Durian merupakan salah satu buah berbentuk unik. Selain itu, buah nikmat ini terkenal memiliki aroma sangat menyengat. Bagi yang menyukainya, aroma durian sangat menggoda selera dan menggiurkan. Sedangkan bagi mereka yang anti durian, bau buah ini membuat pusing dan mual. Terlebih lagi, buah ini terbukti jadi penyebab bau mulut dan nafas tidak sedap lho guys.

Nah, setelah makan durian, problem umum yang dialami orang-orang adalah bau mulut yang tak kunjung hilang. Untuk mengatasi hal ini, ada beberapa cara tradisional yang bisa dilakukan. Cara ini tergolong murah, mudah, dan cepat mengatasi problem bau mulut itu. Apa saja caranya, yuk kita simak berikut ini.

Minum banyak air putih

Ilustrasi minum air putih [Sumber Gambar]
Minum air putih bisa membantu menghilangkan bau mulut karena durian. Ya, sebab air putih membantu proses metabolisme di dalam tubuh. Bahkan, air putih mampu menetralisir suhu panas yang berasal dari durian. Suhu panas dalam tubuh juga merupakan salah satu pemicu munculnya bau tidak sedap pada mulut.

Kumur-kumur dengan air garam

Ilustrasi air garam [Sumber Gambar]
Selain aroma yang menyengat dan kurang sedap, sisa daging durian di sela-sela gigi juga bisa mengundang bakteri penyebab bau mulut. Karena itu untuk menghilangkan sisa daging durian di sela-sela gigi, kita bisa berkumur-kumur menggunakan air garam. Air garam sendiri memiliki kandungan senyawa yodium yang bekerja sebagai anti bakteri dan sterilisasi. Maka dari itu bukan hanya bau durian di mulut akan menghilang, tapi juga rasa panas di dalam badan.

Memakan buah manggis

Manggis [Sumber Gambar]
Konsumsi buah manggis matang juga merupakan cara jitu untuk menghilangkan bau tak sedap akibat konsumsi durian. Caranya mudah, seusai makan durian, akhiri dengan menyantap satu buah manggis. Buah manggis ini memiliki kandungan mineral yang ideal untuk menetralisir bau durian di dalam mulut. Selain itu, manggis juga membuat mulut menjadi lebih segar.

Berkumur dengan air cekungan kulit durian

Meminumkan air kulit durian ke anak [Sumber Gambar]
Setelah diambil buahnya, buah durian menyisahkan bagian kulit durian yang berbentuk cekungan. Ternyata guys, cekungan tersebut bermanfaat menghilangkan bau durian di mulut. Caranya dengan menuang sedikit air hangat ke dalam cekungan tersebut lalu gunakan untuk berkumur-kumur selama beberapa menit. Tak berselang lama, dipastikan bau durian di mulut akan banyak berkurang

Menghindari minuman bersoda dan beralkohol

Minuman bersoda [Sumber Gambar]
Alkohol dan soda adalah dua minuman yang mengandung senyawa berbau menyengat. Alkohol sendiri penyebab terbesar nafas tidak segar. Bayangkan saja jika durian dan alkohol dimakan beriringan, pasti rasa yang timbul tidak karuan. Minuman bersoda pun memiliki zat yang membuat bau tak sedap makin lengket. Karena itu, hindari baik alkohol maupun minuman bersoda saat mengonsumsi durian.

BACA JUGA: Durian, Raja Buah yang Jadi Idola di Indonesia namun Dibenci oleh Para Bule Luar Negeri

Beberapa cara diatas wajib kamu terapkan jika ingin terhindar dari bau mulut tak sedap seusai makan durian. Jadi nggak perlu takut ya untuk makan durian. Karena cara-cara di atas umumnya sangat bekerja untuk menghilangkan bau mulut dalam sekejap.