Garang! Begini Pengawalan Presiden Amerika, Bikin Teroris Ciut Nyalinya

oleh Rizal
07:00 AM on Apr 11, 2016

Jika dibandingkan dengan negara-negara lain di dunia, AS merupakan salah satu negara dengan jumlah presiden paling banyak terbunuh. Tercatat ada empat nama yang jadi korban, mulai dari Abraham Lincoln, James A. Garfield, William McKinley, serta yang paling dramatis dan fenomenal adalah John F Kennedy. Tak pelak, kematian presiden ini pun jadi aib terbesar AS sepanjang sejarah mereka dan membuat Amerika pernah begitu malu karena dipandang sangat remeh.

Bermaksud untuk mencegah hal yang sama terjadi. Akhirnya pemerintah AS pun membentuk satuan khusus untuk mengamankan presiden bernama Secret Service Agent. Pasukan khusus ini bertugas untuk membuat nyawa presiden tetap aman kapan pun di mana pun. Usaha ini berhasil sangat baik, dan saat ini bisa dibilang pasukan pengaman presiden terbaik dunia adalah milik AS.

Baca Juga
Hati-Hati! 4 Modus Penipuan ‘Pencarian Harta Karun’ Ini Sedang Marak Terjadi di Indonesia
4 Fakta Abu Dis, Kota Tua yang Digadang-gadang Bakal Jadi Ibukota Baru Palestina

Capaian besar, harus ada bukti. Ya, berikut adalah hal-hal sangar yang dilakukan oleh SSA untuk mengamankan sang kepala negara.

Agen Memeriksa Destinasi Presiden 3 Bulan Sebelum Kedatangan

Dalam lawatannya ke luar negeri, presiden AS tidak akan langsung datang begitu saja. Ada persiapan pengamanan yang harus dilakukan. Biasanya, tahap pertama adalah pengecekan tempat destinasi. Gilanya, para SSA sudah lazim memeriksa destinasi presiden 3 bulan sebelum kedatangan.

Cek destinasi sebelum presiden tiba [Image Source]
Cek destinasi sebelum presiden tiba [Image Source]
SSA akan mengontak agen setempat kemudian melakuan koordinasi. Tak hanya itu, mereka juga menjadwalkan agar saat itu tidak ada pesawat lain yang terbang sejadwal dengan presiden. SSA juga harus memastikan lokasi rumah sakit terdekat, serta menyiapkan tempat darurat kalau-kalau terjadi sesuatu. Pengecekan ini akan terus dilakukan secara rutin sampai sang presiden tiba. Benar-benar profesional dan sangat aman.

Bekerja Sama Dengan Kepolisian Setempat dan Juga Penjahat

Sebelum presiden datang SSA dipastikan sudah menjalin kerja sama dengan para anggota kepolisian negara destinasi. Mereka melakukan koordinasi pengamanan sampai membahas soal hal-hal tidak terduga yang mungkin terjadi. Tak hanya itu, SSA biasanya akan meminta kontak para penjahat di sana.

Bekerja sama dengan polisi [Image Source]
Bekerja sama dengan polisi [Image Source]
Menurut salah satu agen SSA, hal ini tidak bertujuan untuk melakukan hal yang aneh-aneh. Melainkan hanya memperingatkan para penjahat untuk tidak macam-macam selama presiden di kota. Dengan nama besar SSA, mereka mengancam para penjahat dan hal tersebut biasanya selalu berhasil.

Sekompi Pesawat dan Ribuan Orang yang Dilibatkan

Kunjungan presiden AS mungkin hanya begitu saja, tapi persiapan dan penjagaannya benar-benar edan. Tak hanya memeriksa apa pun sebelum kedatangan, proses pengawalannya sendiri juga sangar. Misalnya ketika keberangkatan, setidaknya ada 6 buah pesawat yang akan mengawal Air Force One yang dinaiki presiden.

Air Force One dikawal jet [Image Source]
Air Force One dikawal jet [Image Source]
Pesawat-pesawat ini punya fungsi masing-masing. Ada yang membawa helikopter, kargo untuk limousin presiden dan hal-hal yang lain. Dalam proses ini setidaknya ada ribuan orang yang dilibatkan. Semua itu hanya untuk keselamatan satu orang saja yakni presiden AS.

SSA Mengamankan Seluruh Hotel Singgah Presiden

Ketika mengunjungi sebuah negara, biasanya presiden akan tinggal di sebuah hotel. Nah, hotel yang digunakan presiden ini juga akan diamankan dengan sangat ekstrem. SSA akan memeriksa beberapa lantai hotel. Mereka juga akan memeriksa setiap detail dari kamar presiden. Memberi kaca-kaca jendela dengan plat anti peluru serta membuang semua perlengkapan elektronik.

Unit K-9 Secret Service Agent [Image Source]
Unit K-9 Secret Service Agent [Image Source]
Sebelum prosedur ini biasanya SSA akan memeriksa setiap inci hotel tersebut. Mulai dari akses pintu darurat hingga membawa unit K-9 untuk mengendus adanya bom-bom. Benar-benar sangat sempurna.

Presiden Membawa Sendiri Tukang Masaknya

Tak hanya ancaman yang bersifat fisik seperti beberapa hal di atas, makanan presiden juga jadi hal yang harus dipastikan keamanannya. Dalam setiap kunjungannya keluar negeri, staf kepresidenan AS biasanya akan membawa tukang masaknya sendiri. Tukang masak ini biasanya memang yang melayani presiden di White House sehingga tidak diragukan lagi kualitasnya.

Chef White House [Image Source]
Chef White House [Image Source]
Tak hanya membawa tukang masak sendiri, para koki kepresidenan ini juga akan belanja sendiri bahan-bahannya di lokal market setempat. Tak cukup dengan itu, dalam proses memasaknya para koki ini juga tidak boleh diganggu dan dibantu bahkan oleh chef kepala hotel sekalipun.

Wih, pengamanannya benar-benar sangar dan ekstrem, ya? Pantas kalau presiden Amerika tak perlu mengkhawatirkan apa pun. Sepertinya Indonesia harus mencontoh Amerika dalam hal pengamanan presiden ini. Jujur saja mungkin jika dibandingkan dengan Paspamres, SSA lebih oke.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA