Green Anaconda, Ular Terbesar di Dunia yang Lilitannya Bisa Bikin Buaya Takluk

Tidak hanya terbesar, Anakonda Hijau juga diyakini ular terkuat di dunia

oleh Aini Boom
19:00 PM on Mar 31, 2017

Hingga kini, ular masih menjadi predator ganas yang menjadi ancaman besar bagi makhluk hidup di sekitarnya. Ular pun memakan apapun di hadapannya, asal mengandung daging. Hewan-hewan kecil seperti tikus, kelinci, bahkan hewan besar macam sapi pun diincar oleh beberapa spesies ular besar. Tak hanya itu, manusia pun jadi target untuk mengenyangkan perut hewan melata itu.

Masih hangat di ingatan kita tentang kasus petani kelapa sawit di Sulawesi Barat yang ditelan bulat-bulat oleh seekor ular piton. Kejadian ini menyadarkan bahwa di sekitar kita masih ada banyak ular berbahaya yang mungkin mengancam. Selain ular piton, ular lain yang tak kalah menakutkan adalah Green Anaconda. Apalagi ukurannya yang disebut-sebut paling besar di dunia. Lalu, seperti apa Green Ananconda atau Anakonda Hijau ini? Berikut pembahasannya.

Baca Juga
10 Potret Kelakuan Nyeleneh DPR Rusia Saat Rapat, Ternyata Gak Kalah Koplak dengan Indonesia
Pengendali Cuaca Hingga Waktu, Inilah 4 Kesaktian Kim Jong Un yang Dipercaya Warga Korut

Ular Terbesar di Dunia                                                 

Ular Anakonda Hijau [image: source]
Memiliki nama ilmiah eunectes murinus, anakonda hijau mempunyai kemampuan renang yang baik. Ular ini merupakan spesies yang banyak ditemukan hutan hujan di daerah Amerika Selatan. Hingga kini, anakonda hijau masih mempertahankan predikat sebagai ular terbesar di dunia.

Tampilan Fisik Anakonda Hijau

Jika ular piton yang menelan petani kelapa sawit panjangnya 5 meter, maka anakonda hijau lebih panjang lagi, yaitu 9 meter hingga 13 meter lebih. Beratnya pun mencapai kisaran 70 hingga 200 kg. Hingga kini, anakonda hijau terbesar yang pernah ditemukan mencapai panjang 17,09 kaki dan berat 215 kg. Penemunya adalah seorang peneliti bernama Dr. Jesus Antonio Rivas, seorang ilmuan yang telah meneliti ribuan anakonda.

Green Anaconda [image: source]
Ciri fisik umum yang dimiliki anakonda hijau adalah kulit yang berwarna olive green dengan bercak hitam di seluruh tubuh. Ukuran kepala anakonda hijau juga lebih sempit dibanding tubuhnya. Bagian kepala terdapat strip kuning dan orange di kedua sisinya. Anakonda hijau juga memiliki mata yang terletak di bagian atas kepala. Hal ini memungkinkan si ular untuk melihat keluar air tanpa memunculkan tubuhnya di permukaan.

Kemampuan Memangsa Yang Berbahaya Hingga Kanibalisme

Dikenal sebagai predator paling ditakuti, anakonda hijau memiliki kemampuan bersembunyi yang hebat. Letak mata dan hidung yang berada di kepala bagian atas, memungkinkan hewan ini mengintai mangsa tanpa diketahui kehadirannya. Sepanjang sejarah, belum ada hewan yang tidak takluk pada anakonda hijau. Hewan-hewan seperti tapir, rusa, bahkan jaguar jadi santapan empuk anakonda hijau. Meski kerap memangsa hewan besar, anakonda juga tak menampik bila ada ikan, burung, ataupun hewan mamalia dan reptile berukuran sedang lainnya.  

Anakonda hijau melilit seekor buaya [image: source]
Kemampuan membelit mangsa adalah kekuatan terbesar anakonda hijau. Selain memangsa hewan apapun di sekitarnya, anakonda hijau juga memangsa kelompoknya sendiri. Kasus yang sering terjadi adalah anakonda betina memangsa anakonda jantan. Mengingat ukuran betina yang lebih besar dan lebih kuat. Kanibalisme ini terjadi karena anakonda betina membutuhkan asupan gizi yang lebih setelah melakukan perkembangbiakan.

Habitat dan Perilaku Anakonda Hijau

Anakonda hijau di darat [image: source]
Meski bisa hidup di darat dan di air, anakonda hijau cenderung lebih banyak menghabiskan banyak waktu di air. Terlebih di malam hari, anakonda kerap mengapung di bawah permukaan air dengan sebagain kepala di atas permukaan. Kebiasaan ini juga dimanfaatkan untuk mengintai mangsa yang lewat atau berhenti untuk minum. Sementara target minum di air, anakonda akan melilit tubuh mereka tanpa menelan atau mengunyahnya. Kecepatan gerak anakonda pun lebih cepat dibanding ketika berada di daratan.

Dengan tampilan fisik yang paling panjang, dan berat paling besar, serta kemampuan memangsa yang berbahaya, tak berlebihan kalau anakonda hijau dilabeli ular paling menakutkan sepanjang sejarah. Untungnya ular seram satu ini habitat aslinya di Amerika Selatan, kalau juga eksis di Indonesia bisa jadi mimpi buruk.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA