitar 500 miliar. Saat itu Bank Bali melakukan transfer tidak wajar kepada PT Era Giat Prima yang di dalamnya ada Setya Novanto, Djoko S. Tjandra, dan Cahyadi Kumala. Dua orang ini dinyatakan bersalah dan dipenjara kecuali Setya Novanto.

Djoko S. Tjandra, Kasus Bank Bali (1999-2000) [image source]
Djoko S. Tjandra, Kasus Bank Bali (1999-2000) [image source]
Pada 2003 silam terbitlah sebuah surat perintah untuk penghentian penyelidikan atau SP3 yang ditujukan pada Setya Novanto. Sejak saat itu ia langsung bersih dari segala tuduhan yang melibatkannya beberapa tahun silam.

2. Kasus Beras Impor (2003)

Sekitar tahun 2003, pemerintah Indonesia mengalami kecolongan setelah 60.000 ton beras impor diselundupkan. Saat itu Setya Novanto digadang-gadang juga ikut dalam kasus yang merugikan negara hingga 122,5 miliar. Selama hampir setahun beras-beras ini dipindahkan dari gudang pabean ke gudang nonpabean yang artinya pajak tidak akan dikenakan pada beras.

Kasus Beras Impor (2003) [image source]
Kasus Beras Impor (2003) [image source]
Pada tahun 2006, Setya Novanto diperiksa oleh penyidik dengan didampingi 3 pengacara hebatnya. Dalam pemeriksaan ini Setya Novanto lolos dan tidak diberi hukuman apa-apa. Akhirnya tersangka kasus impor beras ini diberikan kepada Sofyan Permana.

3. Kasus Korupsi e-KTP (2011-2012)

Pada tahun 2011-2012, Indonesia memiliki proyek besar pengadaan KTP elektronik yang saat itu dikuasai oleh Anas Urbaningrum dan juga Setya Novanto. Bahkan menurut Muhammad Nazaruddin, Setya Novanto diduga mendapatkan aliran dana sebesar 300 miliar untuk proyek yang sangat besar ini.

Kasus Korupsi e-KTP (2011-2012) [image source]
Kasus Korupsi e-KTP (2011-2012) [image source]
Apa yang dikatakan oleh Nazaruddin akhirnya terhenti setelah ia mengaku mengalami ancaman dari Setya Novanto. Sejak saat itu, kasus ini menguap dan Setya Novanto justru melenggang menjadi pimpinan DPR RI.

4. Kasus Suap Akil Mochtar dan Ratu Atut (2013)

Setya Novanto diduga terlibat dalam suap yang menjerat Akil Mochtar dan Ratu Atut yang saat itu jadi Gubernur Banten. Namun sayangnya, Setya Novanto lagi-lagi lolos dan dua orang yang jadi tersangka masuk bui karena terbukti bersalah telah terlibat dalam tindakan suap yang merugikan negara.

Kasus Suap Akil Mochtar dan Ratu Atut (2013) [image source]
Kasus Suap Akil Mochtar dan Ratu Atut (2013) [image source]
Setelah kasus itu terjadi, beberapa opini masyarakat akhirnya bermunculan. Salah satu yang paling satir mengatakan jika lobi yang dilakukan Setya Novanto terlalu besar terhadap hukum. Akhirnya ia bisa bebas dengan cepat dan kedua rekannya harus menerima hukuman yang setimpal.

5. Kasus Proyek PON Riau (2013-2014)

Kasus proyek PON Riau telah merugikan negara hingga miliaran rupiah. Saat itu mantan Gubernur Riau, Rusli Zainal harus rela menjalani pemeriksaan KPK bersama dengan Setya Novanto. Beberapa pejabat dari KPK pun juga dipercaya telah menggeledah ruang kerja dari mantan pimpinan DPR ini.

Kasus Proyek PON Riau (2013-2014) [image source]
Kasus Proyek PON Riau (2013-2014) [image source]
Seiring dengan bergulirnya waktu, Rusli Zainal dinyatakan bersalah dan terbukti melakukan korupsi. Sepuluh tahun di penjara menjadi hadiah untuknya. Dalam kasus ini lagi-lagi Setya Novanto tak mendapatkan hukuman apa-apa. Ia bebas dan bisa bernapas lega hingga sekarang.

6. Kasus Lobi Pembelian Pesawat Amfibi Jepang

Salah satu media cetak paling besar di Jepang menyebut jika Setya Novanto melakukan lobi terhadap Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe untuk mempertimbangkan pembelian pesawat amfibi. Media ini membeberkan fakta jika Setya Novanto sangat berniat untuk membeli pesawat itu untuk digunakan di Indonesia.

Kasus Lobi Pembelian Pesawat Amfibi Jepang [image source]
Kasus Lobi Pembelian Pesawat Amfibi Jepang [image source]
Apa yang dilakukan oleh Setya Novanto ini tentu membuat Menteri Pertahanan Geram. Ia mengatakan jika masalah militer adalah janggung jawabnya. Kenapa seorang Setya Novanto harus ikut andil dalam hal ini. Sayangnya kasus ini tak diselesaikan dan menguap begitu saja.

Itulah enam kasus besar yang melibatkan Setya Novanto di dalamnya. Semoga kasus pencatutan nama Presiden dan juga saham Freeport ini bisa diselesaikan dengan baik. Tidak menguap dan seolah-olah tidak terjadi sebelumnya.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri
BACA JUGA