in

Teknologi Canggih Sukses Ciptakan Daging Buatan yang Lezat, Amankah Dikonsumsi Manusia?

Pergerakan zaman yang semakin canggih, senantiasa memunculkan berbagai teknologi dan perkembangan yang mutakhir. Khususnya di bidang sains dan ilmu pengetahuan. Dilansir dari tirto.id, Sejumlah ilmuwan berhasil membuat daging buatan yang dihasilkan dari laboratorium penelitian mereka.

Salah satunya adalah Profesor Mark Post dan kawan-kawan yang telah membudidayakan daging laboratorium untuk burger sejak Mei 2013. Selain diklaim lebih sehat, hasil produksi itu juga tidak mengandung bakteri berbahaya seperti daging konvensional karena diolah di dalam laboratorium yang steril. Seperti apa bentuk daging buatan tersebut?

Daging hasil penelitian laboratorium yang populer sejak tahun 2000-an

Daging buatan hasil penelitian laboratorium yang bisa dikonsumsi, pertama kali diciptakan oleh NSR/Touro Applied BioScience Research Consortium. Dikutip dari tirto.id, mereka berupaya menumbuhkan sel-sel ikan mas menjadi daging laboratorium yang menyerupai daging fillet pada 2002 silam. Sebelumnya, percobaan serupa telah sukses dilakukan sejak 1990-an, di mana para ilmuwan mampu memproduksi sejumlah kecil jaringan yang pada prinsipnya bisa dimasak dan dimakan.

Perkembangan daging buatan yang semakin pesat

Daging buatan berkembang dengan pesat [sumber gambar]
Menginjak tahun 2012, ada kurang lebih 30 pusat penelitian di seluruh dunia yang mengumumkan bahwa mereka sedang mengembangkan daging laboratorium versinya sendiri-sendiri. Sumber dari tirto.id menuliskan, Salah satu contohnya adalah Memphis Meats, sebuah start-up Silicon Valley yang didirikan oleh seorang ahli jantung. Perusahaan tersebut meluncurkan daging laboratorium dalam bentuk bakso sapi goreng pada 2016. Tahun 2017, mereka kembali meluncurkan daging laboratorium ayam dan bebek.

Makanan sehat yang diramalkan bakal menjadi santapan di masa depan

Populer diteliti sejak tahun 2000an [sumber gambar]

Karena perkembangannya yang semakin pesat, membuat daging laboratorium diramalkan oleh beberapa pihak menjadi makanan pilihan di masa depan. Menurut Joe Tetrick, CEO produsen daging JUST yang dikutip dari tirto.id meramalkan, daging laboratorium oleh masyarakat akan segera terwujud sebelum akhir 2018. Bahkan, Paul Shapiro, penulis “Daging Bersih: Bagaimana Menumbuhkan Daging Tanpa Hewan Akan Mengubah Makan Malam dan Dunia”, memperkirakan produk dari daging laboratorium akan menjejali rak-rak toko mulai tahun 2021.

Daging sehat yang bebas bakteri jahat dan aman bagi tubuh manusia

Meski dibuat melalui serangkaian penelitian, daging buatan tersebut diklaim lebih menyehatkan bagi manusia. Dilansir dari tirto.id, Penyebabnya adalah proses produksinya dilakukan di lingkungan yang steril, sehingga akan lebih bebas dari bakteri jahat. Terlebih, jumlah dan jenis lemaknya yang terkontrol, membuat daging laboratorium menghindarkan konsumen dari kolesterol yang meningkatkan risiko stroke hingga penyakit jantung bagi para pemakan daging di berbagai negara.

Sebagai solusi untuk mengatasi permintaan daging yang semakin tinggi

Ilustrasi daging [sumber gambar]
Diperkirakan, kebutuhan konsumsi akan daging hewan akan semakin meningkat di masa depan. Sumber dari tirto.id menuliskan, makanan yang dihasilkan dari laboratorium tersebut, bisa menjadi jawaban atas dilema masyarakat modern. Di mana permintaan dan konsumsi daging kian meninggi tiap tahun. Hal ini juga dapat mengurangi dampak pemanasan global, yang bersumber dari industri pengolahan daging hewan konvensional.

BACA JUGA: Penting! Ketahui 4 Cara untuk Menurunkan Kadar Kolesterol Pada Daging Ayam

Jika benar terealisasi, daging buatan tentu akan menjadi solusi makanan yang sehat di masa depan. Itupun jika memang pada proses dan pengolahannya telah melalui prosedur yang sesuai. Bukan hanya soal memenuhi kebutuhan akan daging hewani yang semakin besar di masa depan, tapi juga harus memberikan dampak yang positif terhadap kehidupan manusia. Gimana menurutmu Sahabat Boombastis?

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

Disamakan dengan Kang Galon, 10 Meme Aquaman Ini Bakalan Bikin Lupa Sama Status Jomblo

Deretan Pemain Winning Eleven yang Tidak Pernah Lekang di Ingatan Para Insan Bola