5 Fakta Ngeri Titanoboa, Ular Purba Raksasa yang Ukurannya Bikin Merinding

oleh Rizal
08:35 AM on Jul 21, 2016

Dengan panjang hampir 5,1 meter, Anaconda Hijau mutlak memegang rekor sebagai ular paling panjang di dunia. Ditambah lagi dengan beratnya yang mencapai satu kuintal membuat ular ini makin mengerikan. Namun, jika dikomparasikan dengan deretan ular purba, maka Anaconda Hijau ini tidak ada apa-apanya. Misalkan melawan Gigantophis yang punya panjang 10 meter dan berat sampai ratusan kilogram.

Gigantophis pernah memegang title sebagai ular paling panjang dan besar sepanjang masa. Hingga akhirnya gelar itu direbut oleh jenis ular lain bernama Titanoboa. Bagaimana tidak, soal ukuran, ular purba ini ternyata jauh lebih besar. Panjangnya sendiri hampir 15 meter serta memiliki bobot tubuh yang juga lebih besar.

Baca Juga
Mengenal Phu Quoc, Penjara Super Sadis yang Terapkan ‘Siksa Neraka’ di Vietnam
Chatting Kocak Anak Ingusan Main Online Shop Ini Endingnya Bikin Melongo

Baca Juga :4 Fakta Thunderbird, Burung Raksasa Purba yang Dipercaya Masih Hidup Hingga Sekarang

Monster satu ini pernah hidup sangat lama hingga akhirnya punah bersamaan dengan hancurnya zaman Cretaceous. Masih tentang Titanoboa, berikut adalah fakta-fakta si ular terbesar itu yang mungkin belum kamu ketahui.

1. Titanoboa Punya Diameter Tubuh yang Gila

Berbicara soal dimensi, sempat disinggung di bagian pembuka kalau ular satu ini punya ukuran tubuh yang luar biasa. Panjang tubuh normalnya sekitar 15 meter dengan berat tubuh hampir satu ton. Hal yang ngeri soal dimensi tubuh Titanoboa ini adalah ia bisa terus tumbuh sepanjang hidupnya.

Ukuran tubuh Titanoboa [Image Source]
Ukuran tubuh Titanoboa [Image Source]
Fosil yang ditemukan para arkeolog memang hanya sepanjang itu, namun mereka yakin Titanoboa bisa tumbuh lebih panjang lagi. Oh iya soal diameter tubuh, ular satu ini memiliki garis tengah badan setidaknya tiga kaki alias satu meter. Bisa dibayangkan betapa besarnya ular satu ini?

2. Cara Berburu Titanoboa Ternyata Sangat Ekstrem

Dengan ukuran tubuh yang tak karuan seperti itu, kita mungkin berpikir jika Titanoboa bakal mencari makan dengan cara konvensional alias seperti ular pada umumnya. Meskipun kesannya seperti itu, tapi peneliti meyakini jika Titanoboa berburu dengan cara yang lain. Alih-alih menjerat, Titanoboa menyerang musuhnya seperti buaya.

Cara Titanoaboa berburu [Image Source]
Cara Titanoaboa berburu [Image Source]
Ya, Titanoboa lebih banyak berburu dengan cara menerkam musuhnya. Setelah menerkam, ular raksasa ini akan membuka mulutnya  lebar-lebar lalu dengan segera menelan mangsanya. Soal mangsa, Titanoboa sering berburu buaya atau kura-kura purba.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Inilah 13 Potret Marion Jola, Finalis Indonesian Idol yang Viral Berkat Video Hotnya 8 Ilustrasi Tentang Kebiasaan Cewek-Cewek Ini Bakal Bikin Kaum Lelaki Gagal Paham 5 Fakta Ngeri Sentinel, Suku Primitif Paling Sadis yang Pernah Ada 4 Anak Raja yang Lebih Memilih Tetap Jadi Atlet Ketimbang ‘Ongkang-Ongkang’ Saja 10 Meme “Terperangkap Razia”, Jauh Lebih Pahit Ketimbang Ketemu Mantan di Jalan 7 Fenomena ‘Salah Kostum’ Jokowi Ini Sukses Bikin Netizen Bertanya-tanya 10 Ucapan Iseng Saat Foto Nikahan Ini Bikin Ngakak Maksimal, Jangan Ditiru Ya! Miris, Orang-Orang Ini Tewas Saat Ulang Tahun Akibat Dikerjain Temannya Sendiri 5 Hal Gila yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Thailand Inilah 5 Kisah Pengawetan Pemimpin Bangsa yang Tidak Banyak Diketahui 6 Musisi Indonesia Ini Punya Permintaan Aneh Sebelum Manggung, Ada yang Minta Aqua Galon Buat Mandi Loh 9 Artis Ini Sok-sokan Update Status Bahasa Inggris, Alhasil Panen Hujatan dari Netizen 5 Penemuan Harta Karun di Indonesia yang Jumlahnya Sanggup Melunasi Semua Hutang Negara Uang Bukan Incaran, Inilah 4 Fakta Begal Payudara yang Ternyata Gak Kalah Berbahaya Lama Tak Terdengar, Beginilah Kabar Gayus Tambunan, ‘Sang Koruptor’ Kelas Kakap 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya Menguak Misteri Uang Logam 500 Rupiah Tahun 1991 yang Disebut-Sebut Mengandung Emas Pulang Nggak Bawa Piala, 7 Runner Up Indonesian Idol Ini Lebih Tenar daripada Sang Juara Miris! 7 Wanita Cantik Ini Ditemukan Tewas Tanpa Busana, No. 2 Masih Jadi Misteri Pakai Narkoba Hingga Selingkuh, Ini 4 Kelakuan Istri Pejabat yang Bikin Ngelus Dada
BACA JUGA