in

Isinya Daun Doang, tapi 5 Tanaman Hias Ini Harganya Bisa Mencapai Jutaan Rupiah!

Philodendron Holtonianum [image source]

Tanaman hijau memang memiliki manfaat bagi makhluk hidup, khususnya manusia. Bukan cuma bikin udara makin sejuk, tapi juga menyegarkan pandangan. Percaya dong, bukan menatap wajah cakep yang bikin mata adem, tapi melihat hamparan tanaman hijau.

Makanya nggak sedikit orang yang menyisihkan lahan di depan atau belakang rumah khusus untuk menempatkan tanaman hijau agar bisa dipandang setiap hari. Nggak heran, tanaman hias juga laku keras di Indonesia. Mulai dari yang banderolnya bisa dibeli dengan harga recehan, hingga yang mahalnya sundul langit kalau istilah bahasa Jawanya. Berikut ini ada beberapa contoh tanaman hias yang mahalnya ampun-ampunan, walaupun bentukannya daun doang.

Philodendron Holtotianum

Philodendron Holtonianum [sumber gambar]
Tanaman hijau satu ini bisa dibilang unik banget, karena bentuk daunnya agak aneh—tapi justru itu yang bikin unik. Tanaman ini bahkan dibandrol dengan harga nggak main-main. Untuk benih tanaman yang tingginya nggak sampe setengah meter, Philodendron Holtotianum dibandrol dengan harga 4 juta rupiah!!! Bayangin, gimana mahalnya kalo taneman ini lebih gede dari itu? Pasti harganya makin meroket ya. Kalian yang penggemar tanaman hias, ada niat mengoleksi tumbuhan hijau ini nggak sih?

Aglonema

Aglonema red stardust [sumber gambar]
Tanaman yang satu ini harganya emang nggak semahal Philodendron Holtotianum. Tapi tetep aja, untuk ukuran tanaman hias, sudah termasuk golongan elit. Jenis Aglonema red stardust, harga ‘anakannya’ saja sudah ratusan ribu. Tapi, nggak semua Aglonema itu mahal sih. Ada beberapa jenis yang harganya nggak terlalu mahal, seperti Aglonema berdaun kuning-hijau. Meski harganya lebih murah, tapi penampilannya juga cantik kok.

Monstera

Tanaman monstera [sumber gambar]
Sama seperti dua tanaman sebelumnya, Mostera juga isinya daun doang. Tapi justru daun tanaman ini bentuknya sangat menarik. Nggak utuh seperti daun tanaman lain, daun Mostera justru terlihat seperti robek-robek. Ibarat robekan di lutut celana jeans yang justru jadi trend, ternyata robekan pada daun Mostera juga membuatnya unik hingga membuat harganya menjulang tinggi.

Gelombang Cinta

Gelombang Cinta [sumber gambar]
Salah satu tanaman yang fenomenal banget nih. Dulu, kalian pasti pernah denger nama ‘Gelombang Cinta’ karena sering dibahas masyarakat. Selain punya bentuk daun yang unik, harganya juga super duper mahal. Makanya, di masa lalu, ada momen di mana orang-orang lebih tertarik nyolong tanaman daripada perhiasan. Tapi seiring bergulirnya waktu, harga Gelombang Cinta nggak lagi mencapai ratusan juta. Bisa dibilang harganya memang merosot, tapi tetep aja, agak susah nyari tanaman ini dengan harga di bawah 50 ribu. Untuk ukuran tanaman hias yang isinya daun doang, masih tergolong mahal lah ya.

Alocasia Melow Kulit Badak

Alocasia melow kulit badak [sumber gambar]
Tanaman satu ini bukan selain cuma daun, ukurannya juga tergolong kecil. Meski kecil, tapi harganya nggak bisa diremehin loh. Buat kalian yang sudah lama demen sama tanaman, mungkin udah nggak kaget dengan harganya yang selangit. Di beberapa marketplace juga banyak yang menjual tanaman satu ini. Harganya dibandrol mulai ratusan hingga jutaan rupiah. Hmmm… udah kayak tanaman berdaun emas aja nih mahalnya.

BACA JUGA: Ciplukan, Tanaman Super Mahal yang Dulunya Dipandang Sebelah Mata

Itulah lima tanaman hias tanpa bunga yang harganya tergolong tinggi. Meski mahal, tapi memang terkesan sangat berkelas ya. Cocok sih, buat tambahan koleksi kalian yang demen sama tanaman. Tapi yang perlu diingat, sebaiknya menanamnya nggak di tempat yang mudah dijangkau orang luar ya. Takutnya lenyap dalam sekejap.

Written by Nikmatus Solikha

Leave a Reply

Perjalanan Karir dan Asmara Nella Kharisma, Nyanyi dari Balita Sampai Dikenal Se-Indonesia

Beranjak Remaja, Transformasi Amanda Caesa, Anak Komedian Parto yang Bikin Kesengsem