Nama Vincent Raditya rasanya sudah tidak asing lagi di telinga. Pilot sekaligus Youtuber ini punya banyak sekali fans karena konten YouTubenya seputar dunia aviasi, sehingga beda daripada yang lain. Apalagi setelah video kolaborasi zero gravity bersama Limbad bulan lalu viral dan menjadi trending, subscribernya bertambah pesat seiring dengan permintaan netizen agar Captain Vincent collab dengan artis lain.

Namun, ternyata praktik zero gravity ini berbuntut panjang dan menjadi masalah. Beberapa YouTuber yang diajak untuk berkolaborasi menganggap hal tersebut sebagai sesuatu yang berbahaya dan mengancam keselamatan. Hingga akhirnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencabut lisensi penerbangan single engine milik Vincent. Drama ini pun sekarang sedang menjadi trending di dunia perYouTube-an Indonesia. Tapi, sebelum kamu ikut menghujat dan membela mana yang salah mana yang benar, kita lihat dulu deh bagaimana awalnya masalah ini bisa jadi urusan netizen se-tanah air.

Debat tentang bahaya zero gravity di channel YouTube THE BALDIES

Muara awal dari semua masalahnya dari pembahasan THE BALDIES ini, gaes. Kanal YouTube milik duo botak –Anji dan Deddy Corbuzier—ini membahas satu objek di mana masing-masing mereka stand di satu posisi (pro atau kontra). Nah, yang kebetulan dibahas pada 7 Mei ini adalah zero gravity-nya Captain Vincent. Deddy Corbuzier yang jelas kebagian NO pada game ini jelas mengatakan bahwa zero gravity itu berbahaya.

Meski Anji ngotot mengatakan bahwa Vincent adalah captain dan menguasai dunia aviasi, hal tersebut tetap dibenarkan karena bukan bahan candaan menurut Deddy. “It’s fun tapi itu berbahaya bro, itu pesawat bro bukan mainan, lu kira layang-layang”, mungkin beginilah statement yang digunakan Deddy untuk menentang pendapat Anji. Di akhir video ini, Anji yang awalnya YES dan stand membela Vincent pun mengatakan kalau zero gravity adalah tindakan yang berbahaya.

Tantangan untuk THE BALDIES

Tak butuh waktu lama untuk Captain Vincent memberikan klarifikasi terkait video unggahan THE BALDIES ini. Dua hari setelah video Anji dan Deddy tayang, Vincent mengajak keduanya kolaborasi, ya tujuannya jelas buat menunjukkan kalau zero gravity itu tidak seberbahaya seperti yang mereka fikirkan.

Tak hanya menjelaskan tentang g-force saja, Captain Vincent juga memberikan beberapa video contoh gravity yang biasa dilakukan oleh pesawat-pesawat di luar negeri. Intinya, satu detik yang beberapa kali ia lakukan bersama para YouTuber sebelumnya hanyalah bagian yang sangat kecil dari zero gravity sebenarnya, sebatas pengenalan di permukaan saja.

Ajakan dari Deddy Corbuzier untuk tarung di ring MMA dan permintaan maaf

Mendapat tantangan dengan baik-baik dari Captain Vincent ternyata membuat Deddy Corbuzier menantang balik Vincent untuk tarung di ring MMA dahulu sebelum naik pesawat kecil Cessna 172. Dari video inilah para netizen mulai ikut nimbrung. Menurut mereka, jika tidak mau diajak kolaborasi bareng, Deddy tinggal hanya mengatakan tidak, bukannya malah menantang balik MMA –yang pastinya kita akan tau siapa yang menjadi pemenang.

Video ini kemudian dihapus oleh Deddy Corbuzier. Ia mengunggah video baru yang berisi permintaan maaf kepada Captain Vincent (karena sudah mengajak tarung MMA). Di video tersebut Deddy mengatakan bahwa ajakan MMA itu hanya bercanda yang ditanggapi serius oleh netizen. Ia juga mengatakan video yang dihapus itu tak lain ya karena ia sadar kalau video tersebut salah. Begitu loh netizen semuaa!

Kesalahan Captain Vincent saat mempraktikkan zero gravity

Ini nih yang lagi anget-angetnya dibahas dan menjadi trending. Mengundang Deddy Corbuzier dan Inspektur Operasi Penerbangan Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKKPU), Captain Renato. Berdurasi 22 menit lebih, berdasarkan peraturan yang dibeberkan oleh Captain Renato, memang ada beberapa hal yang miss dan tidak diketahui oleh Captain Vincent. Zero gravity di sini boleh dilakukan, hanya saja tidak sembarang tempat, bukan untuk umum (hanya untuk training student), dan pilot yang melakukan haruslah qualified dan punya licence instructor –yang setelah diperiksa oleh DKKPU, Captain Vincent tidak memiliki licence tersebut.

Selain dari melakukan zero gravity secara sengaja, hal lain yang luput dari perhatian Captain Vincent adalah tidak memakaikan shoulder harness serta memberi kendali mesin kepada penumpang yang tak berwenang (teman collabnya). Atas 3 tindakan tersebutlah, izin perbangan single engine Vincent dicabut. Yang disayangkan oleh netizen adalah konten ini dinilai terlalu menjatuhkan dan julid plus menghambat rezeki orang. Saking geramnya, mereka berbondong-bondong unsubscribe akun Cameo Project dan Deddy Corbuzier. Beberapa YouTuber juga menyayangkan pencabutan lisensi tersebut.

BACA JUGA: Gara-gara Celotehan Deddy Corbuzier kepada 5 Public Figure Ini, Subscribersnya Berkurang Drastis!

Berbanding terbalik dengan kedua channel (Cameo Project dan Deddy Corbuzier), Captain Vincent mendapat banyak dukungan dari para netizen. Bahkan, ada yang sampai membuat petisi untuk mengembalikan lisensi sang captain yang sudah dicabut oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Setelah beberapa klarifikasi video dari masing-masing YouTuber, semoga saja netizen bisa lebih paham dengan akar masalahnya dan jangan emosi dulu. Bulan puasa, gaes.