Demam Berdarah Dengue (DBD) yang sudah lama tak terdengar, kini mulai muncul ke permukaan. Banyak bayi hingga lansia yang terserang penyakit berbahaya ini. Seperti di Kota Depok yang mengabarkan sampai akhir Januari 2019, tercatat sekitar 314 orang terjangkit DBD.

Penyakit satu ini memang rawan menyebar lantaran kebiasaan yang kurang bersih. Lalu bisa juga cara pencegahan yang salah seperti menggunakan semprotan nyamuk biasa. Padahal nyamuk zaman sekarang itu semacam ‘zombie’ yang tak mempan ketika dibasmi menggunakan semprotan. Maka dari itu, kita coba cara lain untuk mengusir nyamuk DBD dengan cara super mudah. Monggo diintip ulasan berikut.

Potongan daun serai yang ajib untuk pengusir nyamuk

Serai yang sering kita gunakan sebagai bumbu masakan, ternyata bisa dipakai untuk mengusir nyamuk. Caranya pun juga sangat mudah gengs. Pertama, daun dan batang serai sebanyak satu kg dicuci lalu ditiriskan hingga kering. Kemudian, haluskan dengan menggunakan blender supaya lebih cepat. Kalau sudah selesai, kalian bisa larutkan ke dalam air sebanyak 250 ml dan diamkan semalaman.

Daun serai membunuh nyamuk [Sumber Gambar]
Hasil rendaman tadi disaring dan airnya disimpan ke dalam botol. Eits tapi ini bukan untuk diminum atau dioles ya. Cairan serai ini digunakan dengan cara disemprot ke bagian-bagian rumah yang banyak dihinggapi oleh nyamuk. Di sudut ruangan atau di sekitar gantungan baju, misalnya.

Sabun yang kalian punya bisa juga tuh jadi bahan dasarnya

Siapa sangka, jika sabun mandi batang dan pencuci pakaian serbuk yang kalian pakai bisa dijadikan alat untuk membasmi nyamuk di rumah. Jadi kalian enggak perlu repot lagi membeli bahan mahal lain. Metode pembuatannya pun cukup gampang dan bisa lah dipraktekkan anak SD, hehe. Caranya adalah persiapkan dulu wadah yang agak tinggi sekitar dua hingga empat cm. Lalu siapkan sabun pencuci pakaian yang bentuknya serbuk.

Sabun cuci dan sabun mandi [Sumber Gambar]
Jika sudah, potong-potong sabun batang menjadi ukuran lebih kecil. Sabun pencuci pakaian dan yang sudah dipotong, masukkan secara bersamaan ke dalam wadah tadi. Terakhir aduk hingga berbusa, tapi jangan terlalu semangat supaya enggak tumpeh-tumpeh. Nah, untuk penggunaannya kalian bisa letakkan sabun-sabun tadi di halaman rumah atau tempat bersarangnya nyamuk.

Bawang putih yang super menyengat bisa merusak penciuman nyamuk

Bawang putih kerap kali dijauhi karena baunya yang menyengat. Tapi, keunikan dari bumbu dapur satu ini memiliki khasiat tokcer yaitu bisa mengusir nyamuk. Kalau kalian ingin membuat ramuan pembasmi nyamuk, yuk deh kita bikin sama-sama.

Bawang putih usir nyamuk [Sumber Gambar]
Pertama, kita kupas dulu bawang putih yang ingin kalian gunakan. Untuk porsinya sih secukupnya saja lantaran dengan jumlah sedikit sudah bisa membuat nyamuk mabuk. Setelah itu, kalian bisa menggepreknya dan kemudian rebus sampai air mendidih. Kalau sudah selesai semua, dinginkan rebusan bawang putih ini selama beberapa menit. Terakhir, saring bawang putih dan masukkan air rebusan tadi ke botol semprotan. Ingat, ramuan ini hanya disemprotkan ke bagian rumah saja, jangan di baju ya!

Bubuk kopi yang bisa bunuh nyamuk dari telurnya

Kali ini kopi bukan hanya untuk diminum, melainkan bisa digunakan sebagai pembasmi nyamuk. Uniknya, bubuk kopi ini bisa membunuh nyamuk dari jentik hingga telurnya. Ini dikarenakan bubuk kopi dapat membuat si jentik dan juga telur tidak bisa bernafas dengan baik dan akhirnya innalillahi.

Bubuk kopi mengusir nyamuk [Sumber Gambar]
Hal yang perlu dilakukan adalah hanya menyebarkan bubuk kopinya. Eh tapi bukan disebarkan di sudut-sudut rumah ya. Bubuk minuman lezat ini ditebarkan di genangan-genangan air yang ada di rumah. Ini difungsikan supaya jentik dan juga telur nyamuk menempel pada bubuk kopi tersebut. Sehingga, kopi ini perlu diganti setiap harinya hingga nyamuk benar-benar berkurang.

Kapur barus bisa masuk ke dalam barisan pembunuh nyamuk

Salah satu benda rumahan terakhir yang dapat digunakan membasmi nyamuk yaitu kapur barus. Ya, benda yang ada di kamar mandi dan lemari baju ini dapat membunuh nyamuk karena baunya dibenci oleh para nyamuk. Sekali sedot baunya, nyamuk tidak akan pernah kembali ke tempat itu lagi.

Kapur barus membasmi nyamuk [Sumber Gambar]
Kalian bisa siapkan air bersih dalam gelas secukupnya. Kemudian kapur barus dihancurkan sampai menjadi serbuk. Bisa dengan ulekan atau pentungan juga tak masalah. Selanjutnya, Sahabat Boombastis bisa memasukkan kapur barus yang sudah dihancurkan tadi ke dalam air dan aduk sampai merata. Lalu tempatkan kapur barus ini di tempat nongkrongnya para nyamuk.

BACA JUGA : 6 Kasus Gigitan Nyamuk dengan Level Berbahaya di Indonesia

Tidak perlu membeli pembasmi nyamuk yang mahal, lima benda rumahan di atas bisa kalian manfaatkan. Tapi dengan syarat, kalian juga perlu untuk menjaga kebersihan rumah supaya nyamuk tidak betah. Lalu jangan lupa juga untuk terapkan 3 M (mengubur, menguras dan menutup).