Categories: Trending

Ramai Lagi WhatsApp GB, Ini 4 Aplikasi Modif yang Lebih Canggih tapi Meresahkan

Sebagai generasi yang FOMO (Fear Of Missing Out) alias takut ketinggalan sesuatu yang sedang seru dibahas, kamu pasti tahu bahwa WA (Whatsapp) GB baru-baru ini menjadi salah satu trending di Twitter. Ini adalah aplikasi Whatsapp yang telah dimodifikasi dan katanya lebih canggih dari aplikasi yang asli.

Masalahnya, WA GB ini dinilai sebagian orang sebagai aplikasi yang meresahkan. Sebab ada fitur-fitur yang terdapat di WA GB, disebut-sebut mengganggu kenyamanan dan privasi pengguna Whatsapp asli. Apa sih WA GB itu dan kenapa bisa sampai punya kesan negatif ya? Simak rangkuman Boombastis berikut ini.

Kembali trending karena cuitan akun @bertanyarl

Sebelumnya, WA GB sudah pernah ramai dibicarakan pada awal tahun 2021. Waktu itu, WA GB banyak diberitakan karena menjadi WA Mod terbaik tahun 2021 hingga adanya kabar bahwa Whatsapp ilegal ini digunakan untuk pencurian data.

WA GB kembali trending, terutama di Twitter karena cuitan akun @bertanyarl. Dalam cuitan tersebut, disebutkan stereotip yang berbeda antara pengguna Whatsapp asli dan Whatsapp abal-abal alias WA GB. Tak disangka, cuitan tersebut langsung ramai dibalas. Kebanyakan dari mereka mengamini isi dari gambar yang diunggah akun tersebut dan menyebut bahwa beberapa fitur WA GB ini bisa mengganggu privasi. Memang apa saja sih fitur yang dipunya WA GB ini?

Membaca pesan yang sudah dihapus

Sumber gambar : Twitter/@LOOKATLOEY

Dalam fitur bawaan Whatsapp yang asli dan terbaru, pesan yang dikirim bisa dihapus oleh pengirim selama tidak lebih dari 60 menit. Jika sudah dihapus, baik pengirim atau penerima tidak akan bisa membaca isi pesan tersebut. Fitur ini tidak ada di WA GB. Jadi, semisal kamu mengirimkan pesan yang salah dan menghapusnya, pengguna WA GB tetap akan bisa membaca pesanmu. Pengguna WA lain menganggap ini agak mengganggu privasi mereka, sih. Kalau menurutmu?

Melihat status yang sudah dihapus, disembunyikan hingga mengunduhnya

Sumber gambar : Twitter/@Mlvinme

Sebenarnya, dengan Whatsapp asli kamu juga bisa menyimpan status kontak yang ada di ponselmu. Hanya saja caranya lebih panjang dan agak rumit. Nah, dengan WA GB kamu bisa mengunduh langsung status kontakmu yang berupa foto atau video. Untuk sebagian orang, seperti pemilik akun @Mlvinme, ini mengesalkan.

Menghilangkan fitur centang, typing dan last seen

Sumber gambar : Pexels/Anton

Ada yang sengaja meng-install aplikasi WA GB karena ingin menghilangkan beberapa fitur bawaan Whatsapp asli seperti fitur centang biru dan ganda, typing serta last seen. Alasannya sih beragam namun kebanyakan berhubungan dengan privasi. Tapi untuk pengguna Whatsapp asli ini bisa jadi membingungkan, karena jika fitur tersebut tidak ada bagaimana kita bisa tahu nomor tersebut aktif atau tidak selain menelepon terlebih dahulu ya?

Selain fitur yang disebutkan di atas, sebenarnya masih ada juga fitur lain seperti bisa membalas pesan secara otomatis seperti WA Business, mengubah tema tampilan dan ikon, melakukan broadcast ke 600 kontak hingga membuat nama grup dengan 35 karakter lebih. Hanya saja, fitur-fitur tersebut tak banyak dikeluhkan karena tak bersinggungan langsung dengan pengguna Whatsapp lainnya.

BACA JUGA: Heboh Fenomena Hapus WA Gegara Aturan Baru, Begini Perbandingan Antara Whatsapp vs Telegram

Ketimbang mempermasalah kepribadian orang yang menggunakan WA GB, mungkin lebih baik kita sadari dulu bahwa aplikasi ini bukanlah aplikasi asli. Ada resiko keamanan yang bisa mengancam sewaktu-waktu karena WA GB adalah aplikasi mod, yang mana rentan membawa malware dan spyware. Jadi, pertimbangkan dulu apakah kamu mau mempertaruhkan keamanan datamu demi tampilan yang lucu atau fitur yang tidak begitu penting?

Share
Published by
Alenka

Recent Posts

Virzha Tiba-Tiba Menikah, Banyak Netizen Salfok dengan Istri yang Begitu Cantik

Patah hati tampaknya tengah dialami para fans juara ketiga Indonesian Idol musim ke-8 sekaligus vokalis…

2 days ago

Fakta Rosmini Pengemis Viral, Tinggal di Jalanan Belasan Tahun hingga Diduga ODGJ

Beberapa waktu lalu, viral sebuah video yang memperlihatkan seorang pengemis karena aksinya yang dianggap meresahkan.…

3 days ago

4 Fakta Timnas Indonesia Masuk Semifinal, Larangan Nobar hingga Kalah dari Uzbekistan

Masyarakat Indonesia sedang berbahagia dan bangga terhadap Tim Nasional (Timnas) Indonesia yang baru saja menorehkan…

4 days ago

Buat Video Penistaan Agama, Tiktoker Galih Loss Ditangkap

Media sosial kini menjadi tempat berbagi cerita dan mencari hiburan, tak heran banyak orang yang…

5 days ago

Dubai Dihantam Hujan Badai Sebabkan Banjir, Puluhan Nyawa Melayang

Jakarta banjir, sudah menjadi “acara” tahunan yang membuat banyak warga menjadi lebih “santuy” saat menghadapinya.…

6 days ago

Seorang Ibu Harus Kehilangan Bayinya karena Dipijat Nenek Buyut Sejak Baru Lahir

Siapa sangka sebuah pijatan yang bisa merelaksasi dan menyembuhkan penyakit pada orang dewasa, bisa berujung…

1 week ago