in

Tai Babi sampai J-Queen, Ini 4 Jenis Durian yang Bisa Dibanderol Jutaan Rupiah Per Biji

Durian memang dikenal sebagai raja buah, di mana hamper seluruh orang Indonesia menyukai buah satu ini. Rasanya yang manis, daging buah yang lembut serta bau yang menyengat membuat banyak yang enggak tahan dan ingin beli.

Uniknya, baru-baru ini, heboh ditemukan durian super mahal yang dijual di Supermarket Asia Plaza Tasikmalaya, Jawa Barat. Buah tersebut dimasukkan ke dalam etalase kaca. Yang membuat kaget adalah harganya yang sentuh angka 14 juta. Enggak heran, dengan kekuatan netizen, durian J-Queen ini langsung viral. Sebenarnya, selain J-Queen ada loh jenis lain yang enggak kalah mahal.

J-Queen yang langka

Bagi kalian yang belum pernah tau, J-Queen ini adalah durian asli Banyumas, Jawa Tengah. Sang raja buah ini adalah hasil persilangan beberapa durian unggulan asli Indonesia. Varietas pertamanya pun ditemukan oleh Aka, seorang mahasiswa lulusan Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta. Buah ini dibanderol mahal karena beberapa keunggulan.

Durian J-Queen [Sumber gambar]
Pertama, bentuk buah yang bulat sempurna. Kemudian rasanya juga yang unik dan berbeda, seperti perpaduan mentega dan kacang. Durian ini termasuk langka karena hanya berbuah 3 tahun sekali, itupun satu pohon buahnya tak lebih dari 20 biji saja. J-Queen bertambah nilai jualnya karena sering memenangkan kontes durian, termasuk di kancah internasional.

Tai Babi, nama menjijikkan tapi rasa luar biasa

Viralnya durian J-Queen membuat ahli durian asal Banyumas, Sudarno ikut melihat buah tersebut. Menurutnya, ada yang lebih mahal dibanding dengan J-Queen, namanya durian Tai Babi asal Bangka Belitung yang bisa laku dengan harga 50 juta Rupiah. Namanya sedikit mengganggu dan menjijikkan memang, namun dari segi rasa, buah dengan nama lain durian namlung ini tak kalah nikmat.

Durian Tai Babi [Sumber gambar]
Daging buahnya sangat tebal dan legit alami. Tekstur durian ini sangat lembut tapi tidak terlalu lembek sehingga saat enak ketika dikunyah di mulut. Namun, dari segi bentuk, ia sering peyot di beberapa sudut, sehingga tampilannya pasti kalah dengan J-Queen.

Durian Vulkanik asal Thailand

Kali ini lebih mahal daripada dua jenis durian di atas, namanya durian Vulkanik asal Thailand. Buah berjuluk “king of fruit” ini terjual dengan harga 150.000 Baht atau sekitar Rp 66 juta dalam acara pelelangan tahunan di distrik Kantharak. Ternyata, harga yang mahal memang setara dengan rasa durian yang luar biasa enak (garing di luar dan lembut di dalam serta manis).

Ilustrasi Durian Vulkanik [Sumber gambar]
Melansir kompas.com, durian Vulkanik adalah jenis terbaik yang ada di Thailand. Masyarakat meyakini bahwa buah itu membawa keberuntungan dan kemakmuran bagi orang yang memakannya. Wilayah tumbuhnya pun tak sembarangan, nama vulkanik diberikan sebagai julukan karena tanah tempat tumbuhnya mengandung potasium dari letusan gunung berapi.

Durian Musang King

Yang terakhir adalah Musang King. Durian satu ini bisa ditemui di Indonesia, namun negara asalnya adalah Malaysia. Varietas buah ini dikenal memiliki aroma yang sangat harum, rasa manis, daging lembut dan tidak terlalu lembek. Bagian Daging buahnya pun nampak sangat bersih dan tidak berserat.

Ilustrasi Durian Musang King [Sumber gambar]
Rasanya yang luar biasa lezat inilah membuat ia diminati di berbagai negara, mulai dari Hong Kong, Cina, Singapura hingga Australia. Bernama lain Mao Shan King, durian ini bisa dibanderol dengan harga 2,6 juta per kilogramnya. Mahal bukan?

BACA JUGA: Durian, Raja Buah yang Jadi Idola di Indonesia namun Dibenci oleh Para Bule Luar Negeri

Dengan harga-harga fantastis di atas, enggak heran deh jika durian dijuluki ‘King of Fruit’. Selain jenis durian mahal di atas, Indonesia sendiri masih punya jenis unggulan lain yang enggak kalah ranum dan menggoda, sebut saja seperti Monthong, Tembaga, Petruk, Bokor serta Bawor.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

4 Tren Anak Sekolah Zaman 90-an yang Bikin Kangen, Kalian Pernah?

5 Aksi Mengharukan Pasca Banjir Bandang Sulawesi Selatan