Keberadaan daun monstera kini tengah naik daun lantaran banyak dipakai sebagai tanaman indoor yang menghiasi ruangan. Dengan ciri fisik yang lebar dan berlubang, daun yang memiliki nama ilmiah monstera deliciosa itu sangat pas jika menjadi pajangan karena terlihat apik dan kekinian.

Beberapa bahkan digunakan sebagai properti foto yang menunjang estetika sebuah tampilan secara visual. Karena banyak dicari, harganya pun terbilang lumayan untuk ukuran tanaman yang hanya diambil keindahan daunnya. Mulai dari puluhan hingga ratusan ribu rupiah, bahkan ada juga yang mencapai angka Rp 1,5 juta. Tergantung kualitas daun yang ada. Lantas, bagaimana cara menanamnya sendiri?

Media tanam yang tak jauh berbeda seperti tumbuhan lainnya

Media tanam yang mirip dengan tumbuhan pada umumnya [sumber gambar]
Media tanam monstera tidak jauh berbeda dengan jenis tanaman hias lainnya, yakni berupa tanah subur yang terbuat dari campuran dengan pasir serta kompos. Untuk takarannya bisa diatur satu banding satu dan dimasukkan ke dalam pot. Agar campuran tanah dan pasir tidak terhambur, bisa ditambahkan satu sendok makan kapur dan 1 lapis pecahan batuan merah di dasar pot.

Budidaya dengan metode stek batang

Menggunakan teknik stek batang untuk memperbanyak daun [sumber gambar]
Budidaya lainnya yang bisa dipilih adalah dengan cara stek batang untuk mendapat tanaman baru. Ini artinya, daun monstera bisa diperbanyak dengan teknik tersebut. Jangan lupa, perhatikan nutrisi tanaman agar memperkuat akar sehingga bisa menyangga tanaman dengan baik.

Usahakan mendapat cahaya yang cukup dan kadar air seimbang

Ilustrasi menyiram tanaman monstera secukupnya [sumber gambar]
Tanaman seperti monstera termasuk tumbuhan yang mudah dikembangkan dengan cara memperhatikan suhu 3 sampai dengan 30 derajat Celcius pada siang hari, dan 15 derajat Celcius pada malam hari, pencahayaan matahari, dan penyiraman dengan jumlah air yang seimbang agar tidak menggenang di dasar yang bisa mengakibatkan batang membusuk.

Ganti pot secara berkala dengan pemupukan yang tepat

Ilustrasi mengganti pot [sumber gambar]
Mengganti pot secara berkala juga tak kala pentingnya saat akar tanaman sudah melingkari bagian dalam wadah tersebut. Usahakan agar pot pengganti lebih besar dari sebelumnya agar pertumbuhan akar bisa bergerak dengan maksimal. Yang terpenting adalah, kualitas tanah dengan campuran kompos dan pasir juga harus diperhatikan.

Daun monstera siap dijual atau dipakai pribadi

Daun monstera siap dijual kembali atau digunakan secara pribadi [sumber gambar]
Setelah dirasa siap, tanaman monstera siap untuk mempercantik ruangan pribadi atau dijual. Jika dilihat dari e-commerce tanah air, rata-rata berkisar di angkat Rp 100 ribuan hingga Rp 200 ribuan. Ada pula yang harganya mencapai jutaan karena kualitas daun yang dihasilkan sangat baik dan sehat atau warna daunnya yang langka.

BACA JUGA: Begini Cara Tanam Cabai Merah Sendiri di Rumah, Bisa Dijual dan Hasilkan Ratusan Ribu!

Selain monstera deliciosa, jenis daun lainnya yang ada di pasaran adalah monstera Obliqua, monstera Adansonii, monstera Acuminata, dan monstera Punctulata. Hanya saja, popularitas monstera deliciosa lebih kencang dan banyak dicari oleh konsumen. Gimana Sahabat Boombastis? Tertarik menanam sendiri?