Ada banyak sosok keturunan Indonesia yang berkiprah di luar negeri seperti di negara adidaya macam Amerika Serikat. Setelah sebelumnya dihebohkan dengan sosok Chuncun Meares yang merupakan perwira AL AS keturunan Ponorogo, kini ada pula figur Alta Lauren Gunawan yang juga berkiprah di negeri Paman Sam Tersebut.

Dilansir dari internasional.kompas.com, Alta merupakan anggota Secret Service (Paspampres) Amerika Serikat Divisi Pengawalan Motor. Alhasil, dirinya pun menjadi warga Asia-Amerika pertama yang beruntung bisa mengemban tugas mulia tersebut. Seperti apa sosoknya? Simak ulasan berikut.

Berawal dari menyukai motor di usia muda

Sejak usia 18 tahun, Alta remaja telah menunjukkan ketertarikannya pada moge alias motor gede macam Harley Davidson. Dikutip dari internasional.kompas.com, teman-teman sebayanya saat kuliah yang juga banyak menunggangi motor, memacu diri Alta untuk lebih memperdalam cara-cara mengendarai motor hingga kemudian mengambil kursus. “Sensasi kebebasan yang Anda rasakan ketika menaikinya, tak bisa dibandingkan dengan hal lain,” ucapnya.

Tak kapok berlatih hingga diterima masuk menjadi anggota Secret Service AS

Berlatih hingga mengambil kursus mengendarai motor [sumber gambar]
Latar belakang sang kakek yang merupakan sosok Polisi di kota Illinois, AS, menjadi motivasi bagi Alta untuk mengikuti jejaknya. Tak hanya itu, perempuan 30 tahun itu juga mencoba untuk melamar menjadi anggota Secret Service, yang merupakan badan keamanan berisi 7.000 orang agen khusus, polisi, hingga spesialis. Saat itu, salah satu tesnya adalah mengendalikan Harley Davidson, di mana Alta kerap gagal dan sempat terjatuh saat membawa benda yang berbobot tujuh kali dari berat badannya tersebut.

Tugas mulia untuk melayani Presiden AS dan tokoh penting lainnya

Tugas mulia untuk melayani presiden dan pejabat tinggi lainnya [sumber gambar]
Setelah Alta belajar meliuk-liuk melewati kerucut lalu lintas, menghindari rintangan, hingga mempelajari “break and escape” dalam kecepatan tinggi, dirinya kemudian didapuk sebagai bagian dari tim iring-iringan motor Secret Service. Tugasnya pada unit terbaru yang berjumlah 10 personel tersebut, bertanggung jawab untuk menghentikan lalu lintas sehingga Presiden AS maupun pejabat negara lainnya bisa lewat.

Kiprahnya bisa menjadi inspirasi bagi kaum wanita lainnya

Berharap dirinya menjadi inspirasi bagi kaum perempuan lainnya [sumber gambar]
Tak mudah menjadi seorang anggota Secret Service hingga masuk sebagai tim iring-iringan motor bagi pejabat tinggi AS. Namun, sosok Alta seolah menjadi pendobrak batasan-batasan tersebut dan membuktikan bahwa dirinya bisa mencapai apa yang diinginkannya. Untuk menambah semangat, Alta juga mengatakan dia berharap bisa menjadi inspirasi bagi gadis muda lainnya. “Anda bisa meraih impian dengan kerja keras dan dedikasinya,” pungkasnya seperti yang dikutip dari laman internasional.kompas.com.

BACA JUGA: Kisah Mantan Buruh Pabrik yang Kini Sukses Menjadi Perwira Penerbang Helikopter TNI AL

Kisah Alta di atas, mengingatkan kita akan kiprah dari sosok perempuan yang sejatinya bisa masuk di segala bidang. Termasuk profesinya sebagai paspampres yang tak sembarang bisa dilakukan oleh orang lain. Dengan keberhasilannya menembus posisi tersebut, mudah-mudahan sosok Alta bisa menjadi inspirasi bagi perempuan lainnya agar tidak ragu meraih cita-cita yang diimpikan.