3 Tokoh Besar yang Pernah Menyatukan Nusantara

oleh Tetalogi
10:28 AM on Nov 2, 2015

Indonesia membentang luas dari ujung Timur hingga ke ujung Barat nusantara yang meliputi 34 provinsi dan kurang lebih 255 juta penduduk. Negara seluas 1.919.440 kilometer persegi ini mencakup 17.508 pulau dan 6 ribu tidak berpenghuni. Karena begitu luasnya, negara kita berada di urutan ke-15 sebagai negara terluas di dunia.

Mungkin di era modern seperti sekarang ini, kita sulit membayangkan bagaimana seluruh wilayah nusantara bisa bersatu menjadi NKRI, Negara Kesatuan Republik Indonesia. Banyak cerita tentang persatuan wilayah yang luas ini bahkan sebelum Indonesia terbentuk. Berikut ini beberapa tokoh yang dikenal pernah menyatukan nusantara.

Baca Juga
Bukan Kegembiraan, 4 Lomba Agustusan Ini Justru Berakhir dengan Tragedi
Tak Melulu Miris, Ini Cerita dari Para Veteran yang Akhirnya Diperhatikan oleh Pemerintah

1. Raja Wisnu

Dapunta Hyang Sri Jayanasa adalah maharaja Sriwijaya pertama dan dianggap sebagai pendiri kerajaan Sriwijaya. Namanya sering disebut-sebut pada beberapa prasasti awal Sriwijaya dari akhir abad VII yang menceritakan perjalanan sucinya mencari berkah dan menaklukan wilayah di sekitarnya. Menurut catatan-catatan ini, Sriwijaya mengalahkan Jambi, Palembang, Selatan Lampung, Pulau Bangka, bahkan melancarkan serangan di pulau Jawa, yang kemungkinan menyebabkan runtuhnya kerajaan Tarumanegara di Jawa Barat.

Wilayah kekuasaan Sriwijaya [Image Source]
Selanjutnya pada kekuasaan Raja Wisnu, kekuasaan Sriwijaya semakin meluas hingga ke Thailand dan Kamboja. Pada abad ke-7. pelabuhan Champa di timur Indochina membuat banyak kapal pedangan beralih dari Sriwijaya. Untuk mencegah hal itu, Maharaja Dharmasetu atau Raja Wisnu melancarkan serangan ke kota-kota pantai di Indochina sehingga kota Indrapura di tepi sungai Mekong berada di bawah kendali Sriwijaya.

Candi Muara Takus [Image Source]
Candi Muara Takus, jejak kerajaan Sriwijaya yang dipimpin Dapunta Hyang [Image Source]
Karena kekuasaannya yang luas inilah kerajaan Sriwijaya sering disebut sebagai kerajaan yang luas dan menyatukan nusantara. Meski begitu, kekuaasaan terbesar Sriwijaya pada masa keemasannya hanya meliputi Sumatera, Jawa Barat hingga Jawa Tengah, Semenanjung Malaya, Thailand dan Kamboja.

Selanjutnya : Gajah Mada

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA