Categories: Trending

5 Festival Aneh dan Gila ini Cuma Bisa Kamu Temukan di Jepang

Membicarakan Jepang memang seperti tidak ada habisnya. Akan selalu ada hal-hal menarik yang bisa diangkat dari negara satu ini. Entah fenomena orang-orangnya yang super kreatif itu, atau mungkin deretan festival unik yang cuma ada di sana. Ya, meskipun Jepang adalah negara yang maju, tapi mereka tetap melestarikan apa yang menjadi tradisi leluhur.

Baca Juga : 7 Hal Sederhana ini Bisa Membuat Orang Jepang Iri Dengan Indonesia

Jepang terkenal dengan banyaknya festival unik yang bikin penasaran. Mulai dari Kanamara Matsuri yang bisa dibilang sangat kontroversial itu, sampai dengan Hetomato yang disusun dari banyak acara kecil yang meriah.

Ke Jepang jangan hanya karena anime atau gadis cantiknya, tapi nikmati juga festival-festival yang unik di sana. Jadi, acara-acara keren apa yang bakal kamu dapatkan? Simak ulasannya berikut.

1. Kanamara Matsuri

Dalam bahasa Indonesia, acara ini bernama festival alat kelamin pria. Disebut demikian karena hampir semua ornamen khas festival ini berbentuk seperti itu. Bahkan makanan-makanan yang dijual juga semuanya punya bentuk yang setema, mulai dari lolipop sampai pisang coklat. Mungkin yang baru pertama kali tahu, festival ini sangat amoral. Namun, tujuannya tidak seperti itu.

Sesuai dengan ikonnya, festival ini bertujuan untuk kesuburan [Image Source]
Bagi orang jepang Kanamara Festival bertujuan agar mereka mendapatkan banyak berkah kesuburan dan kelanggengan hubungan. Bahkan festival ini juga jadi motivasi orang-orang Jepang untuk menghindari penyakit menular. Uniknya, meskipun ornamennya adalah hal yang sensitif, tapi semua orang menikmati festival ini dengan gembira dan tanpa rasa tabu.

2. Hetomato Festival

Sayang Januari sudah lewat, padahal di bulan ini kita bisa ke Jepang untuk menikmati salah satu festival uniknya yang bernama Hetomato. Ya, festival ini diadakan pada minggu ketiga bulan Januari di kota Goto, Fukue. Acara ini adalah festivalnya para nelayan kota itu, di mana tujuannya adalah pengharapan agar mereka bisa mendapatkan tangkapan yang bagus sepanjang tahun.

Festival unik ini bertujuan agar tangkapan nelayan bisa bagus sepanjang tahun [Image Source]
Festival ini dirangkai dalam banyak acara. Ada sumo yang dilakukan para pemuda dan orang tua, lalu dilanjutkan dengan acara saling memukul menggunakan kayu kecil yang dilakukan oleh para wanitanya, lalu dilanjutkan lagi dengan menandu seorang gadis di atas sebuah sandal besar. Uniknya dalam sesi ketiga itu, para pemuda harus saling mengotori dirinya dengan semacam arang. Sangat unik dan sepertinya cuma ada di Jepang.

3. Hadaka Matsuri

Jika tadi ada festival alat kelamin, maka yang satu ini juga tak jauh-jauh dari hal itu. Ya, Hadaka Matsuri sendiri bisa diartikan dengan festival telanjang. Hal ini bisa dilihat dari para pesertanya yang rata-rata hanya mengenakan semacam celana dalam sumo. Untungnya acara ini hanya dilakukan oleh para pria.

Festival telanjang ini jadi salah satu event yang paling dinantikan orang Jepang [Image Source]
Kesenangan di festival ini adalah ketika para peserta saling bersorak dan juga minum banyak sake. Nah, ketika sudah mabuk, para tetua adat kemudian akan melemparkan sebuah kayu ke kerumunan. Para peserta yang mabuk ini pun harus berebut kayu tersebut. Konon, barang siapa berhasil mendapatkan benda ini, maka ia akan bahagia sepanjang tahun.

