Categories: Trending

5 Fakta Unik Latvia, Negara Kecil Seluas Aceh yang Luar Biasa

Di antara semua negara di Eropa, mungkin Latvia jadi yang paling jarang dibicarakan. Ya, soal popularitas, negara satu ini kalah telak dengan negara-negara sebenuanya, macam Inggris atau Perancis. Meskipun demikian, bukan berarti Latvia tak punya apa-apa untuk dibanggakan. Latvia ibarat seperti harta yang terkubur, harus digali dulu untuk bisa menikmatinya.

Latvia memiliki banyak hal unik dan luar biasa yang tak banyak diketahui. Salah satunya adalah fakta kalau bahasa resmi negara ini, Latvian, adalah salah satu bahasa tertua di muka Bumi dan jadi induk dari semua bahasa di Eropa. Negaranya kecil, tapi punya pengaruh yang begitu kuat.

Baca Juga :5 Bukti Tentang Kerajaan Aceh yang Ternyata Bersahabat Mesra Dengan Dinasti Ottoman

Tak hanya itu saja, masih ada banyak fakta lain tentang Latvia yang akan mengejutkanmu. Simak ulasannya berikut.

1. Latvia Adalah Negerinya Para Model Wanita

Bagi para pria, salah satu dari banyak tujuan mengunjungi sebuah negara adalah untuk berkenalan dengan para wanitanya. Dan jika kamu juga seperti ini, maka Latvia sangat-sangat cocok untukmu. Alasannya sendiri tak lain karena di sini wanitanya cantik-cantik dan jumlahnya sangat banyak. Bertebaran seperti laron di musim hujan.

Wanita-wanita Latvia [Image Source]
Sudah jadi fakta kalau wanita Latvia itu rata-rata sangat cantik. Bahkan menurut sebuah survey, Latvia adalah negara dengan jumlah model per kapita terbanyak di dunia. Kalau kamu membayangkan surga itu adalah tempat yang dipenuhi wanita cantik, maka Latvia ini adalah representasi yang paling pas.

2. Latvia, Negara Kecil Dengan Internet Super Ngebut

Latvia mungkin pamornya tak sementereng negara-negara lain di Eropa, tapi kalau bicara soal kecepatan Internet, negara ini sangat dikenal. Ya, Latvia, diam-diam memiliki kecepatan internet luar biasa dan jadi salah satu yang paling cepat di muka Bumi.

Kecepatan Internet di Latvia [Image Source]
Berdasarkan data yang ada, kecepatan Internet di sini tercatat bisa mencapai hampir 16 Mbps. Cukup cepat untuk melakukan apa pun yang kita suka di dunia maya. Browsing, streaming, atau apa pun bisa jauh lebih menyenangkan. Soal kecepatan internet, jangan bandingkan Latvia dengan Indonesia, sangat jauh.

3. Negara Kecil Tapi Pernah Jadi Penjajah

Bicara soal negara Eropa yang pernah melakukan kolonialisasi atau penaklukan, asumsi kita pasti Inggris atau Perancis. Tak salah memang, tapi negara Eropa yang jadi penakluk bukan hanya itu saja. Percaya tidak percaya, Latvia ternyata juga pernah jadi bangsa penakluk.

Fort Jekabs di Tobago ini jadi bukti era Kolonialisme Latvia [Image Source]
Sejarah mencatat negara ini pernah menaklukkan Tobago, Trinidad, dan juga Gambia di sekitar abad 17. Dengan luas yang sedikit lebih besar dari Aceh, tapi mampu menaklukkan sebuah negara, kita harus akui kalau Latvia ini memang luar biasa.

4. Ilmuwan Latvia Membuat Masyarakat Dunia Bahagia

Bicara soal tokoh hebat Latvia, kita akan menemui dua nama yang paling diidentikkan. Pertama adalah si Jakob Jufess. Bagi yang belum mengetahuinya, sosok satu ini adalah pria di balik terciptanya Jeans. Ya, jeans mungkin dipopulerkan oleh Levi Strauss, tapi yang benar-benar pertama menciptanya adalah Jufess. Bayangkan kalau Jufess tak menciptakan jeans, dunia mode akan kehilangan salah satu pilar utamanya.

Patung Vilhelm Ostvald [Image Source]
Sosok berpengaruh kedua yang sering dikaitkan dengan Latvia adalah seorang ilmuwan bernama Vilhelm Ostvald. Pria ini berjasa menemukan sebuah teori yang bernama Ostwald Process yang memungkinkan tumbuhan tumbuh dengan massal. Berkatnya, bahan makanan di dunia ini sangat melimpah jumlahnya.

5. Latvia Pernah Bikin Viking Lari Terkencing-Kencing

Kembali soal sejarah Latvia, negara ini juga pernah melakukan satu hal gila lainnya. Ya, mereka pernah menumpas Viking di tahun 1189 ketika negara ini akan dikuasai suku barbar sangar itu.

Bangsa Viking Takluk dengan pejuang Latvia [Image Source]
Viking adalah bangsa hebat yang kemampuannya tak tertandingi. Siapa pun yang berhadapan dengan mereka kebanyakan pasti keok. Namun para pejuang Latvia tak hanya mampu mempertahankan daerahnya dari para Viking, tapi juga sekaligus membuat bangsa itu kabur. Alhasil, dari sekian banyak negara di Eropa, Latvia jadi yang tak pernah bisa ditaklukkan oleh bangsa Viking.

Baca Juga :3 Tokoh Besar yang Pernah Menyatukan Nusantara

Siapa sangka jika negara kecil yang jarang diperhatikan ini ternyata memiliki sederetan prestasi sangar. Tak hanya soal kecepatan internet saja, tapi juga catatan sejarah mereka yang mengagumkan. Dengan semua hal hebat yang ada di negara ini, maka itu sudah cukup jadi alasan untuk mengunjungi negara dengan julukan Sarkanbaltsarkanie ini.

Share
Published by
Rizal

Recent Posts

Seorang Ibu Harus Kehilangan Bayinya karena Dipijat Nenek Buyut Sejak Baru Lahir

Siapa sangka sebuah pijatan yang bisa merelaksasi dan menyembuhkan penyakit pada orang dewasa, bisa berujung…

22 hours ago

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap Usai Pesta Ganja Pakai Modus Baru Rokok Elektrik

Nama selebgram Chandrika Chika terseret pada kasus penyalahgunaan narkoba yang baru-baru ini terungkap. Tidak sendirian,…

3 days ago

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

5 days ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

2 weeks ago

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek Sebabkan 12 Orang Meninggal Dunia Seketika

Kecelakaan maut terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, tepatnya pada Km 58, pada hari…

3 weeks ago

Misteri Kematian Ibu Muda di Gresik, Uang Raib hingga Saksi Ditemukan Meninggal

Misteri masih menyelimuti kematian seorang ibu muda di Gresik bernama Wardatun Toyyibah. Perempuan berusia 28…

4 weeks ago