Categories: Trending

7 Fakta Terselubung Tentang Kehebatan Darah Manusia

Darah adalah bagian terpenting bagi setiap makhluk hidup di seluruh dunia. Dari darah, oksigen diedarkan ke seluruh tubuh. Dari darah pula nutrisi yang kita serap akhirnya dibagi secara merata ke setiap organ tubuh. Tanpa darah, manusia akan mati secara cepat. Itulah mengapa penyakit terkait darah selalu memiliki risiko besar membuat manusia meninggal dunia.

Baca Juga : 5 Alasan Berkebun di Rumah Bisa Menyelamatkan Bumi dan Hidupmu

Darah yang mengaliri tubuh kita ini ternyata memiliki beberapa fakta yang ternyata gila. Bahkan anda bisa membuat anda jadi tercengang. Mereka tak hanya mengedarkan sari makanan dan juga oksigen saja. Tapi juga segudang hal lain yang layak kita simak bersama-sama!

1. Penyebab Hidung Berair Saat Udara Dingin

Saat kita berenang, atau pergi ke tempat yang sangat dingin, biasanya hidung akan beler, banyak mucus atau ingus yang seakan keluar. Padahal kita tidak sedang flu. Lantas apa yang menyebabkannya? Jawabannya adalah darah!

Hidung Beler [image source]
Saat udara dingin, hidung alah bagian tubuh yang sangat cepat menerima rangsangan, berbarengan dengan telinga. Untuk mengatasi dingin yang berlebih, tubuh memiliki mekanisme mengirim banyak dara di rongga hidung. Hal ini dilakukan agar hidung tetap hangat. Namun dampaknya, ingus yang keluar jadi semakin banyak.

2. Ada Emas di Dalam Darah Manusia

Darah manusia memiliki banyak jenis komponen yang sering kita kenal dengan sel darah merah, sel darah putih, lalu plasma darah. Selain itu ada juga hemoglobin yang mampu mengikat oksigen hingga mampu diedarkan ke seluruh tubuh setiap saat.

Emas [image source]
Tapi tahukah anda, jika di dalam darah kita terdapat kandungan emas? Ilmuwan meneliti lagi kandungan darah manusia dan menemukan fakta hebat ini. Dalam setiap tubuh manusia dewasa sehat terdapat sekitar 0,2 miligram emas murni.

3. Ibu Hamil Punya Lebih Banyak Darah

Saat terjadi kehamilan, wanita akan mengalami kenaikan berat badan secara signifikan. Hal ini terjadi karena janin dalam tubuh terus tumbuh. Selain itu, kandungan darah juga terus naik. Terutama darah yang digunakan untuk menyalurkan nutrisi ke calon bayi.

Ibu hamil darahnya lebih banyak [image source]
Diperkirakan wanita yang sedang mengalami kehamilan akan memiliki volume darah 50% lebih banyak dari sebelum hamil. Volume maksimal ini didapat setelah kehamilan memasuki minggu ke-20. Darah yang melimpah ini memiliki fungsi utama untuk menghidupi bayi serta tetap melakukan fungsi utamanya bagi tubuh calon ibu.

4. Darah yang Dipompa Jantung Melebihi 200 Tank Besar!

Pernahkah anda membayangkan jika selama hidup, banyak sekali darah yang di pompa oleh jantung. Bahkan dalam umur rata-rata manusia, diperkirakan ada sekitar 1,5 juta barel darah yang diedarkan ke seluruh tubuh dari lahir hingga meninggal dunia.

Pembuluh Darah [image source]
Jantung adalah organ paling kuat dalam tubuh yang tak pernah berhenti bekerja selama kita hidup. Organ ini tanpa lelah terus membuat darah mengalir untuk mengedarkan nutrisi dan juga oksigen ke semua sel tubuh. Satu setengah juga barel? Hebat sekali!

