Sebagai sosok artis papan atas di eranya, nama Gusti Randa begitu memikat bagi para penggemarnya di Indonesia. Dilansir dari laman sport.detik.com, pria kelahiran Jakarta, 15 Agustus 1965 itu, dikenal luas oleh masyarajat saat menjadi aktor dan sempat main di film Siti Nurbaya dengan berperan sebagai Samsul Bahri.

Seiring berjalannya waktu, Gusti Randa mulai melebarkan sayapnya di beberapa bidang. Selain menjad produser film, ia juga menjadi seorang pengacara yang beberapa kali terlibat dalam penyelesaian kasus hukum. Kini, Gusti Randa juga berkiprah di dunia seoak bola nasional. Bukan sebagai pemain profesional, tetapi menjadi salah satu orang terpenting di organisasi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

Mengawali karir di dunia keartisan nasional

Semasa dunia sinetron Indonesia tengah naik daun, Gusti Randa termasuk sosok yang beruntung bisa memanfaatkan kesempatan tersebut. Dilansir dari sport.tempo.co, ia dikenal luas saat memerankan tokoh Samsul Bari pada sinetron Siti Nurbaya di era 1990-an. Selain itu, pria berdarah Minangkabau ini juga bermain dalam sinema lainnya seperti Mahkota Mayangkara, Mahkota Majapahit, dan Singgasana Brama Kumbara.

Gusti Randa yang berperan sebagai Samsul Bahri pada sinetron Siti Nurbaya [sumber gambar]
Tak puas di dunia seni peran, Gusti Randa juga mencoba ranah tarik suara dengan mengeluarkan album musik berjudul “Ingin Kembali” ciptaan Youngky RM. Pengalamannya saat berakting di layar kaca, juga menarik minatnya untuk berkarya di belakang layar. Hasilnya, ia berhasil memproduseri film Marsinah pada April 2002 yang diangkat dari kisah nyata tewasnya seorang aktivis buruh di tahun 1993.

Sempat maju sebagai calon anggota legislatif (caleg)

Dari hingar bingar dunia keartisan, Gusti Randa juga sempat ikut mencalonkan diri sebagai anggota legislatif (caleg), di wilayah Sumatera Barat lewat Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura). Dilansir dari sport.tempo.co, langkahnya menuju ke parlemen sebagai anggota DPR RI gagal setelah kandas pada pemilihan umum 2009. Tak patah semangat, Gusti Randa mencoba kembali pada Pemilihan legislatif (Pileg) 2014

Menjadi caleg lewat partai Hanura [sumber gambar]
Dirinya akan ikut meramaikan perebutan kursi Parlemen bersama dengan artis David Chalik, yang juga mencalonkan diri lewat Partai Hanura. Keduanya bahkan telah menjadi kader di Organisasi tersebut. Laman nasional.kompas.com menuliskan, Gusti Randa bahkan secara resmi telah masuk ke dalam struktur Partai Hanura sebagai Ketua Bidang Hukum. Sementara David Chalik diangkat sebagai kader muda Partai Hanura.

Menjabat berbagai posisi strategis di tubuh PSSI

Keterlibatan Gusti Randa di dunia sepakbola nasional, tak lepas dari kiprah pertamanya saat mempopulerkan futsal pada 2009 bersama legenda sepak bola Indonesia Ronny Pattinasarani. Laman sport.tempo.co menuliskan, ia bahkan sukses membentuk Persatuan Olahraga Futsal Indonesia (POFI). Sayang, upaya tersebut mendapat protes dari federasi yang justru memuluskan karirnya untuk berkecimpung di dunia sepakbola nasional.

Merambah dunia sepakbola nasional lewat jabatan strategis di tubuh PSSI [sumber gambar]
Saat PSSI dipegang oleh Eddy Rahmayadi, Gusti masuk di jajaran Komite Eksekutif. Ia juga pernah dipercaya menjabat sebagai Ketua Asosiasi Provinsi PSSI DKI Jakarta. Selain itu, Gusti ditunjuk menjadi komisaris PT Liga Indonesia Baru menggantikan Glen Sugita melalui rapat umum pemegang saham pada Februati lalu. Terakhir, Plt Ketua PSSI Joko Driyono menunjuknya menjadi pelaksana tugas harian. Bisa dibilang, Gusti Randa telah menjabat tiga posisi berbeda, yakni sebagai anggota Komite Eksekutif PSSI, pelaksana tugas harian PSSI, dan Komisaris PT Liga Indonesia Baru.

Sosok yang juga menjadi pengacara hukum

Kasus pelecehan pada perempuan yang menjerat pemain Persija Jakarta, Marco Simic membuat Gusti Randa dipercaya untuk menangani perkara tersebut. Laman sport.detik.com menuliskan, dengan latar belakang sebagai pengacara plus posisinya di organisasi sepakbola nasional, Persija Jakarta telah menunjuk pria berdarah Minangkabau itu sebagai pengacara Marko Simic.

Dikenal sebagai sosok pengacara yang dipercaya Persija Jakarta dan PSSI [sumber gambar]
Senada dengan Persija, PSSI pun merestuinya sekaligus mengutusnya untuk membantu Simic secara hukum. “Pak Gusti sudah diminta oleh Persija untuk menjadi lawyer Simic. Dan federasi ya sudah, menugaskan Gusti Randa untuk membantu, menjadi lawyer Simic. Yang sejauh ini, Gusti sudah kontak dengan Simic,” ujar Gatot Widakdo, Kepala Hubungan Media dan Promosi Digital PSSI, yang dikutip dari sport.detik.com.

BACA JUGA: Resmi Ditetapkan Jadi Tersangka, Inilah ‘Prestasi’ Joko Driyono Untuk Sepakbola RI

Sejalan dengan roda nasib yang terus berputar, Gusti Randa yang dulu berkiprarh di dunia keartisan, kini dipercaya menjabat sebagai petinggi di tubuh PSSI untuk mengurusi dunia sepakbola nasional. Bisa dibilang, sosok Gusti Randa temasuk figur yang multitalent di bidangnya. Terbukti, ia sukses mengarungi karir di tiga pofesi yang berbeda, yakni sebagai artis, pengacara dan pejabat tinggi PSSI.