in

Ditonton Jutaan Orang, Ini Sosok Mbah Minto yang Viral Berkat Parodi ‘Gagal Mudik’

Kekuatan media digital memang bisa membuat siapa saja dikenal banyak orang dalam sekejap. Salah satunya adalah Mbah Minto, sosok nenek asal Klaten yang kini viral berkat video parodi berjudul ‘Gagal Mudik’ di saluran Youtube milik Muhammad Sofyan atau Ucup Klaten.

Kisah ‘Gagal Mudik’ dalam video yang menggambarkan realitas di masyarakat akibat wabah virus corona (Covid-19) itu, banyak ditonton oleh jutaan orang dan beredar lewat status WhatsApp. Alhasil, hal tersebut secara tidak langsung membuat Mbah Minto kini dikenal luas oleh masyarakat. Seperti apa kisahnya? Simak ulasan Boombastis berikut ini.

Parodi unik soal mudik yang viral di dunia maya

Kolaborasi antara Mbah Minto dan Ucup memang mengundang gelak tawa. Dengan memakai bahasa Jawa, parodi tersebut mengisahkan simbok (Mbah Minto) yang melarang sang anak (Ucup) supaya tidak mudik dulu agar tidak membawa virus corona. Namun, hal tersebut kemudian dibarengi dengan celetukan pamungkas, yakni agar THR-nya saja (uang) yang pulang. Video ‘Gagal Mudik’ ini pun viral di dunia maya.

Sosok Mbah Minto yang ternyata tetangga dari content creator Ucup Klaten

Muhammad Sofyan alias Ucup [sumber gambar]
Sosok Mbah Minto sendiri bukanlah figur yang asing bagi Ucup. Nenek berusia 70 tahun itu merupakan tetangga di desa, yang kemudian diajak untuk bekerjasama membuat video parodi. Tak hanya Mbah Minto, Ucup juga melibatkan beberapa anak muda di desanya dan sosok mbah-mbah lainnya dalam pembuatan videonya. Dilansir dari Detik (02/05/2020), Mbah Minto dibayar sebesar Rp 20 ribu sebelum video parodinya viral.

Dibuatkan akun Instagram sendiri untuk para penggemarnya

Tangkapan layar akun Instagram Mbah Minto [sumber gambar]

Viralnya Mbah Minto kemudian membuat Ucup tergerak untuk membuatkan akun Instagram untuk nenek berusia 70 tahun tersebut. Menurut pengamatan Boombastis pada Senin (04/05/2020), akun @simbok_minto telah memiliki 2,455 pengikut, 1 kiriman, dan 2 diikuti. Meski demikian, akun tersebut tidak dipegang langsung oleh Mbah Minto, melainkan dikelola oleh Ucup.

Dipuji Didi Kempot hingga Dijadikan imbauan ‘jangan mudik’ oleh Ganjar Pranowo

https://www.instagram.com/p/B_nueFtJVDK/

Kiprah Mbah Minto yang viral lewat video parodinya, membuat Didi Kempot ikut angkat suara. Penyanyi campursari itu bahkan mengira jika nenek berusia 70 tahun itu merupakan seorang mantan pemain teater. Hal serupa juga datang dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Dirinya yang me-repost dari akun Instagram milik Ucup, membubuhkan kalimat ‘tetep ora mulih’.

Mbah Minto yang kini dikenal luas oleh netizen Tanah Air

Mbah Minto yang kini dikenal di dunia maya [sumber gambar]
Berkat video parodinya tersebut, Mbah Minto kini telah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Videonya yang juga banyak beredar di status WhatsApp (WA), menjadi hiburan tersendiri di tengah upaya keras masyarakat yang berjuang menghadapi wabah virus corona (Covid-19) di Indonesia. Sehat terus ya mbah.

BACA JUGA: Meneladani Kerja Keras Youtuber Kaya Raya di Indonesia yang Sukses Membangun Karirnya

Baik Mbah Minto maupun Ucup, keduanya kini sama-sama diuntungkan lewat kolaborasi video ‘Gagal Mudik’. Selain lebih dikenal, Ucup berhasil menaikkan jumlah follower di Instagram menjadi 45 ribu pengikut dan menambah subscriber di Youtube hingga 100 ribu. Sementara Mbah Minto, diberi THR sebesar Rp 1 juta yang akan dititipkan lewat rekening milik Ucup. Hebat ya Sahabat Boombastis.

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

Jadwal Imsak dan Buka Puasa Hari ini, 7 Mei 2020

Beda Keyakinan, Perlakuan 5 Seleb kepada ART-nya Ini Bikin Adem Hati