Categories: Trending

7 Fakta Tentang Mata Yang Wajib Anda Tahu

Mata merupakan salah satu panca indera yang penting bagi manusia. Saat adalah masalah dengan penglihatan, rasanya langsung sedih luar biasa bukan? Jika selama ini yang kita tahu hanyalah mengenai penyakit mata dan juga plus minus serta silinder, maka artikel ini akan membuat Anda makin ‘mengerti’ tentang jendela dunia ini.

Ada beberapa fakta seru seputar mata yang mungkin belum Anda ketahui. Apa saja sih itu? Salah satunya adalah, komposisi yang ada di dalam air mata kita berbeda lho saat menangis sedih atau bahagia. Unik bukan? Ini dia fakta seru lainnya yang tidak boleh Anda lewatkan:

1. Ternyata Semua Yang Kita Lihat Itu Terbalik!

Waduh bagaimana nih penjelasannya? Misalnya begini, saat kita melihat gambar segitiga sama kaki, maka yang ditangkap oleh mata, segitiga itu terbalik (yang pucuk runcing jadi di bawah). Nah, lantas bagaimana hingga akhirnya kita bisa melihat berbagai hal sesuai dengan bentuk sebenarnya?Otaklah yang ‘membalik’ gambar yang ditangkap oleh mata sehingga terlihat seperti yang seharusnya. Ini adalah kerja sama yang sangat baik dalam tubuh kita tanpa pernah menyadarinya dan ini merupakan bukti bahwa tuhan adalah pencipta yang tiada bandingnya di alam semesta ini.

Selanjutnya :2. Zaman Dulu, Hanya Ada 1 Warna Bola Mata. Apa Itu?

2. Zaman Dulu, Hanya Ada 1 Warna Bola Mata. Apa Itu?

Sekarang, rasanya kagum sekali ya melihat orang dengan bola mata yang berwarna cantik. Ada biru, kehijauan, hitam pekat dan masih banyak lagi. Anda jangan minder jika bola mata Anda berwarna cokelat. Apa alasannya?

Ternyata, zaman dulu tepatnya sejak adanya manusia, semuanya memiliki bola mata berwarna cokelat. Jadi bisa dibilang, warna ini merupakan warna paling asli dari bola mata manusia. Nah bagaimana dengan warna lainnya? Dilansir dari sciencemag, warna biru dan lainnya belum ada sampai 6000 tahun lalu. Wow sebuah rahasia evolusi manusia yang menarik ya!

Selanjutnya :3. Semua Manusia Bermata Biru Adalah Saudara

3. Semua Manusia Bermata Biru Adalah Saudara

Seperti yang sudah dijelaskan di halaman sebelumnya, manusia dengan bola mata berwarna biru belum ada hingga 6000 tahun yang lalu. Ada satu fakta seru lagi nih, yaitu semua manusia yang memiliki bola mata berwarna biru asli adalah saudara. Lho kok bisa?

Rupanya menurut penelitian, mereka yang punya bola mata biru berasal dari satu nenek moyang yang sama. Tapi bukan berarti menikah dengan yang sama-sama bermata biru dilarang, karena kan nenek moyang sudah beranak pinak banyak sekali selama 6000 tahun sehingga gen yang dihasilkan sudah unik. Tapi fakta ini sungguh unik sekali.

Selanjutnya :3. Tidak Ada Satu Manusiapun Yang Bisa Melihat Warna Merah

4. Tidak Ada Satu Manusiapun Yang Bisa Melihat Warna Merah

Ternyata, manusia tidak bisa melihat warna merah walaupun memiliki penglihatan yang sehat. Setelah diteliti, bola mata manusia tidak memiliki kemampuan untuk melihat warna merah. Lantas bagaimana caranya kita melihat warna itu selama ini?

Warna merah yang ditangkap oleh bola mata manusia selama ini adalah kombinasi dari dua warna yaitu hijau dan kuning. Percampuran dua warna ini menghasilkan warna merah seperti yang kita lihat selama ini. So mind blowing!

