10 Penyebab Kenapa Manusia Bisa Beneran Jadi Zombie

oleh titi
08:00 AM on Mar 1, 2015

Film-film dengan karakter zombie seperti ‘Walking Dead’, ’28 Days Later’ mungkin menjadi film favorit bagi sebagian orang. Karakter zombie yang digambarkan memang hanya fiksi, tapi masihkah kalian memfavoritkannya jika karakter zombie ini menjadi nyata. Berjalan ditrotoar kita dan berusaha memakan otak kalian.

Kemungkinan tersebut bisa saja terjadi. Makin banyaknya organisme, racun dan parasit yang berevolusi terus menerus bukan tidak mungkin jika suatu saat akan tercipta makhluk zombie ini didunia nyata. Dan benih-benih pencetus makhluk fantasi ini sudah mulai ditemukan hingga hari ini, dikutip dari Viralnova.com (24/2).

Baca Juga
Inilah 4 Cara Greget BNN dalam Menghukum Para Bandar Narkoba yang Mulai Merajarela
6 Bencana Terbesar di Indonesia Ini Menjadi Penanda Pergantian Tahun yang Kelam

1. Ophiocordyceps

Ophicordyceps merupakan genus jamur parasit yang mampu menyerang spesies serangga lain di hutan Afrika. Semut yang terinfeksi oleh parasit ini akan mati otak. Jamur parasit ini akan mengambil alih otak semut dan memperintahkan semut untuk memanjat tangkai tanaman dan membunuh dirinya di bawah daun dengan ketinggian 25 cm dari tanah.

Saat semut mati, parasit ini akan tumbuh sebagai tangkai di kepala semut mati ini. sejalan dengan tumbuhnya tangkai yang terus meninggi, jamur parasit ini akan menyebarkan sporanya dan menjangkiti semut lainnya. Spora jamur parasit ini diketahui berbahaya untuk semut. Mungkinkah ini akan menyebar pada manusia? Siapa tahu!

2. Toxoplasma gondii

Satu lagi parasit otak yang bisa menjadi cikal bakal kehidupan para zombie. Toxoplasma gondii, spesies protozoa parasit yang mampu menyerang tikus. Parasit ini memarasit otak tikus. Tikus yang seharusnya takut melihat kucing akan tercuci otak dan mencari kucing. Tikus yang terinfeksi akan tertarik dengan bau kucing bahkan dari kotoran mereka.

2
Toxoplasma Gondii (viralnova.com)

Parasit ini dapat menyebar ke semua makhluk mamalia dan tentu saja manusia. Lewat perantara kucing parasit ini dapat menyebabkan penyakit ‘Toxoplasmosis’ kepada manusia. Hingga kini belum ditemukan vaksin untuk penyakit ini. Masih dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai hubungan perilaku abnormal manusia dengan serangan parasit ini.

3. Neurogenesis

Mungkin ini menjadi salah satu terobosan ketika para ilmuwan telah berhasil memperbarui organ tubuh yang telah membusuk. Dimana para dokter mampu membuat organ tubuh manusia menjadi baru lagi, tapi ternyata ini tidak berhasil untuk otak.

3
Neurogenesis (viralnova.com)

Ketika kita meninggal, otak kita akan mengalami pembusukan dari luar kedalam. Seperti diketahui otak luar menjadi database untuk memori, emosi dan logika. sedangkan otak dalam mengambil alih fungsi bernafas, makan dan detak jantung. Dari pengetahuan ini tentunya bisa saja manusia merubah seseorang menjadi mayat hidup yang ganas seperti zombie dalam film.

4. Penyakit Sapi Gila

Penyakit yang menyerang sapi ini memang mengubah sapi menjadi kehilangan kendali koordinasi, depresi, ketakutan, agresif dan gejala kegilaan lainnya. Penyakit ini disebabkan karena kerusakan otak parah dari pusat otak sapi.  Dan mampu menular melalui daging dan darah sapi ke manusia.

4
Penyakit Sapi Gila (viralnova.com)

Penyakit sapi gila mampu menular kepada manusia disebut sebagai Creutzfeldt-Jacob Disease (CJD). Manusia yang terkena penyakit ini akan mengalami kerusakan otak yang parah. Otak akan berubah menjadi spon berlubang dan membuat otak kehilangan koordinasi. Naasnya belum ada vaksin untuk CJD hingga hari ini.

5. Haitian Zombie

Kasus zombie di Haiti di tahun 1937 memang membuat orang-orang terkejut. Peneliti Zora Neale menyelidiki kematian Felicia Felix yang meninggal ditahun 1907 yang dipercaya hidup kembali menjadi zombie. Namun teka-teki Felicia yang berubah menjadi zombie baru bisa dibuktikan ditahun 1982.

