Kabar akan mualafnya Deddy Corbuzier membuat gempar warganet. Banyak yang masih tidak percaya bahwa pria plontos yang mendapat julukan Father of Youtube ini akhir menjemput hidayahnya dan akan segera menjadi seorang muslim. Ya, Deddy akan mengucapkan kalimat syahadat di Pondok Pesantren Ora Aji Yogyakarta.

Pesantren ini adalah lembaga milik Gus Miftah –sahabat sekaligus mentor yang selama ini sering muncul di YouTube milik Deddy Corbuzier. Sedari pertama bertemu melalui Hitam Putih, kedua sosok ini tampak sering sekali membahas tentang Islam. Hingga pada akhirnya, Deddy sering didoakan oleh netizen agar segera menjemput hidayah dan menjadi muslim. Tak sia-sia ternyata, tepat hari ini (setelah salat Jumat) Deddy akan resmi memeluk Islam.

Namun, nyatanya tak ada perjalanan menemukan cahaya yang berjalan mulus. Saat semua orang mendoakan Deddy agar menjadi muslim yang istiqomah, kilas balik perjalanannya tidaklah mudah. Sekarang, mari kita lihat perjalanan Deddy Corbuzier hingga hari ini.

Bersahabat dengan orang yang paham agama Islam

Sebelumnya, kita tau bahwa Deddy Corbuzier sudah sejak lama bersahabat dengan ustaz Wijayanto. Bahkan, untuk beberapa masalah, sang ustaz kerap hadir di acara Hitam Putih yang dipandu Deddy untuk memberikan penjelasan. Namun, hidayah memang tidak bisa ditebak datangnya melalui siapa. Ketertarikan akan belajar tentang Islam baru ia dapatkan saat bertemu dengan Gus Miftah pada September 2018 lalu.

Bersama ustaz Wijayanto dan Gus Miftah [sumber gambar]
Ya, kala itu Gus Miftah viral karena memberi tausiyah di salah satu club malam di Bali. Karenananya, tim Hitam Putih menjadikan Gus Miftah sebagai bintang tamunya. Merasa cocok, keduanya lalu sering tampil bareng dalam video-video YouTube Deddy Corbuzier. Bahkan, ada beberapa momen di mana Deddy mengajak Gus Miftah kembali mengisi ‘tanya ustaz’ di Hitam Putih.

Belajar Islam selama delapan bulan

Jika kita melihat lagi ke beberapa video ungghan Deddy di YouTube-nya, sepertinya sinyal-sinyal bahwa ia sedang belajar tentang Islam sudah ada sejak lama. Berdasarkan yang Boombastis.com teliti, ada beberapa yang judulnya menyerempet pembahasan Islam, seperti “AGAMA APA YANG PALING BENAR? with Gus Miftah + (Antara Cebong dan Kampret)”, “MAKAN DI RUMAH ORANG KAFIR ITU ⁉ (Gus Miftah VS Deddy Corbuzier)” hingga “SAYA MUALAF BILA. (Debat Kursi Panas~Gus Miftah VS Me)”.

Puncaknya, sebuah video yang diunggah pada 31 Mei lalu dengan judul “BENAR ATAU BAIK, BENAR JUGA HARUS BAIK (Dimarahin Ustad dan Jalan Mualaf?)”. Video ini diunggah setelah Deddy viral di jagad maya karena drama bersama Captain Vincent. Dalam unggahan berdurasi 6 menit lebih tersebut, ia mengatakan jika ia sedang kencang-kencangnya belajar Islam bersama Gus Miftah –bahkan sudah berjalan selama delapan bulan.

Tidak muallaf karena akan menikah

Dalam video di atas, Deddy juga menjelaskan jika ia tidak masuk Islam karena akan segera menikah –karena Sabrina adalah seorang muslim. Melansir dream.co.id, Gus Miftah menjelaskan bahwa Deddy dan Sabrina memang telah bertunangan sejak tiga bulan yang lalu.

Deddy dan Sabrina [sumber gambar]
Namun, mempelajari Islam sendiri sudah berjalan delapan bulan. Hingga kemudian di hari ini (21 Juni), Deddy memutuskan untuk memeluk agama Islam. Toh, sebelumnya ia juga menikah dengan Kalina, yang notabenenya beda keyakinan. Deddy juga mengatakan jika perceraiannya tidak ada sangkutpautnya dengan agama.

Tantangan dari keluarga besar

Tantangan yang paling besar dihadapi oleh seseorang yang akan berpindah keyakinan memang keluarga sendiri. Begitupun yang terjadi dengan Deddy Corbuzier. Menurut Gus Miftah, kontroversi dari keluarga atas keputusan Deddy ini pasti ada. “Ya kontroversi pasti ada lah (di pihak keluarga). Tapi kayaknya seperti itu (sudah mulai menerima), Insya Allah. Ya pasti ada kontroversi lah bro,” ungkap Gus Miftah saat dihubungi wartawan pada Rabu (19/6/2019), melansir dari suara.com.

Namun, atas pernyataan ini, Deddy meluruskan bahwa pihak keluarga mulai menerima apa yang akan ia buat. “Tapi kan tergantung kamu menjelaskan. Toh keluarga kamu smart, keluarga cerdas. Ya doakan saja lah semoga lancar,” sambung Gus Miftah lagi.

BACA JUGA: Berdakwah di Club Malam, Ini Loh Sosok Gus Miftah yang Sedang Dibicarakan Banyak Orang

Prosesi menuju Islam ini awalnya akan disiarkan di televisi loh, Sahabat Boom. Namun, karena takut akan mendapat teguran dari KPI (Komisi Penyiaran Indonesia), maka hal tersebut akhirnya dibatalkan. Namun begitu, Gus Miftah memastikan prosesnya akan berjalan dengan lancar. Duh, jadi gasabar pengin lihat konten Om Deddy setelah menjadi muallaf, gaes~