Selanjutnya : 5. Beda Penyebab Menangis, Beda Pula Komposisi Air Matanya

5. Beda Penyebab Menangis, Beda Pula Komposisi Air Matanya

Dalam hidup, manusia pastilah pernah menangis. Entah kesakitan karena habis jatuh, sedih karena patah hati atau bahagia karena mendapat rezeki nomplok. Uniknya lagi, ini juga disebabkan oleh suasana hati yang menyebabkan Anda menangis.

Via Mashable

Komposisi air mata berbeda-beda sesuai dengan penyebab Anda menangis. Jadi jangan takut meneteskan air mata saat bahagia atau terharu, karena akan membawa aura positif kok. Kan komposisinya berbeda dengan air mata sedih.

Baca Juga : 6. Satu-Satunya Organ Tubuh Yang Tidak Bertumbuh Seumur Hidup

6. Satu-Satunya Organ Tubuh Yang Tidak Bertumbuh Seumur Hidup

Ingatkah Anda, saat kecil jari-jari Anda sangat kecil, begitu juga dengan telinga dan juga bagian tubuh lain. Semakin dewasa, seluruh bagian dan organ tubuh bertumbuh, tapi tidak dengan bola mata. Benarkah?

Ternyata, sejak Anda lahir, bola mata tidak pernah bertambah besar, hanya bagian kelopak mata saja yang makin luas. Mind blowing banget ya? Jadi sejak kecil, kita sudah dikaruniai penglihatan yang sama seperti saat sudah dewasa. Tidak heran jika anak-anak lebih cepat menyerap apa yang ia lihat.

Selanjutnya : 7. Tebak, Berapa Kali Anda Berkedip Dalam Satu Hari?

7. Tebak, Berapa Kali Anda Berkedip Dalam Satu Hari?

Waduh, siapa yang mau menghitungnya ya? Biar tidak penasaran, menurut penelitian, manusia berkedip 17 kali setiap menitnya. Kalau satu jam ada 60 menit maka satu hari ada 1440 menit. Totalnya? Manusia berkedip 24.480 kali dalam satu hari! Wow tidak menyangka ya?

Via Tumblr

Pasti banyak diantara kita yang tidak mengetahui fakta tentang mata ini sebelumnya bukan? Bagaimana menurut Anda, mana yang paling mengejutkan?

Baca Juga :10 Fakta Mengenai Negeri China Yang Bikin Anda Tercengang
Share
Published by
Admin

Recent Posts

Putra Raja Thailand Kembali Setelah 27 Tahun Diasingkan, Jadi Penerus Takhta Selanjutnya?

Kembalinya Vacharaesorn Vivacharawongse, putra tertua kedua Raja Thailand Maha Vajiralongkorn, ke Thailand pada awal bulan…

1 month ago

Terungkap Situs Jual Beli Sertifikat Gelar Habib, Penipu Raup 18 Juta

Belakangan ramai perihal terungkapnya kasus penipuan lisensi gelar “habib”, di mana seorang pemuda memperjualbelikannya dengan…

1 month ago

Waduh! Anggaran Baju Dinas DPRD DKI Mencapai 3 Miliar, Ternyata Ada Pin Emas 24 Karat

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuat heboh publik lantaran anggaran dana pembelanjaan untuk pakaian dinas dan…

2 months ago

Gus Samsudin dan 2 Saksi Ditetapkan Jadi Tersangka Setelah Pembuatan Video Kontroversial

Nama Samsudin Jadab, atau lebih dikenal sebagai Gus Samsudin, kembali mencuat ke permukaan. Bukan lagi…

2 months ago

Alice Norin Bagikan Kisah Lawan Kanker Sarkoma hingga Operasi Laparoskopi

Kabar tak mengenakkan datang dari artis Alice Norin. Artis 36 tahun ini mengungkapkan bahwa dirinya…

2 months ago

Sempat Dihentikan Polisi, Kiki Amalia Melahirkan di Usia 42 Tahun dengan Pengalaman Unik

Ada kabar baik dan membahagiakan dari aktris Andi Kiki Rizky Amalia, atau akrab disapa Kiki…

2 months ago