5
Haitian Zombie (viralnova.com)

Penelitian Wade Davis menemukan bubuk obat yang dapat membuat orang hidup menjadi zombie. Sebuah racun Tetrodoksin dengan dosis mematikan akan membuat manusia hampir mati selama berhari-hari. Kemudian dia akan dianggap mati karena kekurangan oksigen dalam otaknya. Ketika efek racun hilang, dia akan tersadar dan berjalan terseok-seok seperti zombie.

6. Hymenoepimecis Argyraphaga

Mungkin sekarang kalian akan lebih takut dengan tawon. Yap! Tawon parasitoid asal Costa Rica ini mampu menanamkan telurnya ditubuh  laba-laba yang kemudian menggerogoti tubuh laba-laba dari dalam. Bisa dikatakan Parasit dari tawon ini akan mengubah laba-laba menjadi zombie pekerja.

6
Hymenoepimecis Argyraphaga (mentalfloss.com)

Tawon ini juga mampu menyuntikkan senyawa kimia yang mampu mengubah pola laba-laba untuk melindungi Larvanya. Laba-laba akan bertingkah diluar kendalinya dan bergerak ketengah jaring. Saat larva tawon muncul laba-laba ini akan menjadi makanan mereka. dengan kata lain senyawa kimia ini mengambil alih otak laba-laba. Bayangkan jika senyawa ini bisa digunakan pada manusia.

7. Neurotoxin

Kalian mungkin tidak asing dengan istilah Neurotoxin. Neurotoxin atau racun saraf ini adalah racun yang bertindak secara khusus pada neuron. Racun syaraf ini mampu memperlambat fungsi tubuh ketitik mati. Salah satu neurotoxin yang mampu membuat organ sampai ketahap mati adalah racun dari ikan puffer atau ikan kembung.

7
Neurotoxin (viralnova.com)

Namun racun ini bisa membuatmu hampir mati jika hanya terinjeksi sampai kekulitmu. Racun ini akan membuat anda mati namun masih mampu melakukan tugas sederhana seperti makan, tidur, mengergang dan berjalan. Racun ini akan membuatmu menjadi zombie, bahkan jika racun ini dinetralisisr masih ada efek yang membuatmu mati otak.

 

8. Tawon Permata (Jewel Wasp)

Merupakan tawon parasitoid yang mampu menginjeksi telurnya kedalam tubuh kecoa. Kecoa yang tersengat akan kehilangan kendali atas otaknya, dan ia tidak bisa terbang. Saat kecoa berhenti tawon kembali menyengat kecoa yang akan membuat otak kecoa hilang kendali.

 

 

Tawon kemudian menginjeksi telurnya keperut kecoa. Tiga hari kemudian larva dari tawon akan merusak tubuh kecoa dari dalam. Dengan kata lain tawon ini telah membuat kecoa mati otak dengan injeksi senyawa kimia yang ia miliki. Senyawa yang bisa dikembangkan untuk merubah manusia jadi mati otak bukan?

 

9. Nematomorpha (Horsehair Worms)

Satu lagi makhluk parasitoid yang akan membuatmu berpikir zombie akan jadi nyata. Horsehair Worms, mirip dengan namatoda atau cacing kecil. Telur mereka tersebar di air dan mencari inang untuk tempat tinggalnya. Biasanya mereka memarasit serangga yang meminum air tersebut.

 

 

Sekali telur tersebut masuk kedalam tubuh serangga, mereka segera akan kehilangan kendali atas otak mereka. Setelah larva menetas mereka akan mengendalikan serangga untuk masuk kedalam air dan mati. Serangga yang mati kemudian akan menjadi biang parasit ini untuk berkembang. Sebuah kasus ditahun 2009 menyebutkan 2 orang Jepang telah terinfeksi oleh cacing ini.

 

10.  Bath Salts

Bath Salt merupakan obat psikotropika golongan terbaru yang memiliki kandungan senyawa kimia yang efeknya ternyata lebih dahsyat daripada ekstasi, diantaranya paranoia, halusinasi, nyeri dada dan keinginan bunuh diri. Halusinasi yang ditimbulkan begitu hebat, sehingga penderita bisa menjadi semacam zombie yang tidak terkendali.

 

Rudy Eugene, Ronald Poppo
Rudy Eugene, Ronald Poppo

Kasus Bath Salt ini terjadi ditahun 2012, ketika Rudy Ugene (kiri) mengerogoti wajah seorang gelandangan, Ronald Poppo (kanan). Rudy dalam pengaruh Bath Salt memakan wajah Ronald yang sedang tiduran di taman kota Miami. Meskipun sudah dilarang oleh polisi untuk menghentikan perbuatannya Rudy tetap meneruskan perbuatannya. Akhirnya dia ditembak mati.

 

Nah itu tadi 10 penyebab yang bisa merubah manusia menjadi zombie yang mengerikan. Berhati-hatilah, siapa tahu sudah ada tanda-tanda benih zombie ini menyebar disekitar kalian.

 

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo
BACA JUGA