Bukan sebuah rahasia lagi, selain para elite politik Indonesia, dalam Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2019 beberapa waktu lalu juga memunculkan nama-nama artis jadi pesertanya. Tercatat ada lebih 20 pesohor, dari dunia entertainment yang mengadu nasib sebagai caleg di Pesta Demokrasi tersebut. Pada umumnya, popularitasnya di jagat hiburan menjadi salah satu senjata penting menggait simpati rakyat untuk memilihnya.

Masih tentang mereka, ternyata telusur punya telusur dari sekian banyak artis yang ikut Pemilu 2019 ini, hanya ada beberapa artis saja yang mampu lolos masuk ke Senayan. Bahkan nama artis beken seperti Ahmad Dhani banyak yang memprediksi gagal jadi Caleg. Lalu siapa para publik hibur dunia hiburan mampu melenggang jadi wakil rakyat? Berikut nama-namanya yang dirujuk Boombastis dari data Perhimpunan Sangga Nusantara.

Diva top Indonesia diusung PDIP Krisdayanti

Krisdayanti Caleg [Sumber Gambar]
Krisdayanti atau juga dikenal dengan dengan nama KD merupakan artis yang pada Pemilu tahun 2019 ini ikut mangadu nasib sebagai Caleg. Diusung partai PDIP, istri Raul Lemos ini bertarung di daerah pemilihan Jawa Timur 5. Menurut data Perhimpunan Sangga Nusantara yang dikutip laman Suara.com Diva Top Indonesia ini diprediksi lolos ke Senayan dengan perolehan suara mencapai 132.131. Capaian bagus ini, juga membuat KD mengalahkan politisi senior PDI Perjuangan, Ahmad Basarah yang perolehan suaranya lebih rendah 27,217 suara dari perempuan bersuara emas tersebut.

Artis pria kawakan Tommy Kurniawan

Tommy Kurniawan [Sumber Gambar]
Artis lain yang menurut data Perhimpunan Sangga Nusantara yang lolos duduk kursi Parlemen adalah Tommy Kurniawan. Pria 34 tahun ini sukses memperoleh suara sebanyak 33.988 suara. Dirinya yang diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), bertarung di daerah pemilihan Dapil Jawa Barat 5 yang wilayahnya adalah Kabupaten Bogor. Melihat capaian tersebut kabarnya Tommy Kurniawan mengaku puas dan bersyukur lantaran kerja kerasnya yang dilakukan selama Pemilu 2019 berbuah hasil yang positif.

Pesohor senior dunia entertainment Desy Ratnasari

Desy Ratnasari [Sumber Gambar]
Seperti mengikuti langkah para artis tadi, pesohor kondang dunia entertainment Desy Ratnasari rupanya diam-diam juga bertarung pada pemilu 2019 ini. Dirinya yang diusung partai PAN, berkompetisi untuk jadi wakil rakyat di daerah pemilihan Jawa Barat 4 yang meliputi Kabupaten Sukabumi dan Kota Sukabumi. Dari penelusuran yang dilakukan oleh penulis Desy sukses mengumpulkan suara sebanyak 86.440. Hasil yang cukup mengantarkannya ke Senayan untuk kedua kalinya. Sebelumnya, wanita murah senyum ini merupakan anggota Komisi VII DPR RI.

Artis diusung partai Gerinda Rachel Maryam

Rachel Maryam [Sumber Gambar]
Masih tentang artis-artis yang mampu lolos jadi wakil rakyat. Sosok Rachel Maryam juga diam-diam diprediksi mengunci satu kursi di Parlemen. Maryam bertarung di Pemilu Serentak tahun ini menumpang Partai Gerindra sukses mendapatkan 146.636 suara. Rachel sendiri bertarung dapil Jawa Barat 2. Dalam riwayatnya Pemilu 2019 ini, menjadi yang kedua untuk perempuan 39 tahun tersebut. Setelah sebelumnya di 2014, mampu lolos menjadi anggota DPR untuk priode 2014-2019.

BACA JUGA: Bukan Hanya Artis, 4 ‘Pekerja Biasa’ Ini Buktikan Kalau Siapa Saja Bisa Jadi Anggota Dewan

Melihat-melihat hasil tadi, agaknya sedikit menjadi bukti kalau banyak rakyat kini mulai berani mempercayakan suaranya di pemerintahan kepada para artis. Namun terlepas dari hal tersebut, hadirnya para pesohor dunia entertaiment di Pemilu 2019 ini adalah perwujudan nyata terkait sebuah sistem bernama Demokrasi.