4. Kasedori Festival

Mengunjungi Jepang di bulan Februari adalah keputusan tepat. Pasalnya di bulan itu akan diadakan festival tahunan super unik bernama Kasedori. Uniknya festival ini adalah para pesertanya yang harus berpakaian seperti burung. Bukan menggunakan bulu, namun semacam serat-serat bambu yang disimpul berbentuk kerucut.

Festival ini bertujuan untuk berlindung dari bahaya kebakaran dan juga lancar bisnis [Image Source]
Festival ini dimulai di depan Kastil Kaminoyama. Para peserta lalu berjalan mengelilingi kota sambil menari-nari. Tak hanya menari saja, para peserta ini juga akan disirami air dingin berulang-ulang. Tujuan festival ini sendiri untuk melindungi diri dari kebakaran dan juga biar lancar bisnisnya. Festival ini sempat hilang di tahun 1800an. Namun berhasil dibangkitkan kembali di tahun 1959.

5. Hitori Zumo

Festival satu ini bisa dibilang agak aneh dan mungkin akan membuatmu bertanya-tanya. Hitori Zumo disajikan lewat acara sumo di mana seorang petarung akan melawan musuhnya imajinernya. Lebih mirip pantomim sih, hanya saja sumo satu orang ini dibungkus dengan cara yang beda.

Meskipun terlihat lucu, tapi festival ini punya nilai kesakralan tinggi lho [Image Source]
Terlihat si pesumo begitu bersungguh-sungguh, seperti melawan seorang pesumo lain. Festival ini sendiri bagi orang Jepang cukup menarik, bahkan dinilai punya kesakralan yang tinggi. Festival ini berfungsi sebagai penghormatan kepada dewa serta pengharapan akan panen yang melimpah.

Baca Juga : 5 Fashion Model Jepang yang Bakal Bikin Kamu Ternganga

Inilah keunikan festival Jepang yang hanya satu-satunya di dunia. Kalau dilihat-lihat cukup unik, bukan? Apalagi festival  Kanamara-nya yang sepertinya tidak mungkin akan diadakan di negara lain, apalagi Indonesia.

Share
Published by
Rizal

Recent Posts

Suami Sandra Dewi Jadi Tersangka Kasus Korupsi Penambangan Liar Timah di Bangka Belitung

Pernikahan artis Sandra Dewi dan Harvey Moeis sempat menjadi perbincangan publik karena mewah dan bak…

4 weeks ago

Buka Galangan Dana untuk Ibu, Singgih Sahara Salah Gunakan hingga 200 Juta untuk Pribadi

Nama Singgih Sahara, komika asal Semarang, belakangan menjadi sorotan publik lantaran hal yang dilakukannya membuat…

1 month ago

Donny Kesuma Meninggal Dunia karena Penyakit Jantung

Berita duka menyelimuti dunia entertainment Indonesia saat Donny Kesuma meninggal dunia. Mantan aktor ini meninggal…

1 month ago

Selingkuh Berkali-Kali sampai KDRT, Ini Alasan Kurnia Meiga Dicerai Istri

Belakangan, nama mantan pesepakbola Kurnia Meiga tengah diperbincangkan publik. Awalnya ia viral lantaran video yang…

1 month ago

Caleg Ini Hentikan Aliran Air dari Sumur Miliknya Setelah Gagal, Ternyata Ini Alasannya

Masih banyak daerah di Indonesia yang tidak mendapatkan akses air bersih dengan mudah. Seperti para…

1 month ago

Punya Senyum Manis, Perempuan Asal Solo Ini Disebut Mirip Banget dengan Pevita Pearce

Pernah dengar kalau setiap orang di dunia ini punya 7 kembaran, alias orang yang sangat…

1 month ago