in

Penting! Ketahui 4 Cara untuk Menurunkan Kadar Kolesterol Pada Daging Ayam

Banyak yang menyangka jikalau daging kambing memiliki kolesterol sangat tinggi. Namun, pendapat itu disanggah oleh beberapa peneliti. Alasannya karena ternyata daging ayamlah yang mempunyai kadar kolesterol tertinggi daripada bahan makanan lain.

Jadi, untuk yang sekarang lebih suka makan daging ayam dibandingkan kambing dan lainnya, harus segera menjauhkan pemikiran tersebut. Kalian harus mengurangi mengonsumsi daging ayam dalam kehidupan sehari-hari. Akan tetapi, kalau kalian memang suka sekali dengan daging ayam, jangan khawatir. Kalian bisa kok mengurangi kadar kolesterol ayam dengan cara-cara tertentu.

Dengan menggunakan limbah kulit pisang

Cara satu ini memang belum banyak orang yang tahu. Sebab, menurunkan kadar kolesterol pada daging ayam menggunakan limbah kulit pisang ditemukan oleh beberapa mahasiswa Jurusan Biologi Universitas Hasanudin. Mereka memilih daging ayam untuk penelitiannya karena itu adalah bahan makanan yang paling disukai oleh masyarakat. Kemudian, pisang dipilih lantaran mengandung vitamin B, C, kalsium dan protein.

Menggunakan limbah kulit pisang [Sumber Gambar]
Nah, supaya ini bisa langsung diterapkan oleh masyarakat, khususnya para peternak ayam, mereka membuat cara penurunan kolesterol menjadi lebih mudah. Caranya adalah dengan limbah kulit pisang yang berwarna coklat dikeringkan terlebih dahulu. Lalu, limbah kulit pisang yang sudah kering digiling  dan dicampurkan dengan pakan ayam. Jika cara ini dilakukan, akan menghasilkan banyak manfaat. Selain bisa menurunkan kadar kolesterol, cara ini juga dapat membuat tekstur daging ayam menjadi lebih padat.

Memasak daging ayam menggunakan minyak sehat

Cara selanjutnya ini bisa kalian terapkan di rumah Sahabat Boombastis. Ini karena kita mengurangi kadar kolesterol pada daging ayam melalui cara memasak. Adalah mengganti mentega dengan menggunakan minyak sehat. Ya walaupun rasanya tidak segurih jika dimasak dengan mentega, namun ini bisa turunkan kolesterol sampai puluhan persen.

Menggunakan minyak sehat [Sumber Gambar]
Contoh minyak sehat yang dimaksud adalah canola. Atau yang biasa kita sebut dengan minyak zaitun. Kemudian kalian juga bisa menggunakan minyak matahari dan safflower. Selain itu, ada hal yang harus diperhatikan nih. Jangan pernah untuk membeli minyak sehat yang eceran ya. Penyebabnya banyak minyak sehat yang terbuat dari tumbuhan tidak jelas. Sehingga bisa-bisa malah membahayakan bagi kesehatan tubuh.

Memakai teknik memanggang bukan menggoreng

Biasanya kita sering sekali mengolah ayam dengan cara digoreng. Yap, sebab menggoreng adalah salah satu cara termudah dan hasilnya pun juga cukup enak. Namun sayangnya, cara memasak dengan menggoreng inilah jadi faktor utama dari munculnya kolesterol.

Menggunakan teknik memanggang [Sumber Gambar]
Oleh sebab itu, supaya daging ayam tidak mengandung kolesterol, ada cara mengolah yang lain lho. Itu adalah dengan teknik memanggang. Caranya adalah panggang daging pada panci kering atau rak yang memungkinkan lemak bisa menetes dari makanan kalian. Hal ini dilakukan supaya lemak bisa menetes dan tidak mengendap pada makanan.

Merendam daging ayam di larutan garam

Larutan garam ternyata bisa digunakan untuk mengurangi kadar kolesterol pada daging ayam lho Sahabat Boombastis. Selain itu ada banyak lagi manfaat yang akan kita dapat jika merendam daging ayam di larutan garam. Ia dapat mengurangi kandungan air yang berlebihan pada daging ayam. Kemudian juga bisa mengurangi gangguan pencernaan sebagai proses detoksifikasi zat-zat beracun dalam tubuh.

Rendam ayam di larutan garam [Sumber Gambar]
Nah, untuk mendapatkan semua manfaat itu, kita harus merendam daging ayam pada larutan garam. Caranya adalah merendam ayam pada larutan garam dan kemudian masukkan ke dalam kulkas selama 20 sampai 30 menit. Akan tetapi, jangan pernah merendam ayam melebihi waktu tersebut karena ditakutkan daging menjadi lebih asin. Lalu, jika sudah angkat daging ayam dan keringkan dengan tissue dapur. Selanjutnya langsung masak daging ayam seperti biasanya.

Itulah cara-cara untuk menurunkan kadar kolesterol pada daging ayam. Jadi, untuk kalian yang suka mengonsumsi daging ayam, bisa banget tuh untuk dicoba. Nah, untuk para penderita kolesterol pun juga bisa menerapkannya, akan tetapi ada cara lebih aman. Adalah dengan mengonsumsi daging ayam fillet. Dengan begitu, lemak yang dihasilkan tidak akan sebanyak biasanya.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

4 Kasus Bercanda Bom dan Teroris yang Sempat Bikin Geger, Salah Satu Pelakunya Politikus

Abu al Wafa’, Tokoh Islam di Bidang Matematika yang Mencerahkan Peradaban Non Muslim Eropa