5. Darah Sebagai Simbol Kepribadian

Kita mengenal ada 4 jenis tipe darah. Mulai dari A, B, AB, dan O. Di negara asia timur seperti Korea Selatan dan Jepang, darah dianggap membawa kepribadian manusia. Orang dengan golongan darah tertentu bisa memiliki sifat setia, atau sifat keras dan disiplin.

Simbol Kepribadian [image source]
Meski tidak bisa dijadikan acuan secara penuh, beberapa orang di negara ini percaya jika menikah pun perlu menyesuaikan golongan darah. Bekerja, hingga makanan pun juga menyesuaikan golongan darah. Ribet ya?

6. Darah Mengalir Sejauh 160.000 Kilometer

Ada yang pernah membayangkan sepanjang apa itu 160.000 kilometer? Mungkin sekitar 2 kali jarak mengelilingi bumi melalui khatulistiwa. Jauh? Banget! Itulah jarak yang ditempuh darah-darah yang ada di dalam tubuh kita.

Darah yang Dipompa [image source]
Pembuluh darah yang ada di dalam tubuh manusia mencapai 160.000 kilometer. Dari yang paling besar hingga kecil. Jadi secara otomatis darah akan mengalir ke seluruh saluran itu setiap hari. Benar-benar ciptaan Tuhan tak ada yang bisa menandingi!

7. Sel Darah Mampu Menyelesaikan Perjalanan Kurang Dari 30 Detik

Pembuluh darah di dalam tubuh panjangnya berkilometer. Darah mengaliri semuanya secara merata untuk mengedarkan oksigen dan sari makanan. Setelah itu darah kembali ke jantung untuk dipompa lagi hingga melewati paru-paru.

Sel darah mengalir cepat [image source]
Semua hal yang rumit dan panjang ini bisa diselesaikan oleh darah dalam 30 detik saja. Bisa dibayangkan kan seperti apa kecepatan aliran darah pada manusia? Mungkin balapan formula satu yang sering kita liat di TV bisa dikalahkan oleh darah. Just wow!

Baca Juga : 5 Fenomena Manusia Modern yang Ternyata Sama dengan Manusia Zaman Dulu

Itulah sekelumit hal gila yang dilakukan oleh darah. Tak hanya perkara mengedarkan sari makanan dan oksigen saja kan? Darah juga bisa melakukan hal-hal hebat. bahkan mengalir di jarak yang panjang dan cepat pula! So, sayangi darah kita, jangan sampai ada penyakit membuat darah kita jadi tak hebat. Selalu sehat ya!

Share
Published by
Adi Nugroho

Recent Posts

Suami Sandra Dewi Jadi Tersangka Kasus Korupsi Penambangan Liar Timah di Bangka Belitung

Pernikahan artis Sandra Dewi dan Harvey Moeis sempat menjadi perbincangan publik karena mewah dan bak…

4 weeks ago

Buka Galangan Dana untuk Ibu, Singgih Sahara Salah Gunakan hingga 200 Juta untuk Pribadi

Nama Singgih Sahara, komika asal Semarang, belakangan menjadi sorotan publik lantaran hal yang dilakukannya membuat…

1 month ago

Donny Kesuma Meninggal Dunia karena Penyakit Jantung

Berita duka menyelimuti dunia entertainment Indonesia saat Donny Kesuma meninggal dunia. Mantan aktor ini meninggal…

1 month ago

Selingkuh Berkali-Kali sampai KDRT, Ini Alasan Kurnia Meiga Dicerai Istri

Belakangan, nama mantan pesepakbola Kurnia Meiga tengah diperbincangkan publik. Awalnya ia viral lantaran video yang…

1 month ago

Caleg Ini Hentikan Aliran Air dari Sumur Miliknya Setelah Gagal, Ternyata Ini Alasannya

Masih banyak daerah di Indonesia yang tidak mendapatkan akses air bersih dengan mudah. Seperti para…

1 month ago

Punya Senyum Manis, Perempuan Asal Solo Ini Disebut Mirip Banget dengan Pevita Pearce

Pernah dengar kalau setiap orang di dunia ini punya 7 kembaran, alias orang yang sangat…

1 month ago